cara membuat daftar isi otomatis
Microsoft Word

Panduan Lengkap Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Word 2010

Diposting pada

Cara membuat daftar isi otomatis banyak digunakan orang karena terbilang lebih praktis, dan lebih mudah baik membuatnya maupun menggunakannya. Daftar isi menjadi bagian penting dalam sebuah dokumen dimana disana pembaca bisa melihat seluruh judul dan subjudul dari pembahasan di dalam dokumen yang di baca nya.

Daftar isi otomatis sangat mudah sekali membuat nya. Anda tidak perlu sulit membuatnya. Hanya perlu 1 atau 2 langkah saja maka daftar isi sudah selesai anda buat.

Apa itu daftar isi otomatis?

Daftar isi merupakan navigasi judul halaman pada sebuah karya ilmiah yang di dalam nya termuat berbagai judul dan sub judul yang di buat beserta dengan nomor halamannya. Sedangkan daftar isi otomatis adalah sebuah halaman daftar isi yang dibuat secara otomatis menggunakan fitur table off content dari microsoft Word.

Daftar isi merupakan bagian terpenting dalam sebuah karya ilmiah seperti makalah maupun skripsi. Daftar isi sangat penting sekali perangnya dalam karya ilmiah bahkan menjadi halaman yang wajib di cantumkan kedalamnya.

Baca Juga: Tips membuat CV lamaran yang menarik

Kelebihan daftar isi otomatis

Dibandingkan dengan cara membuat daftar isi manual, daftar isi otomatis lebih memiliki banyak kelebihan dan keunggulan diantaranya adalah:

  1. Lebih praktis
  2. Lebih simpel dan lebih cepat membuatnya
  3. Menggunakan menu yang ada dan terpampang pada toolbar

A. Cara membuat daftar isi otomatis di word 2013

Sebelum anda membuat daftar isi otomatis pada Word 2013, pastikan bahwa dokumen yang yang akan anda buat kan daftar isinya sudah selesai. Baik isi maupun lampiran hingga penomoran nya. Untuk lebih detail nya, silahkan anda simak uraian berikut ini:

  1. Silahkan anda buka Ms. Office Word 2013
  2. Kemudian buat dokumen nya terlebih dahulu atau jika sudah siap dokumen nya silahkan anda buka dokumen tersebut
  3. Pastikan bahwa setiap judul dan sub judul nya menggunakan headeing, silahkan buat style title dan subtitle nya dengan menggunakan heading seperti ini:
    • Blok judul atau sub judul nya
    • Contohnya saya blok pada “pendahuluan”
    • Kemudian anda klik tab home pada toolbar
    • Perhatikan pada kumpulan menu styles silahkan pilih jenis heading yang sesuai dengan judul, jika judul utama maka pilih heading 1 jika judul kedua atau sub judul maka gunakan heading 2, heading 3, heading 4 begitu pula selanjutnya
  4. Jika semua judul selesai anda buat selanjutnya tinggal anda buat nomor halaman, cara membuat nomor halaman di microsoft Word 2013 sangat mudah, buat seperti ini:
    • Klik tab insert
    • Perhatikan pada menu header and footer, silahkan anda tentukan letak nomor halaman pada header (atas ) atau di footer (bawah)
    • Saya sendiri mencontohkan nya dengan menggunakan nomor halaman di footer
    • Kllik footer
    • Pilih built in style yang tersedia
    • Saya pilih annual
    • Untuk merubah format noor halaman tinggal klik page number
    • Pilih format page number
    • Pilih number format
    • Masukkan start a (memulai penomoran dari noomr berapa apakah dari nol atau dari 1
  5. Selanjutnya tinggal anda aktifkan daftar isi nya, cara nya seperti ini:
    • Silahkan anda tempatkan kursor pada halaman yang akan dibuatkan daftar isi
    • Klik pada menu references
    • Klik table of content
    • Pilih dan klik format daftar isi otomatis
    • Setelah itu, daftar isi akan otomatis tampil berdasarkan halaman dokumen nya

B. Cara membuat daftar isi otomatis word 2016

Membuat daftar isi otomatis pada Word 2016 tidak jauh berbeda dengan Word 2013. Namun jika anda belum memahaminya juga silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Silahkan anda buka dokumen yang akan dibuatkan daftar isinya
  2. Pastikan bahwa setiap judul dan sub judul nya sudah menggunakan tag heading
  3. Pastikan juga bahwa halamannya juga sudah di beri nomor halaman, jika anda belum tahu lihat pada cara di atas
  4. Silahkan buat dan aktifkan daftar isi otomatis nya dengan klik menu references
  5. Klik table of content
  6. Pilih dan klik format daftar isi otomatis yang anda inginkan
  7. Kemudian, daftar isi otomatis akan tampil berdasarkan halaman dokumen nya

C. Cara membuat daftar isi otomatis word 2010

Jika anda menggunakan Microsoft Office 2010 maka anda juga bisa membuat daftar isi secara otomatis. Caranya tidak jauh berbeda dengan menggunakan microsoft versi yang lainnya. Ikuti langkah berikut ini:

  1. Silahkan buka dokumen yang akan dibuatkan daftar isinya atau anda buat terlebih dahulu
  2. Buat setiap judul dan sub judul nya sudah menggunakan tag heading (H1, H2, H3, H4)
  3. Beri nomor pada setiap halaman
  4. Setelah itu, buat dan aktifkan daftar isi otomatis nya dengan klik tab references
  5. Kemudian klik table of content
  6. Pilih dan klik format daftar isi otomatis yang akan digunakan
  7. Kemudian, daftar isi otomatis akan tampil berdasarkan halaman dokumen nya

D. Cara membuat daftar isi otomatis di word 2007

Tidak ketinggalan, pada microsoft Office 2007 anda juga bisa membuat daftar isi otomatis. Nah caranya adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan buka dokumen yang akan dibuatkan daftar isinya atau silahkan anda buat terlebih dahulu dokumennya
  2. Pastikan setiap judul dan sub judul nya menggunakan tag heading (H1, H2, H3, H4)
  3. Jangan lupa juga, beri nomor pada setiap halaman
  4. Setelah itu, buat dan aktifkan daftar isi otomatis nya dengan klik tab references
  5. Kemudian klik table of content
  6. Pilih dan klik format daftar isi otomatis yang akan digunakan
  7. Kemudian, daftar isi otomatis akan tampil berdasarkan halaman dokumen nya

Nah itulah beberapa cara membuat daftar isi skripsi ataupun makalah yang bisa anda gunakan. Bagaimana? Cara membuatnya sangat mudah bukan? silahkan anda praktikan sendiri. Jangan sungkan bertanya jika anda tidak a

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action