10 Manfaat Daun Kelor untuk Anak [Kesehatan-Kecerdasan]

Tidak banyak orang yang tahu bahwa daun kelor dapat di konsumsi dan memiliki banyak manfaat. Minimnya informasi dan kurangnya pemahaman masyarakat menjadi salah satu penyebabnya. Daun kelor memiliki banyak manfaat, seperti untuk kesehatan, kecantikan hingga untuk anak dan bayi.

Dalam daun kelor terdapat beragam zat dan vitamin serta senyawa lain yang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia. Jika di manfaatkan dengan baik maka bisa memberikan efek yang luar biasa.

Bukan hanya untuk orang dewasa saja, daun kelor juga bagus sekali di konsumsi oleh anak-anak. Berbagai zat dan vitamin yang terkandung di dalamnya dapat memberikan banyak manfaat untuk anak.

Bukan hanya isapan jempol semata, WHO (World Health Organization) lembaga kesehatan dunia, menyarankan anak-anak untuk mengkonsumsi daun kelor.

Lantas apa aja sih manfaat daun kelor itu? Berikut ini tim carapedi.id sudah mengumpulkan beragam informasinya, yuk baca selengkapnya di uraian berikut:

1) Memberikan Banyak Nutrisi

Daun kelor memiliki beragam gizi yang cukup lengkap bagi anak. Dalam 1 gram daun kelor setara dengan 7 kali vitamin C pada jeruk, 4 kali kalsium dalam susu, 4 kali vitamin A pada wortel serta 3 kali potasium dalam pisang.

Selain beragam vitamin diatas, daun kelor juga mengandung serat, mineral dan zat besi yang banyak. Semua zat-zat tersebut tentu sangat bagus sekali untuk mendukung tumbuh kembang anak.

2) Menjaga Kesehatan Mata Anak

Manfaat daun kelor untuk anak selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Seperti yang kita ketahui bahwa daun kelor memiliki vitamin A yang tinggi yang sangat di butuhkan oleh mata.

Selain itu, daun kelor juga memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Sehingga lebih mudah untuk memperbaiki kerusakan sel pada mata anak.

3) Meningkatkan Metabolisme

Daun kelor memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh anak dengan lebih baik. Hal ini tentu sangat dibutuhkan sekali untuk mendukung pertumbuhan anak.

Anak membutuhkan banyak mineral untuk mendukung pertumbuhannya dengan baik. daun kelor bisa menjadi salah satu asupan mineral yang cukup untuk penuhi kebutuhannya.

4) Melancarkan Percernaan Anak

Kandungan mineral dan serat yang banyak dalam daun kelor dapat membuat pencernaan anak lebih baik dan lancar. Kalsium, vitamin dan mineral dapat menyerap nutrisi melalui pencernaan dengan baik.

Hal ini juga berimplikasi pada kesehatan anak dan proses pertumbuhannya yang jauh lebih baik. Apalagi jika daun kelor ini di konsumsi secara rutin dan teratur dalam komposisi yang cukup.

5) Menjadi Detoks Bagi Anak

Bukan hanya orang dewasa yang harus melakukan detoksifikasi. Anak-anak juga sangat penting. Karena anak mudah sekali terkena virus-viri dari luar tubuhnya. Maka daun kelor bisa menjadi obat detoks yang baik untuk anak.

Daun kelor memiliki anti inflamsi yang tinggi sehingga dapat mengeluarkan racun dengan mudah dari dalam tubuh anak. Saat anak mengalami sakit sekalipun, ia akan lebih cepat pulih.

6) Membantu Pertumbuhan Tulang

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa daun kelor memiliki kandungan kalsium 4 kali lebih tinggi daripada susu. Selain itu, daun kelor juga memiliki fosfor yang sangat bagus bagi pertumbuhan tulang.

Kedua zat ini sangat bagus dan sangat dibutuhkan sekali untuk mendukung pertumbuhan tulang anak. Dengan mengkonsumsi daun kelor dalam porsi yang cukup maka tulang anak akan tumbuh dengan baik.

7) Meningkatkan Masa Otot Anak

Daun kelor memiliki kandungan asam amino essensial yang sangat bagus sekali untuk pertumbuhan masa otot. Masa otot anak akan lebih mudah tumbuh dan berkembang dengan baik jika anak mengkonsumsi dan kelor secara teratur.

Namun pertumbuhan masa oto anak yang dimaksud disini bukanlah tumbuhnya otot anak yang membesar seperti atlet. Melainkan dapat memungkinkan anak untuk bangkit dari kelelahan dengan lebih cepat.

8) Mencerdaskan Otak Anak

Kandungan asam amino dalam daun kelor bukan hanya bagus untuk pertumbuhan masa otot anak, melainkan juga bagus untuk perkembangan otak anak. Di tambah lagi daun kelor memiliki kandungan asam folat yang juga sangat dibutuhkan otak untuk berkembang.

Selain itu, vitamin C dan vitamin E yang terdapat dalam daun kelor juga sangat dibutuhkan otak untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan demikian kinerja otak anak akan jauh lebih baik.

9) Menyembuhkan Luka & Bekasnya

Anak yang aktif akan rentan sekali terkena luka. Namun tidak perlu khawatir, karena daun kelor dapat mengobati luka dengan baik. Daun kelor dapat menutup luka dengan cepat dan menghilangkan bekas nya.

Untuk menggunakannya, bisa dengan cara di tumbuh dan di oleskan pada yang terluka lalu di perban dengan rapi.

10) Menjaga Kulit Anak

Daun kelor memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi. Dimana vitamin E ini sangat dibutuhkan sekali oleh kulit. Jika anak mengkonsumsinya alam porsi cukup maka kulitnya akan terawat dengan baik.

Vitamin E dalam daun kelor dapat melembabkan kulit anak sehingga tetap terlindungi dari kekeringan dan iritasi kulit.

Nah itulah beberapa manfaat daun kelor untuk anak. Masih ada banyak manfaat lain yang bisa di dapatkan dari daun kelor. Namun sisanya akan saya bahas di artikel berikutnya.