cara pembayaran shopee
Halaman situs Shopee.co.id

8 Cara Pembayaran Shopee Yang Jarang Diketahui

Diposting pada

Berbelanja online di Shopee merupakan salah satu kegiatan yang tidak asing lagi dilakukan oleh orang di jaman milenial seperti sekarang ini. Shopee merupakan salah satu situs belanja online yang menyediakan berbagai jenis pembayaran yang memudahkan para pembeli untuk berbelanja disana.  Namun fakta nya, ternyata masih banyak orang yang belum tahu cara pembayaran shopee tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa ada banyak sekali cara pembayaran di shopee yang bisa anda gunakan ketika membeli berbagai produk dari Shopee.

Namun jika anda yang masih pemula atau baru pertama kali berbelanja di Shopee anda pasti akan sedikit kebingungan menentukan jenis pembayaran di Shopee. Padahal ada banyak  sekali metode pembayaran yang bisa anda pilih sesuka anda.

Nah, berikut ini akan saya uraikan beberapa cara dan metode pembayaran yang ada di Shopee. Silahkan anda baca sampai tuntas, supaya tidak gagal paham.

Beberapa metode dan cara pembayaran di shopee

Metode pembayaran di Shopee ada banyak sekali, mulai dari menggunakan pembayaran pihak ke tiga (kredit), transfer melalui bank dan melalui bantuan indomaret dan alfamart ataupun yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu.

a. Cara pembayaran transfer bank

Nah, salah satu cara pembayaran   di Shopee adalah dengan menggunakan transfer bank. Metode pembayaran ini bisa dilakukan melalui transfer cek manual dengan maksimal transaksi pembelian Rp.5000.000, dan transfer bank dengan menggunakan akun virtual yang maksimal transaksinya Rp.50.000.000.

Metode pembayaran transfer ini merupakan metode pembayaran yang paling banyak digunakan oleh para pembeli di Shopee.

b. Metode pembayaran kartu kredit atau kartu debit online.

Metode pembayaran yang kedua adalah dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit online. Namun hanya kartu dengan 3Dsecure saja yang bisa digunakan untuk bertransaksi di Shopee. Yang mana kartu jenis ini menggunakan sistem OTP untuk melakukan verifikasi ketika bertransaksi sehingga lebih aman. Anda juga tidak perlu khawatir ketika bertransaksi di Shopee menggunakan kartu kredit. Karena shopee tidak memiliki hak akses terhadap seluruh informasi kartu kartu kredit anda.

Ketika anda menggunakan kartu kredit untuk metode pembayaran transaksi pembelian produk Shopee maka anda bisa bertransaksi hingga Rp.30.000.000.

c. Metode pembayaran Indomaret

Ini merupakan cara pembayaran Shopee yang paling di gemari oleh para pembeli di Shopee. Metode pembayaran yang satu ini terbilang sangat mudah sekali. Transaksi pembayaran Indomart ini bisa dilakukan di semua cabang Indomaret selurut Indonesia dengan maksimal transaksi Rp.5000.000.

d. Cara pembayaran di Shopee menggunakan ShopeePay

ShopeePay juga bisa anda gunakan untuk melakukan pembayaran di Shopee lho. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa saldo ShopeePay anda masih mencukupi. Saldo ShopeePay menyimpan dana dari hasil penjualan yang anda lakukan atau hasil kembalian. Transaksi ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang pernah melakukan transaksi di Shopee sebelumnya atau yang pernah top up dana ShopeePay.

e. Pembayaran menggunakan kredivo

Ini merupakan salah satu metode pembayaran yang menarik di Shopee. Bagaimana tidak, dengan menggunakan kredivo, maka orang yang tidak memiliki kartu kredit sekalipun bisa membeli produk dengan sistem pembayaran di cicil. Dan hebatnya lagi cicilan ini tanpa ada bunga, pembayarannya bisa 3 bulan, 6 bulan ataupun 12 bulan.

Namun jika anda menggunakan kredivo untuk melakukan pembayaran di Shopee anda harus sudah memiliki akun di kredivo yang sudah terverifikasi. Jika anda belum memilikinya, sebaiknya anda buat akun nya terlebih dahulu.

f. Cara pembayaran di Shopee dengan menggunakan BCA oneklik

Ini merupakan salah satu teknik cara melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu debit BCA. Jika anda memiliki kartu debit BCA, maka anda bisa berbelanja di Shopee dengan menggunakan kartu tersebut.

g. Pembayaran Shopee menggunakan cicilan kartu kredit

Bagi anda anda yang memiliki kartu kredit, anda juga bisa menggunakan metode pembayaran dengan cicilan kartu kredit. Cicilan kartu kredit ini ada beberapa pilihan cicilan dianataranya adalah sebagai berikut:

  1. Cicilan 3 bulan.
  2. Cicilan 6 bulan.
  3. Cicilan 12 bulan.

h. Metode pembayaran COD (Cash On Delivery) atau bayar di tempat

Ini adalah metode pembayaran yang paling nyaman dan aman. Karena anda tidak perlu mengeluarkan uang sebelum anda menerima barang pesanan anda. Jadi pembayaran akan dilakukan ketika pembeli menerima barangnya.

Namun metode pembayaran ini hanya bisa digunakan jika toko tempat anda membeli produk tersebut sudah mengaktifkan fitur COD ini dengan domisili pembeli yang sesuai dengan lokasi toko tempat anda berbelanja.

Manakah cara pembayaran di shopee yang paling bagus?

Jika muncul pertanyaan seperti ini, saya sedikit bingung karena setiap orang memiliki cara sendiri yang paling di sukai nya. Namun kendati demikian, saya tetap harus memberikan komentar saya.

Ini Menurut pendapat saya sendiri, mungkin anda  sekalian bisa berbeda jawabannya dengan saya. Jika saya di tanya metode atau cara pembayaran shopee yang paling bagus maka saya akan memilih metode pembayaran COD (Cash On Delivery) atau cara pembayaran di tempat.

Kenapa memilih metode pembayaran COD (Cash On Delivery)?

Alasan saya saya sangat simple dan sangat sederhana sekali. Sejatinya kita berbelanja secara online yang paling kita harapkan adalah keamanan dan kemudahan bertransaksi. Dan menurut saya cara yang paling mudah, dan paling aman untuk bertransaksi belanja online adalah dengan cara COD (Cash On Delivery) atau bayar di tempat.

Yang mana ketika menggunakan metode ini kita tidak perlu ke bank untuk transfer, tidak perlu ke Indomaret untuk melakukan pembayaran dan lain sebagainya. Dengan menggunakan metode pembayaran COD (Cash On Delivery) ini, kita hanya perlu isi formulir pemesanan yang jelas dan menyiapkan uang pas untuk membayar paket barang ketika diantar ke rumah.

Apa kelebihan metode pembayaran COD (Cash On Delivery)?

Setiap metode pasti memiliki kelebihannya masing-masing, begitu juga dengan metode pembayaran COD  (Cash On Delivery) ini. Beberapa kelebihan metode pembayaran COD  (Cash On Delivery) diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Memberikan rasa aman dalam bertransaksi online.
  2. Mudah untuk di lakukan.
  3. Tidak perlu ribet.
  4. Bisa melihat kondisi barang yang dibeli secara langsung.
  5. Barang pesanan lebih cepat sampai.
  6. Bagi seller, dana transaksi lebih cepat sampai.

Apa kelemahan metode pembayaran COD (Cash On Delivery)?

Dimana ada kelebihan pasti disitu ada kekurangan begitulah kehidupan di dunia ini, tidak ada yang sempurna. Berikut adalah beberapa kekurangan dan kelemahan dari metode pembayaran COD (Cash On Delivery):

  1. Hanya bisa digunakan jika berada di lokasi yang sama dengan seller bersangkutan (dalam satu kota).
  2. Bisa terjadi tindak kejahatan seperti hipnotis, gendam ataupun perampokan jika dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  3. Bisa saja terjadi penipuan dengan menggunakan uang palsu.

Nah itulah 8 cara pembayaran shopee yang jarang diketahui oleh orang-orang yang berbelanja di Shopee. Silahkan anda pilih dan gunakan metode pembayaran mana yang paling anda sukai. Jangan lupa share artikel ini agar bermanfaat bagi orang yang membutuhkan. Terimakasih.

*Note: Jika anda ingin tahu tips jualan online tanpa modal di shopee baca artikel ini.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.