penyebab baterai hp cepat habis
Ilustrasi Hanphone Habis baterai | gambar by Pixabay

Penyebab Baterai HP Cepat Habis Dan Cara Atasinya

Diposting pada

Hp ternyata bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga bisa digunakan sebagai alat hiburan disaat kita merasa jenuh. Baik digunakan untuk main game, chating, browsing ataupun streamingan. Namun, terkadang ada beberapa handphone yang tidak mendukung karena masalah baterai yang cepat habis dan boros. Apakah penyebab baterai HP cepat habis dan bagimana cara mengatasinya?

Permasalahan boros baterai kebanyakan di alami oleh para pengguna handphone berbasis android dan IOS. Namun tak sedikit pula pemilik handphone biasa juga mengalaminya.

Banyak orang yang mencari cara untuk memperbaiki baterai yang cepat habis karena merasa jengkel dengan HP nya yang tidak bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan daya baterai jadi cepat habis?

Ternyata inilah penyebab baterai hp cepat habis padahal baterai baru….

penyebab baterai hp cepat habis
Ilustrasi charging HP

Beberapa faktor penyebab yang paling umum di alami oleh para pengguna hp adalah sebagai berikut:

  1. HP di gunakan terlalu berlebihan, HP yang yang digunakan secara berlebihan akan berdampak tidak baik pada kesehatan baterai. Seperti penggunaan aplikasi yang berat yang diaktifkan secara bersamaan. Hal ini akan menguras kinerja hp sehingga memakan banyak daya baterai.
  2. Insitas cahaya yang terlalu tinggi, Hal ini mungkin kamu butuhkan untuk melihat tampila layar handphone agar terlihat lebih jelas. Namun, tahukah kamu, bahwa jika intensitas cahaya yang terlalu terang itu akan memakan banyak daya baterai.
  3. Menggunakan charger KW, Ini merupakan kesalahan yang sering terjadi di lapangan. Beberapa orang ada yang menggunakan charger yang memang bukan bawaan hp nya. Charger KW seperti ini akan berdampak pada pengisian baterai yang tidak optimal.
  4. Digunakan untuk bermain game dalam waktu lama, Bermain game memang memiliki keseruan tersendiri, namun tahukah kamu bahwa konsumsi baterai ketika bermain game itu sangat tinggi sekali. Apalagi jika kamu memainkan game online dengan pencahayaan yang tinggi sudah dipastikan konsumsi baterai hp kamu akan boros.
  5. Terlalu banyak memasang widget,  Jika hp kamu saat ini memiliki banyak widget yang terpasang maka sebaiknya copot sebagian yang  sekiranya tidak begitu penting. Karena dengan banyaknya widget yang terpasang akan menyedot banyak daya baterai.
  6. Tidak mengaktifkan mode power saving, Jika mode power saving tidak di aktifkan maka daya baterai akan banyak tesedot.

Penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan

Selain beberapa faktor penyebab diatas ada faktor lain yang menyebabkan kenapa handphone boros sekali baterai nya padahal tidak digunakan sama sekali. Beberapa faktor tersebut antara lain:

  1. Mengaktifkan mode getar, mode getar akan membutuhkan daya baterai yang lebih besar ketimbang ringtone.
  2. Konek dengang wifi atau paket data internet, ketika hp masih terkoneksi dengan jaringan internet melalui paket data atupun wi-fi yang aktif maka hp akan terus berjalan dan bekerja meski tidak di gunakan.
  3. Bluetooth yang aktif, ketika bluetooth masih masih aktif maka akan terus menyedot baterai meski handphone tidak sedang digunakan.

Aplikasi yang membuat baterai cepat habis

Selain beberapa kendala teknis dan gejala umum yang menjadi penyebab baterai hp cepat habis ada beberapa aplikasi lain juga yang membuat daya konsumsi baterai hp menjadi dua kali lipat lebih banyak. Beberapa aplikasi tersebut antara lain seperti:

  1. Aplikasi GPS yang aktif, Ketika aplikasi GPS kamu aktifkan maka aplikasi tersebut akan terus menyedot baterai hp kamu. Selama aplikasi ini masih aktif, maka dia akan terus menyedot daya baterai hp kamu meski sedang tidak digunakan.
  2. Aplikasi facebook messenger, Aplikasi ini akan terus mengupdate informasi yang masuk ke akun kamu dan akan memberikan notifikasi jika ada pesan atau pemberitahuan yang masuk ke akun kamu. Meski tidak kamu gunakan aplikasi ini akan terus berjalan dan menyedot terus – terusan daya baterai hp kamu.
  3. Aplikasi mesengger dan aplikasi chating lainnya, Selama di hp kamu terdapat aplikasi berbasis mesengger atau aplikasi chating seperti whatsapp, line, twitter maka baterai kamu akan terus tersedot meski hp kamu sedang tidak digunakan. Karena aplikasi – aplikasi ini membutuhkan daya baterai untuk mengupdate informasi secara berkala.

Baterai cepat penuh dan cepat habis

Nah, ketika hp kamu mengalami hal seperti ini kamu harus berhati – hati nih. Karena jika hp kamu cepat penuh ketika di cas dan cepat habis pula setelahnya akan berdampak pada hardware hp kamu yang lainnya. Biasanya hp yang mengalami hal tersebut disebabkan dari chager yang tidak suport terhadap hp nya.

Coba periksa charger kamu apakah charger tersebut sesuai dengan standar hp kamu atau tidak. Hindari menggunakan charger yang bukan bawaan handphone atau yang kw alias tidak original. Karena charger yang tidak original bisa menjadi salah satu penyebab baterai hp cepat habis.

Baterai hp cepat habis dan panas

Ketika hp kamu baterainya cepat habis dan panas maka akan berdampak pada akselerasi handphone tersebut. Seperti handphone menjadi lambat, sering loading bahkan  jadi sering mati sendiri. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

  1. Penggunaan android yang berlebihan.
  2. Aplikasi aktif di backround.
  3. Terjadi kerusakan di baterai.
  4. Jaringan yang tidak stabil sehingga hp mencari jaringan terus menerus.
  5. Hp digunakan di wilayah dengan suhu tinggi.

Cara mengatasi baterai hp yang cepat habis…penyebab baterai hp cepat habis

Berdasarkan beberapa faktor penyebab baterai hp cepat habis diatas, maka untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara:

  • Matikan widget dan fitur – fitur yang tidak penting.

Cara yang pertama, yang harus dilakukan untuk menghemat daya baterai adalah dengan mematikan bahkan jika perlu menghapus widget yang tidak begitu penting serta mematikan fitur yang tidak digunakan. Seperti bluetooth, Wi-Fi, GPS.

Aktifkan fitur dan widget tersebut hanya ketika dibutuhkan saja, ketika tidak kamu gunakan sebaiknya nonaktifkan saja agar hemat baterai.

  • Gunakan resolusi layar yang rendah.

Selain bisa menghemat daya baterai dengan mengurasi intensitas cahaya layar akan bermanfaat untuk mata. Karena resolusi layar hp yang tinggi akan berdampak tidak baik untuk kesehatan mata.

  • Matikan mode getar.

Mematikan mode getar untuk menghemat baterai merupakan tindakan yang sangat tepat. Karena mode getar memakan daya baterai yang banyak.

  • Matikan fitur auto update.

Untuk menghemat baterai sebaiknya kamu matikan fitur ini, karena jika fitur ini aktif maka akan terus menyedot daya baterai untuk mengupdate semua aplikasi yang ada di hp.

  • Memprcepat waktu sleep.

Agar daya baterai lebih awet buat pengaturan waktu sleep hp kamu lebih cepat yaitu antara 1 sampai dengan 3 detik.

  • Hindari menggunakan hp di area bersuhu tinggi.

Area yang memiliki suhu yang terlalu ekstrim seperti terlalu panas maka akan membuat hp cepat panas serta konsumsi daya baterai menjadi lebih banyak.

  • Jangan menggunakna walpaper animasi.

Hindari dari penggunaan walpaper animasi, gift ataupun walpaper bergerak lainnya, karena hal tersebut membutuhkan daya baterai yang banyak sekali.

  • Aktifkan mode power saving.

Mode power saving merupakan mode hemat baterai yang bisa membantu mengatur konsumsi daya baterai menjadi lebih irit.

Bukan hanya itu saja, dalam proses pengisian daya baterai hp, kamu juga harus memperhatikan step by stepnya sesuai dengan panduan pengisian daya yang ada di buku manual hp kamu. Atau kamu juga bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang cara mengisi daya baterai hp yang baik dan benar, silahkan baca terlebih dahulu.

Akhir kata dari saya, semoga artikel “Penyebab Baterai HP Cepat Habis Dan Cara Atasinya” ini bermanfaat dan bisa memberikan sedikit pencerahan bagi kamu yang sedang membutuhkannya. Terimakasih.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.