cara membuat bayangan di Photoshop

Panduan Cara Membuat Bayangan di Photoshop, Lengkap!

Diposting pada

Photoshop merupakan salah satu aplikasi yang cukup familiar dikalangan grafis designer. Aplikasi ini banyak digunakan untuk mengedit beberapa hal, seperti gambar, membuat banner, atau pun membuat ilustrasi. Semua yang berhubungan design grafis, Photoshop pasti bisa menjawabnya. Termasuk cara membuat bayangan di Photoshop.

Namun, tidak sedikit yang belum mengerti bagaimana mengoprasikan beberapa fungsi pada Photoshop, karena memang fungsi yang dimilikinya cukup banyak sekali. Bagi para pemula, Anda bisa belajar dengan membaca beberapa tutorial – tutorial tentang cara mengoperasikan Adobe Photoshop. Pada artikel ini salah satunya, yang akan menjelaskan tentang cara membuat bayangan di Photoshop.

Pada tutorial photoshop kali ini, akan dijelaskan tentang cara membuat bayangan di Photoshop. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan contoh cara membuat efek bayangan pada tulisan. Sebenarnya trik membuat bayangan atau shadow ini tidak terbatas hanya pada tulisan, Anda juga bisa menerapkannya pada foto atau gambar lainnya. Sehingga suatu gambar atau tulisan itu memiliki bayangan. Intinya ini semua hanya dasar, Anda bisa mengembangkannya sendiri.

Efek bayangan ini berbeda dengan efek cermin pada tulisan. Jika efek cermin atau replication akan menimbulkan sebuah bayang yang berwarna menyerupai gambar aslinya, sedangkan efek bayangan (shadow) ini hanya berupa gambar hitam yang berada di balik gambar asli.

Tidak sedikit orang yang masih bingung tentang bagaimana cara membuat bayangan di Photoshop, untuk itulah mengapa artikel ini dibuat. Berikut adalah langkah – langkahnya.

Langkah-Langkah Cara Membuat Bayangan di Photoshop CS6

A. Langkah Pertama

Buka Photoshop yang Anda miliki, jika tidak memiliki Adobe Photoshop CS6, Anda bisa menggunakan versi yang lain yang Anda punya, jangan khawatir, langkahnya sama kok. Setelah Anda membuka Photoshop, langsung saja buat beberapa kata saja untuk nantinya dibuat bayangan.

B. Langkah Kedua

Setalah Anda membuat tulisan apa pun itu terserah, yang penting tulisan. Langsung saja klik symbol fx+blending options. Atau Anda juga bisa double klik kiri pada layer yang telah Anda isi tulisan dan pilih blending options.

C. Langkah Ketiga

Ketika jendela layer style terbuka, disana banyak pilihan penambahan effect, untuk menambahkan effek bayangan/shadow maka Anda pilih dua opsi yaitu Inner Shadow dan Drop shadow. 

Inner shadow memiliki fungsi untuk menambahkan bayangan di dalam objek. Sementara, Drop shadow fungsinya untuk menambahkan bayangan di luar objek. Untuk mengaktifkannya Anda klik saja (beri tanda ceklis pada kolom kecil) di kedua opsi tersebut.

Kemudian  Anda tinggal atur pilihan opsi aturan yang tersedia mulai dari tingkat bright/kecerahan, sharpen/ketajaman, distance/jarak, size/ukuran, angle/arah munculnya bayangan, warna bayangan dan kualitas bayangan sesuai keinginan pada inner shadow dan drop shadow effects. 

Sekarang Anda bisa melihat sendiri bagaimana perubahan yang terjadi pada objek yang telah Anda buat.  Objek tulisan Anda telah memiliki efek bayangan seperti yang Anda inginkan. Efek bayangan akan menambah kesan natural dan 3D, jika Anda membuatnya secara proporsional.

Mudah sekali bukan cara membuat bayangan di Photoshop. Sekarang Anda bisa mencobanya sendiri pada berbagai macam objek, entah itu tulisan, gambar, maupun shape. Semua prosesnya sama seperti yang telah di jelaskan di atas.

Jika Anda sudah mahir bagaimana membuat efek bayangan, Anda bisa mulai mengeksplor beberapa fungsi lain yang dimiliki photoshop, atau juga bisa membagikan ilmu yang telah Anda miliki ini. Dengan demikian, cukup sampai disini tentang artikel cara membuat bayangan di photoshop. Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action