Cara Daftar Bisnis Dropship Di Shopee
Dopship Shopee | Carapedi.id

Panduan Cara Daftar Bisnis Dropship Di Shopee Tanpa Modal

Diposting pada

Tidak sedikit orang yang mencari informasi mengenai cara daftar bisnis dropship di shopee. Karena beredar kabar bahwa shopee saat ini memiliki sistem dropship. Yang mana dengan adanya sistem ini para penjual yang tidak memiliki modal sekalipun bisa berjualan online di shopee dengan memanfaatkan sistem dropship tersebut.

Shopee merupakan salah satu market place yang cukup besar di Indonesia. Meski masih terbilang baru, namun shopee memiliki keunggulan tersendiri. Shopee terkenal akan diskon murah nya, dan kini bukan hanya promo diskon nya saja melainkan juga ada sistem drosip.

Dengan adanya sistem baru ini, akan sangat memanjakan para pengguna shopee untuk berjualan. Dengan adanya sistem dropsip, maka para pengguna shopee bisa menjual apa saja meski tidak memiliki modal.

Nah, buat Anda yang penasaran dengan cara berjualan online di shopee menggunakan sistem dropship. Anda bisa memahami caranya lewat artikel ini. Karena pada artikel ini, carapedi akan memberikan sedikit penjelasan mengenai bagaimana cara daftar bisnis dropship di shopee.

Apa itu dropship?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai dropship di shopee, saya ingin pastikan dulu bahwa Anda sudah tahu apa itu  dropship.

Dropship menurut pengertiannya adalah sebuah sistem jual beli online yang mana seorang penjual barang tersebut tidak memiliki stok barang ataupun melakukan pengiriman barang pesanan. Dalam sistem dropsip pemilik barangnya adalah supplier dan yang melakukan pengiriman barang pun adalah supplier.

Jadi dalam hal ini seorang dropshiper hanya memasarkan produk supplier saja. Dimana jika terjadi pembelian maka dia akan meneruskan pesanan tersebut kepada supplier.

Dropshiper cukup memberikan data-data pemesan barang tersebut, kemudian pihak supplier akan melakukan pengiriman barang sesuai dengan pesanan.

Sampai disini apa Anda paham? Oke kita lanjut.

Apa yang Anda butuhkan?

Untuk daftar bisnis dropship di shopee ada beberapa hal yang akan Anda butuhkan dan harus Anda persiapkan. Beberapa hal yang Anda harus persiapkan diantaranya adalah sebagai berikut:

A. Tentukan jenis produk

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum Anda memulai berjualan di shopee adalah menentukan terlebih dahulu jenis produk yang akan Anda jual. Tentukan produk yang paling laku di shopee.

Menurut  data hasil riset, produk yang paling banyak terjual di shopee adalah produk fashion. Anda juga bisa berjualan produk ini.

Tentukan kategori fashion yang akan Anda jual, karena produk fashion juga memiliki banyak kategori. Beberapa kategori fashion tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Fashion pria.
  2. Fashion wanita.
  3. Fashion anak laki-laki.
  4. Fashion anak perempuan.
  5. Fashion balita.
  6. Fashion muslim.

Tentukan kategori fashion mana yang akan Anda pilih. Jika Anda ingin menggunakan semua kategori tersebut pastikan bahwa toko Anda memiliki kategori tersebut dan produknya memang banyak.

Namun saya sarankan Anda untuk memilih kategori fashion wanita saja. Karena mayoritas yang senang berbelanja online adalah wanita. Dan bukan itu saja, penjualan fashion terbesar di shopee juga adalah fashion kategori wanita dewasa.

Dengan memilih kategori yang banyak terjual akan dapat meningkatkan penjualan Anda juga di shopee. Dengan begitu maka keuntungan Anda juga akan meningkat.

B. Cari supplier yang bagus

Cara kedua yang harus Anda lakukan adalah mencari supplier. Carilah supplier yang memiliki kredibilitas bagus. Hal ini berguna untuk membangun kredibilitas toko Anda juga agas bagus di mata konsumen.

Untuk mencari supplier toko online shopee, Anda bisa mencarinya dari marketplace lain seperti Tokopedia ataupun Bukalapak.

Cara mencari supplier di Tokopedia ataupun di Bukalapak silahkan Anda ikuti langkah berikut ini:

  1. Kunjungi situs Bukalapak ataupun Tokopedia.
  2. Masukkan produk yang ingin Anda cari supplier nya (produk yang sudah Anda tentukan sebelumnya). Contoh saya akan mencari “jaket parka”.
  3. Ketikan nama produk tersebut pada kolom pencarian.
  4. Filter hasil pencarian berdasarkan penjualan terlaris, lokasinya samakan dengan lokasi toko Anda di shopee (Bandung, Jakarta, Surabaya dll).
  5. Cari produk yang paling murah dan dari seller yang memiliki rating bintang 3-5.
  6. Cek pengalaman belanja orang lain di toko tersebut, jika bagus maka toko tersebut layak Anda jadikan sebagai supplier.
  7. Copy foto produk nya dan upload semua data produk tersebut ke toko Anda di shopee. Pastikan harganya tidak sama harga di supplier Anda. Mark up (naik) harganya sesuai dengan persentase keuntungan yang Anda inginkan. Namun jangan terlalu mahal, sewajarnya saja. Saya sendiri biasanya hanya menaikkan harga paling besar adalah Rp.10.000. Hal tersebut bertujuan agar toko Anda bisa bersaing atau berperang harga dengan toko lainnya.
  8. Masukkan deskrip dan hal lainnya hingga lengkap di toko online Anda di shopee.

C. Siapkan sedikit modal saja

Sebelum cara daftar bisnis dropship di shopee ini Anda lakukan, Anda perlu mempersiapkan sedikit modal terlebih dahulu. Meski cara ini dikatakan tanpa modal namun bukan berarti 100% Anda tidak harus mengeluarkan modal.

Kenapa Anda harus memiliki modal terlebih dahulu? Karena dana penjualan Anda baru bisa di cair kan setelah produk dikirim dan diterima oleh pembeli.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena modalnya pun tidak lah besar. Anda cukup memiliki modal mulai dari Rp.300.000 hingga Rp.400.000 saja.

Langkah-langkah cara daftar bisnis dropship di shopee

Setelah beberapa hal diatas Anda persiapkan dengan baik, selanjutnya Anda tinggal cara daftar bisnis dropship di shopee. Langkah ini merupakan langkah paling penting yang akan Anda lalui untuk berjualan online di shopee.

A. Cara daftar bisnis dropship di shopee dengan buat akun terlebih dahulu

1. Buat akun

Pertama Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Cara membuat akun shopee sangat mudah, ikuti langkah berikut:

  1. Buka situs shopee.co.id.
  2. Klik daftar.

    Cara Daftar Bisnis Dopship Di Shopee
    Shopee | Carapedi.id
  3. Pada formulir pendaftaran, silahkan Anda masukkan nomor handphone Anda yang aktif.
  4. Klik kirim kode verifikasi. Maka akan ada notifikasi masuk ke nomor handphone Anda berupa nomor kode verifikasi dari shopee.
  5. Masukkan kode verifikasi tersebut pada kolom kode verifikasi.
  6. Masukkan username.
  7. Masukkan password.
  8. Masukkan kembali password yang sama.
  9. Masukkan kode captcha.
  10. Klik DAFTAR.

2. Buka toko online shopee

Cara Daftar Bisnis Dopship Di Shopee
Jualan dropship shopee | Carapedi.id

Setelah Anda memiliki akun, selanjutnya Anda tinggal membuat toko online Anda di shopee. Ikuti langkah berikut:

  1. Klik pada menu jual.
  2. Masukkan email, nomor handphone atau username yang sudah Anda buat ketika mendaftar akun tadi.
  3. Masukkan password.
  4. Klik login.
  5. Pada halaman beranda silahkan Anda klik pada menu setting.
  6. Klik profil toko.
  7. Masukkan nama toko (gunakan nama toko yang unik yang menarik perhatian orang).
  8. Masukkan foto halaman toko.
  9. Masukkan deskripsi toko.
  10. Klik simpan.
  11. Toko online shopee Anda sudah jadi.

B. Aktifkan fitur gratis ongkir

Ini adalah salah satu fitur menarik dari shopee, penjual bisa memiliki promo gratis ongkos kirim dari shopee. Dengan mengaktifkan fitur ini maka toko Anda akan banyak diminati oleh para pembeli. Karena dengan adanya fitur ini para pembeli yang membeli produk dari toko Anda  tidak perlu membayar ongkos kirim.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda hanya perlu mengupload foto diri dan foto KTP. Pastikan menggunakan kamera yang bagus agar foto terlihat jelas dan bagus.

C. Lengkapi  data rekening bank

Agar Anda dapat mencairkan dana hasil transaksi penjualan Anda ataupun transaksi pembelian maka Anda haru memasukkan data rekening bank yang Anda gunakan (BRI, BCA, Mandiri, BNi dll).

Cara memasukkan nomor rekening ke shopee adalah sebagai berikut:

  1. Klik tombol pengaturan toko.
  2. Klik kartu/rekening bank.
  3. Masukkan password akun shopee Anda.
  4. Klik login.
  5. Klik tambahkan rekening bank.
  6. Masukkan data detail bank yang Anda gunakan seperti:
    1. Nama (nama sesuai rekening bank).
    2. Nomor rekening.
    3. Nama bank (BCA, BRI, BNI Mandiri dll).
    4. Cabang bank.
    5. Kota/kabupaten.
    6. Klik berikutnya.
    7. Lengkapi formulir selanjutnya sesuai data Anda.
  7. Klok oke.

D. Lengkapi alamat toko

Pada langkah cara daftar bisnis dropship di shopee selanjutnya adalah Anda harus melengkapi alamat toko online Anda di shopee. Pastikan bahwa alamat toko tersebut sama persis dengan alamat toko supplier. Ini bertujuan agar tidak terjadi perbedaan biaya pengiriman.

Jika alamat toko online Anda di shopee berbeda dengan alamat supplier maka akan mengakibatkan perbedaan harga ongkos kirim.

E. Pilih jasa kirim atau ekspedisi pengiriman

Nah, pada bagian ekspedisi atau jasa kirim ini juga gunakan dan pilih jasa ekspedisi yang sama dengan yang digunakan oleh supplier Anda. hal ini juga bertujuan agar tidak terjadi perbedaan harga ongkos kirim dari setiap jasa ekspedisi.

F. Upload produk

Cara Daftar Bisnis Dopship Di Shopee
Dropship shopee | Carapedi.id

Setelah semua data profil toko Anda lengkap, maka langkah selanjutnya adalah mengupload produk Anda ke shopee. Cara mengupload produk ke shopee sangat mudah, ikuti langkah berikut:

  1. Masuk ke halaman penjual.
  2. Login menggunakan username dan password shopee.
  3. Klik produk saya.
  4. klik tambah produk baru.
  5. Klik pilih gambar.
  6. Masukkan nama produk.
  7. Masukkan deskripsi produk.
  8. Pilih kategori.
  9. Masukkan harga produk.
  10. Masukkan jumlah stok barang tersedia.
  11. Pilih jasa pengiriman.
  12. Pilih pre-order YA atau tidak.
  13. Pilih kondisi barang (baru/bekas).
  14. Masukkan SKU (boleh di kosongkan).
  15. Klik simpan dan tampilkan.
  16. Produk Anda berhasil di upload ke toko online Anda di shopee.

Setelah semua proses cara daftar bisnis dropship di shopee tersebut selesai Anda lakukan maka selanjutnya Anda tinggal menunggu datang orderan ke Anda. Kemudian jika ada yang Order maka Anda pesan barang tersebut ke supplier. Bagaimana menurut Anda? cukup mudah bukan cara berjualan online di shopee dengan sistem dropship ini. Jika Anda masih belum mengerti boleh Anda tanya kepada admin lewat chat kontak.