cara membuat e-ktp
Ilustrasi pembuatan e-KTP

Mudah Loh! Begini Cara Membuat E-KTP & Syaratnya

Diposting pada

KTP atau Kartu Tanda Penduduk merupakan sebuah identitas yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia yang sudah berusia 17 tahun. KTP ini digunakan sebagai identitas resmi warga negara Indonesia untuk mendapatkan layanan dari pemerintah. Kini KTP ada versi terbaru nya yaitu e-KTP atau Elektronik Kartu Tanda Penduduk. Lalu bagaimana cara membuat e-KTP?

Banyak orang yang tidak mau mengurus KTP mereka, dengan alasan tidak mau ribet dengan aturan cara da proses pembuatannya. Padahal kartu tanda penduduk merupakan dokumen yang paling penting dalam tata kewarganegaraan.

Kenapa harus membuat E-KTP?

cara membuat e-ktp
Ilustrasi e-KTP | Youtube

Sebelum ada KTP elektronik, terlebih dahulu masyarakat Indonesia menggunakan KTP biasa atau KTP manual. Akan tetapi muncul berbagai masalah berupa banyak nya duplikat atau KTP ganda yang dimiliki oleh seorang penduduk.

Nah maka dari itu, untuk menghindari banyak nya orang yang membuat KTP ganda pemerintah mengeluarkan kebijakan baru dengan mengeluarkan elektronik KTP atau E-KTP.

Kemungkinan orang bisa membuat KTP ganda pada sistem KTP lama karena belum adanya sistem data terpadu. Dengan demikian maka memungkinkan setiap orang untuk membuat KTP ganda.

Lebih parahnya lagi, setiap orang menggunakan KTP tersebut untuk beberapa hal yang merugikan pihak negara seperti:

  1. Untuk menghindari pembayaran pajak
  2. Mempermudah pembuatan paspor yang tidak dapat dibuat pada kota tertentu
  3. Mengamankan data korupsi
  4. Menyembunyikan identitas untuk tindak kejahatan dan kriminal

Manfaat E-KTP

cara membuat e-ktp
Ilustrasi e-KTP sudah jadi

Dilihat dari sisi manfaatnya, E-KTP memiliki banyak manfaat ketimbang menggunakan KTP konvensional. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah:

  1. Identitas tidak dapat dipalsukan
  2. Identitas tidak dapat dibuat secara ganda
  3. Identitas tunggal
  4. Dapat digunakan pada acara pemilu
  5. Digunakan untuk registrasi data perbankan ataupun pembuatan identitas lain

Syarat pembuatan e ktp 2018

cara membuat e-ktp
Ilustrasi pembuatan e-KTP

Untuk membuat e-KTP maka anda harus mengumpulkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk melengkapi identitas kartu tanda penduduk elektronik anda nantinya.

Syarat membuat KTP 2018 untuk WNI dalam negeri dan luar negeri tentu berbeda, apalagi jika anda berstatus sebagai warga negara asing yang memiliki izin tetap, tentu cara membuat e-KTP dan persyaratan nya sedikit berbeda.

Nah berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus anda penuhi ketika akan membuat e-KTP:

1. Syarat membuat e-KTP baru bagi WNI

Nah jika anda adalah orang Indonesia asli (WNI) yang berusia 17 tahun maka anda sudah harus memiliki kartu tanda penduduk (KTP). Cara membuat ktp umur 17 tahun ini sangat mudah, silahkan anda persiapkan beberapa persyaratannya sebagai berikut:

  • Berusia 17 tahun baik sudah kawin ataupun belum
  • Fotocopy kartu keluarga (KK)
  • Surat pengantar dari RT, RW dan kepala desa atau lurah
  • Surat keterangan datang dari luar negeri yang di terbitkan oleh instansi pelaksana bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah

2. Syarat membuat e-KTP bagi WNA pemilik izin tinggal tetap

Nah untuk anda yang berstatus sebagai WNA yang memiliki hak tinggal di Indonesia maka anda dapat membuat identitas kependudukan Indonesia WNA dengan mengumpulkan beberapa persyaratan seperti berikut ini:

  • Sudah berusia 17 tahun baik sudah kawin atau belum kawin
  • Fotocopy kartu keluarga (KK)
  • Dokumen perjalanan
  • Kartu izin tinggal tetap

3. Syarat membuat e-KTP WNI pindah daerah

Sedangkan untuk anda yang berstatus WNI namun pindah tetap tinggal, maka persyaratan yang harus anda persiapkan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Surat keterangan pindah disdukcapil kabupaten atau kota
  • Fotocopy kartu keluarga (KK)

Langkah langkah cara membuat e-KTP

cara membuat e-ktp
Proses perekaman retina mata pembuatan e-KTP

Nah untuk anda yang belum tahu bagaimana proses dan cara membuat e-KTP, berikut ini adalah beberapa langkah yang harus anda tempuh dalam proses pembuatannya.

1. Kunjungi kantor disdukcapil

Pertama, silahkan anda kunjungi kantor disdukscapil kabupaten atau kota terdekat dengan membawa persyaratan yang sudah anda persiapkan sebelumnya seperti diatas.

Bawa semua persyaratan jangan sampai ada yang ter lewat mulai dari Fotocopy kartu keluarga ataupun data lainnya yang dibutuhkan.

2. Ambil nomor antrean

Setelah anda berada di kantor disdukcapil silahkan anda ambil nomor antrean di loket pendaftaran. Setelah beberapa saat, anda akan dipanggil oleh petugas sesuai dengan nomor antrean anda.

Silahkan anda serahkan semua berkas persyaratan yang sudah anda persiapkan sebelumnya kepada petugas yang memanggil anda.

3. Proses verifikasi data

Setelah itu, petugas akan melakukan verifikasi data persyaratan yang anda berikan tadi. Petugas juga akan menanyakan beberapa hal terkait dengan data pembuatan e-KTP anda.

Biasanya petugas mengulangi membacakan data-data yang anda berikan. Biasanya anda tinggal jawab ya dan tidak saja.

4. Perekaman data lengkap

Dalam proses langkah langkah membuat ktp maka dibutuhkan data lengkap se lengkap-lengkapnya. Petugas akan mengambil beberapa data penting anda seperti:

  • Foto wajah anda
  • Scan retina mata
  • Sidik jari
  • Dan tanda tangan

Semua proses perekaman data lengkap ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 hingga 15 menit saja. Setelah proses perekaman data selesai maka anda tinggal pulang dan menunggu proses pencetakan e-KTP.

4. Cetak e-KTP

Setelah semua proses perekaman data selesai, maka berikutnya tinggal proses pencetakan e-KTP nya. Proses pencetakan e-KTP biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari atau 2 minggu jam kerja.

Jika e-KTP nya selesai dibuat maka anda akan diberitahu oleh pihak disdukcapil. Setelah itu, anda tinggal ambil e-KTP anda di kantor kelurahan anda.

Bagaimana jika e-KTP hilang?

Kehilangan kartu tanda penduduk maka akan sangat merepotkan bukan? apalagi jika anda sangat membutuhkan nya. Namun anda tidak perlu khawatir, karena cara mengatasinya sangat mudah. Cara mengatasinya adalah seperti ini:

  • Laporan ke kantor polisi, minta surat kehilangan e-KTP dari kantor kepolisian terdekat
  • Lengkapi surat kehilangan ktp tersebut dengan Fotocopy kartu keluarga dan surat pengantar dari RT atau RW setempat
  • Bawa persyaratan tersebut ke kantor disdukcapil kabupaten atau kota anda
  • Ambil nomor antrean
  • Setelah anda bersama petugas maka sebutkan permasalahannya
  • Anda minta untuk cetak baru e-KTP anda

Nah itulah beberapa proses dan langkah-langkah cara membuat e-ktp yang harus anda lakukan. Silahkan anda ikuti langkah-langkah proses membuatnya seperti diatas.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action