cara membuat makalah yang baik dan benar
Contoh paper

Panduan Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar, Lengkap!

Diposting pada

Makalah merupakan sebuah karya ilmiah yang memiliki struktur, gaya bahasa dan cara penulisan yang khusus. Makalah tidak sama dengan karya ilmiah lainnya. Lalu bagaimanakah cara membuat makalah yang baik dan benar? Artikel ini akan menjelaskan nya untuk anda.

Apa itu makalah?

Makalah merupakan sebuah karya ilmiah yang membahas satu materi bahasan yang sudah di teliti dengan menggunakan berbagai referensi terkait.

Makalah biasanya di kerjakan oleh perorangan atau kelompok orang pelajar atau mahasiswa sebagai tugas untuk mata pelajaran atau mata kuliah tertentu.

Makalah menjadi salah jenis tugas yang sering kali di berikan oleh guru atau dosen sebagai nilai tambahan untuk lulus indikator pembelajaran tertentu.

Apa ciri-ciri makalah?

Makalah disebut tidak sama karena memang memiliki ciri-ciri tertentu, nah berikut ini adalah beberapa ciri makalah yang harus anda ketahui:

  1. berisi kajian literatur atau berupa laporan atas kegiatan lapangan dari pokok bahasan mata pelajaran atau mata kuliah tertentu
  2. Berisi tentang pemahaman sebuah teori yang kemudian di kaji dengan menerapkan prosedur, teori, serta prinsip tertentu yang berhubungan dengan mata kuliah atau pembahasan mata pelajaran tertentu
  3. Menggambarkan kajian atas suatu permasalahan atau suatu bahasan teori tertentu
  4. Memiliki sistematika penyusunan yang baku

Jenis-jenis makalah

berdasarkan jenisnya ada beberapa bagian, yang masing-masing memiliki gaya penulisan dan gaya bahasan yang berbeda-beda. Nah beberapa jenis makalah tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Makalah induktif, yaitu merupakan sebuah makalah yang disusun berdasarkan data empiris yang diperoleh saat penelitian berlangsung
  2. Makalah deduktif, yaitu merupakan sebuah makalah yang disusun berdasarkan kajian teori yang di dapat dari literatur yang sudah ada
  3. Makalah campuran, yaitu makalah campuran dari makalah induktif dan makalah deduktif

Bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar?

Makalah tidak bisa dibuat secara asal-asalan atau asal jadi, karena makalah merupakan karya ilmiah yang harus di buktikan kebenaran dan keakuratan data nya di hadapan publik. Nah jika anda belum mengetahuinya, berikut ini adalah cara cara membuat makalah yang baik dan benar yang harus anda pahami.

Baca juga:

  1. Panduan membuat nomor berbeda di skripsi
  2. Panduan membuat daftar isi otomatis

A. Tentukan tema makalah yang tepat

Sebelum anda mulai menyusun makalah nya mak anda harus menentukan tema atau topik bahasan makalah yang akan anda buat. Biasanya dosen atau guru memberikan tema secara umum, anda bertugas untuk menentukan tema khusus yang akan anda gunakan sebagai materi bahasan anda.

Nah dalam menentukan tema makalah yang akan di jadikan sebagai materi bahasan, sebaiknya pilih materi yang setidaknya anda menyukai nya atau anda memahami nya. Namun jika memang anda belum memahaminya maka setidaknya anda memiliki sumber atau bahan yang bisa mendukung anda dalam membuat makalah dengan tema tersebut.

B. Tentukan judul

Setelah anda menentukan tema yang akan anda bahas dalam makalah, maka berikutnya anda tentukan judul bahasannya.

Ketika anda membuat judul makalah maka pilih dan gunakanlah judul yang jelas, tidak bertele-tele dan berisi tema yang akan anda bahas nantinya. Judul ini merupakan rangkuman singkat dari isi makalah anda keseluruhan.

C. Kumpulkan referensi

Cara membuat makalah yang baik dan benar berikutnya adalah dengan mengumpulkan referensi yang akan anda gunakan ketika menyusun makalah. Kumpulkanlah referensi yang lengkap terkait dengan materi makalah yang anda buat.

Referensi tidak melulu soal buku, anda membutuhkan banyak referensi dari berbagai sumber. Mulai dari karya ilmiah yang membahas teori yang sama, video yang juga membahas teori tersebut ataupun hal lainnya.

Kumpulkan, catat dan analisis semua sumber yang anda gunakan dalam menunjang proses penyusunan makalah yang akan anda uat.

D. Baca makalah yang membahas materi yang sama

Anda pasti akan membutuhkan banyak referensi untuk menyusun makalah, dan salah satu yang anda harus lakukan adalah dengan membaca karya makalah orang lain yang juga membahas materi yang sama.

Dengan cara ini maka anda bisa mengetahui gaya bahasa dan sudut pandang makalah yang dibuatnya. Selain itu anda juga bisa menganalisis kekurangan dan kelebihannya.

Namun perlu anda ketahui, bahwa saat anda membaca makalah orang lain bukan berarti anda harus meniru ataupun mengcopy nya. Cukup anda pahami dengan baik, kemudian anda analisis dan jadikan sebagai referensi anda menyusun makalah yang anda buat.

E. Gunakan bahasa baku

Makalah adalah karya tulis ilmiah, jadi jangan gunakan bahasa sehari-hari anda saat menyusun nya. Gunakan bahasa baku yang simpel, lugas dan mudah di mengerti oleh pembaca anda.

Bahas secara sistematis dan tertata untuk setiap materi yang akan anda uraikan. Buat poin per poin untuk setiap bahasan yang anda angkat dalam makalah yang anda buat.

Jauh dari hal tersebut pastikan juga anda menyusun makalah tersebut dengan bahasa yang sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia. Gunakan bahasa yang sesuai dengan EYD dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

F. Gunakan format makalah baku

Makalah adalah karya ilmiah, dimana setiap karya ilmiah pasti memiliki gaya penulisan dan format penulisan yang baku. Maka dari itu sebaiknya anda gunakan format makalah seperti berikut ini:

  1. Cover makalah
  2. Kata pengantar
  3. Daftar isi
  4. Pendahuluan makalah
  5. Pembahasan makalah
  6. Penutup makalah
  7. Daftar pustaka
  8. Lampiran makalah

Nah itulah panduan cara membuat makalah yang baik dan benar yang harus anda lakukan ketika anda membuat nya. Silahkan buat makalah yang saat ini akan anda buat.

Gambar Gravatar
Saya Mustakim, seorang lulusan sarjana pendidikan yang tertarik dengan dunia blogging sejak 2017. Kesibukan saya sehari-hari adalah menulis di blog sendiri. Namun, terkadang juga menulis di blog orang lain yang jadi klien saya.