cara membuat slip gaji

Mudah Kok! Begini Cara Membuat Slip Gaji Karyawan

Diposting pada

Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan menyebutkan, setiap pengusaha wajib memberikan bukti (slip) pembayaran gaji kepada karyawannya. Nah, beranjak dari hal ini maka pihak perusahaan harus tahu dan mengerti bagaiamana cara membuat slip gaji sebagai bukti resmi pembayaran gaji kepada karyawan.

Di samping semua itu, dengan memberikan slip gaji kepada karyawan membuktikan ketaatan sebuah perusahaan terhadap peraturan pemerintah dan menunjukkan kredibilitas perusahaan itu sendiri.

Sebagai karyawan, mereka berhak menagih slip gaji gaji kepada pihak perusahaan jika perusahaan tempat mereka bekerja tidak memberikannya.

Apa itu slip gaji?

Berdasarkan pengertiannya, slip gaji merupakan selembar kertas yang berisi catatan rinci gaji seorang karyawan dalam kurun waktu tertentu. Dalam slip gaji terdapat rincian gaji yang di terima seorang karyawan, mulai dari jumlah gaji pokok, jumlah gaji tambahan (lembur) dan juga rincian pengurangan gaji (jika ada).

Bukan hanya berguna bagi karyawan, slip gaji juga berguna bagi perusahaan sebagai bukti pembayaran gaji yang syah dan otentik.

Sedangkan bagi karyawan, slip gaji berfungsi untuk memperjelas pendapatannya secara rinci di slip gaji. Di mana jika terdapat ketikdak sesuaian maka pihak karyawan bisa mengajukan banding terhadap perusahaan. Dan pihak perusahaan wajib melakukan koreksi terhadap slip gaji yang keluar.



Format slip gaji

Slip gaji merupakan dokumen resmi, untuk itu proses pembuatannya tidak bisa dengan asal-asalan. Slip gaji dibuat dengan menggunakan format tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Mungkin antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lainnya memiliki format yang berbeda-beda. Namun seprti apapun formatnya, setidaknya slip gaji yang dibuat harus mencantukan beberapa hal seperti:

  1. Nama perusahaan atau instansi
  2. Pernyataan kerahasiaan dokumen
  3. Data rinci karyawan penerima slip gaji
  4. Tabel rincian gaji
  5. Total gaji bersih
  6. Tanggal cetak slip gaji



Bagian-bagian penting slip gaji

Sedangkan dalam bagian-bagian slip gajinya sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Bagian kepala atau bagia atas slip
    • Sebelah kiri: masukkan logo beserta nama perusahaannya
    • Sebelah kanan: Masukkan nama dan data lengkap karyawan perusahaan
  2. Bagian tengah slip gaji
    • Bagian sebelah kiri: masukkan data-data tambahan gaji jika karyawan menerimanya seperti gaji pokok, tambahan uang lembur, tunjangan kesehatan, uang transfort dan lain sebagainya
    • Bagian sebelah kanan slip gaji isi dengan rincian potongan gaji karyawan seperti potongan pajak, potongan pinjaman, serta potongan iuran karyawan dan lain lain
  3. Bagian bawah
    1. Masukkan jumlah gaji bersih yang akan di terima oleh karyawan dari total gaji setelah dikurangi dengan pengeluaran keseluruhan dari gajinya
    2. Masukkan juga tanggal terbit slip gaji serta tanda tangan penerima slip dan juga pihak HRD sebagai pembuat slip gaji atau yang bertanggung jawab membaut slip gaji



Apa saja yang dibutuhkan?

Untuk membuat slip gaji maka sahabat pedi membutuhkan beberapa perangkat dan data yang harus sahabat pedi persiapkan. Nah beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Database gaji karyawan
  2. Data komponen gaji
  3. Persiapkan format slip gaji
  4. Software slip gaji
  5. Printer
  6. Komputer



Bagaimana cara membuat slip gaji

Cara membuat slip gaji sebenarnya sangat mudah. Sahabat pedi bisa membuatnya dengan menggunakan software khusus payrol, membautnya secra online ataupun dengan menggunakan program miccrosoft excel.

Ketiga cara ini sama-sama bisa sahabat pedi gunakan untuk membuat slip gaji karyawan dengan mudah. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas dengan lengkap semua cara tersebut.



A. Cara membuat slip gaji karyawan swasta di excel

Membuat slip gaji pertama, sahabat pedi bisa menggunakan microsoft excel. Ini merupakan salah satu cara paling sederhana yang bisa sahabat pedi gunakan untuk membuat slip gaji karyawan.

Tidak perlu khawatir, cara membuatnya sangat mudah kok, silahkan sahabat pedi ikuti seperti pada langkah-langkah berikut:

  1. Buatlah tabel data karyawan di ms excel secara rinci mulai dari:
    1. Dama karyawan
    2. NIK (Nomor Induk Karyawan)
    3. Rincian gaji pokok
    4. Pendapatan tambahan (lembur dan lain-lain)
    5. Data lain yang diperlukan sesuai format slip gaji
  2. Masukkan data tersebut sesuai dengan format slip gaji yang dimiliki perusahaan, contoh formatnya adalah seperti format slip gaji seprti di atas
  3. Buat rumus perhitungan gajinya menggunakan fungsi vlookup di excel
  4. Setelah semua selesai, simpan dan print
  5. Selesai



B. Cara membuat slip gaji di word 2010

Selain menggunakan program microsoft word, sahabat pedi juga bisa memuat slip gaji dengan menggunakan word. Seperti yang akan gunakan dengan menggunakan microsoft word 2010.

Cara ini juga tidak jauh berbeda dengan menggunakan excel, hanya saja di word tidak menggunakan rumus excel. Perhitungna gajinya kita lakukan secara manual. Carannya adalah seperti pada langkah berikut:

  1. Silahkan sahabat pedi bukan program microsoft Wordnya
  2. Buat lembar kerja baru, klik file> new atau tekan tombol CTRL+N
  3. Buatkan tabel slip gajinya
  4. Masukan nama instansi atau perusahaan lengkap dengan logo
  5. Masukkan data slip gaji sesuai dengan format slip gaji karyawan diperusahaan atau instansi tempat sahabat pedi bekerja
  6. Jika sudah selesai, klik simpan dan print
  7. Selesai



C. Cara membuat slip gaji dengan aplikasi

Selain menggunakan cara di atas, sahabat pedi juga bisa menggunakan aplikasi pembuat slip gaji karyawan yang bisa sahabat pedi beli. Dengan menggunakan aplikasi ini maka sahabat pedi bisa menghindari beberapa kesalahan seperti yang sering dilakukan ketika membuatnya secara manual menggunakan excel atau word.

Aplikasi yang dimaksud adalah dengan menggunakan aplikasi payrol beberapa bulan lalu saya pernah membahas salah satu perusahaan payrol yang saya review. Sahabat pedi bisa menggunakan jasanya.



Contoh Slip gaji

Untuk lebih jelasnya, sahabat pedi bisa melihat beberapa contoh slip gaji yang dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi tertentu. Format yang digunakan oleh masing-masing instansi mungkin bisa berbeda-beda. Tergantung dari kebijakan setiap perusahaan ataupun instansi tersebut.

Nah berikut adalah contoh-contoh slip gaji yang dikeluarkan oleh beberapa perussahaan:



A. Contoh slip gaji dosen swasta

cara membuat slip gaji

Setiap universitas memilki kebijakan yang berbeda-beda dalam sistem perhitungan gaji dan format slip gaji yang diberikan untuk setiap dosen yang mengajar disana.

Namun secara keseluruhan, berikut ini adalah beberapa komponen yang tercantum dalam slip gaji universite:

  1. Honorarium per SKS: Gaji yang di dapat di hitung dibedakan berdasarkan tingkat pendidikannya, waktu mengajar dan jabatan yang di milikinya
  2. Honorarium pembimbing: Di hitung per skripsi
  3. Honorarium penguji skripsi:Dihitung per perserta ujian skripsi
  4. Uang transfortasi



B. Contoh slip gaji guru

cara membuat slip gaji

Setiap sekolah juga biasanya memiliki kebijakan tersendiri dalam membuat dan menentukan slip gaji untuk para guru yang mengajar disana. Namun setidaknya, setiap sekolah akan mencantumkan beberapa komponen seperti berikut:

  1. Pada bagian atas slip gaji terdapat:
    1. Logo sekolah
    2. Nama sekolah
    3. Bulan pembayaran
    4. Nama guru yang menerima pembayaran
  2. Tabel slip gaji terdiri dari 2 bagian, kiri dan kanan yaitu penerimaan gaji dan potongan gaji
  3. Pada bagian bawah terdapat:
    1. Gaji bersih yang diterima
    2. Tanggal penyerahan gaji
    3. Nama yang menyerahkan slip gaji
    4. Nama penerima slip gaji



C. Contoh slip gaji 2018 karyawan

cara membuat slip gaji
Contoh slip gaji karyawan

Bukan hanya dinas, perusahaan swasta ataupun BUMN sekalipun memiliki kebijakan tertentu dalam mebuat dan menentukan format slip gaji. Beberapa perusahaan mungkin memiliki format yang berbeda untuk membuat slip gajinya.

Namun setidaknya slip gaji karyawan tersebut memiliki beberapa komponen penyusunnya seperti berikut ini:

  1. Bagian atas terdapat beberapa komponen seperti:
    1. Nama perusahaan
    2. Logo perusahaan
    3. Data karyawan penerima slip gaji
    4. Bulan pembayaran
    5. Tanggal cetak slip gaji
  2. Isi tabel terdiri dari:
    1. Data absensi seperti jumlah masuk, izin, sakit, cuti dan lembur
    2. Data pendapatan seperti gaji pokok, tunjangan, uang lembur, uang makan, intensif, transfortasi dan lain sebagainya
    3. Data potongan gaji seperti potongan pinjman, potongan jamsostek, potongan terlambat masuk kerja, potongan pajak dan lain sebagainya
  3. Bagian bawah terdiri dari:
    1. Jumlah total gaji
    2. Pendapatan bersih setelah di kurangi potongan gaji



Manfaat slip gaji

Jangan salah, slip gaji ternayta memilki banyak sekali manfaat lho, baik bagi perusahaan maupun bagi karyawan. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat dari slip gaji bagi pihak perusahaan dan bagi karyawan yang mendapatkan slip gaji.

  1. Karyawan mendapat informasi rincian gaji
  2. Karyawan dia nggap lebih profesional oleh perusahaan
  3. Karyawan mendapat informasi rincian potongan gaji
  4. Karaywan mendapat informasi pajak gaji
  5. Karyawan mendapat informasi perhitungan gaji bersih
  6. Perusahaan memiliki bukti otentik pembayaran gaji
  7. Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Nah itulah beberapa cara membuat slip gaji yang paling mudah sahabat pedi gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat, khusus bagi sahabat pedi yang memang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action