manfaat & cara mengolah buah naga merah untuk bayi
Ilustrasi Bayi Yang Mengkonsumsi Buah Naga Merah

Manfaat & Cara Mengolah Buah Naga Merah Untuk Bayi

Diposting pada

Buah naga merah merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin dan juga cocok di konsumsi bayi. Manfaat & cara mengolah buah naga merah untuk bayi sangat mudah. Buah ini bisa di konsumsi oleh bayi umur 6, 7 dan 1 tahun ke atas tentunya dengan cara pengolahan yang benar dan sesuai dengan aturan makanan bayi.

Pada saat bayi akan menginjak usia 6 bulan tentunya ibu sangat ingin memberikan asupan nutrisi pendamping ASI terbaik untuk si kecil. Buah naga merah bisa menjadi pilihan yang tepat nih moms.

Buah ini memiliki banyak sekali nutrisi dan vitamin di dalamnya, seperti vitamin A, B1, B2, B3, C,  dan berbagai nutrisi lainnya seperti kalsium, zat besi, fosfor.

Lantas, apa saja sih manfaat nya & bagaimana cara mengolah buah naga merah untuk bayi? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Manfaat buah naga untuk bayi 5 bulan hingga 1 tahun keatas

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah ini, menjadikan buah yang satu ini kaya akan manfaat. Tidak terkecuali untuk bayi sekalipun. Moms bisa memanfaatkan buat ini untuk menjadikan nya sebagai asupan nutrisi pendamping ASI. Banyak manfaat yang bisa di dapat dari buah ini seperti berikut ini.

A. Memperkuat sistem imun bayi

Buah naga merah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dikenal dengan nama fenol. Antioksidan pada buah ini dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh bayi. Sehingga imun bayi kuat dari berbagai serangan radikal bebas dan penyakit umum lainnya.

B. Membantu perkembangan tulang, otot dan gigi

Kandungan  vitamin C pada buah naga dapat membantu pertumbuhan tulang, otot dan gigi pada bayi. Disamping itu vitamin C juga dapat membantu perkembangan jaringan sel kulit pada bayi yang sedang tumbuh serta membantu daya tahan dan serangan flu batuk pada bayi.

C. Dapat melindungi jantung bayi 

Dengan berbagai kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada buah naga dapat melindungi kesehatan jantung di kecil. Apalagi jika si kecil sangat aktif yang bisa saja mengalami gangguan jantung. Dengan memberikan buah naga merah maka antung si kecil akan terlindungi dengan baik.

D. Melancarkan pencernaan bayi

Kandungan serat yang tinggi dalam buah naga juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan pada bayi. Lancar nya pencernaan si kecil maka dapat berdampak baik pada kesehatan tubuh yang lainnya. 

E. Menjaga kesehatan mata bayi

Buah naga mengandung vitamin A yang cukup, vitamin ini sangat dibutuhkan untuk menjaga dan melindungi kesehatan mata si bayi sekaligus membantu bayi terhindar dari berbagai resiko gangguan kesehatan lainnya.

F. Menjaga kesehatan ginjal bayi

Buah naga memiliki kemampuan detoksifikasi yang mana hal tersebut dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan racun berbahaya. kemampuan detoksifikasi buah naga ini dapat menjaga kesehatan dan kebersihan ginjal dari kontaminasi racun serta menjaga saluran kemih agar tetap sehat.

G. Menenangkan sistem syaraf bayi

Manfaat & cara mengolah buah naga merah untuk bayi yang mudah juga dapat menjaga fungsi jantung dan juga menenangkan sistem syaraf pada bayi. Sehingga proses pertumbuhan bayi dapat terjaga dengan baik dan stabil.

H. Menghindari perut kembung pada bayi

Bayi sangat rentan sekali mengalami perut kembung. Hal ini dapat di atasi diberikan buah naga. Kandungan serat yang tinggi pada buah naga dapat membantu bayi mencerna makanan dengan baik. Hal ini juga dapat melatih pergerakan usus bayi.

G. Membuat rambut bayi lebih tebal

Moms ingin si kecil memiliki rambut yang lebat dan tebal? Maka berikan si kecil buah naga merah  ini secara rutin. Zat besi pada buah naga dapat membantu memperkuat dan memberi nutrisi pada rambut si kecil.

H. Menjaga kulit bayi tetap sehat

Paparan udara  yang kotor sering kali membuat kulit si kecil menjadi kotor dan kering. Dengan memberikan bayi buah naga maka kulit bayi akan terlindungi. Vitamin C pada buah naga dapat melindungi kulit bayi dengan baik.

Baca juga: Cara mengatasi batuk pada bayi 6 bulan hingga 1 tahun

Bagaimana cara mengolah buah naga untuk bayi?

Selain memiliki banyak manfaat,  cara mengolah buah naga merah untuk bayi juga sangat mudah. Untuk menjadikan buah naga sebagai makanan pendamping ASI maka moms bisa mencoba beberapa resep olahan buah naga berikut ini.

A. Bubur buah naga dan apel

Resep buah naga yang pertama adalah dengan menggunakan campuran buah apel. Kedua buah ini moms bisa sajikan dalam bentuk bubur. Ini resep da cara mengolahnya:

  1. Pilih buah naga yang berwarna merah tua, karena biasanya buah naga yang berwarna merah tua memiliki gizi yang lebih tinggi.
  2. Siapkan juga buah apel secukupnya.
  3. Kupas kedua buah tersebut dan buat porsi seimbang dengan takaran 50:50.
  4. Blender kedua bahan tersebut hingga halus.
  5. Tambahkan sedikit air agar teksturnya lebih lembut dan lunak sesuai dengan tekstur bubur untuk bayi.

B. Bubur buah naga dan pisang

Selain mencampurkannya dengan buah apel, moms juga bisa menggunakan buah pisang. 

  1. Siapkan 200 ml air hangat atau 100 ml air ASI.
  2. Siapkan juga pisang Ambon kecil dan 50 mg buah naga.
  3. Potong bah naga dan pisang kecil-kecil, kemudian rebus secara bersamaan hingga menjadi lunak.
  4. Halus kan buah naga dan pisang Ambon tersebut dalam mangkuk hingga halus menyerupai bubur bayi.

C. Puding buah naga

Manfaat & cara mengolah buah naga merah untuk bayi juga bisa di sajikan dalam bentuk puding. Namun, puding buah naga ini sebaiknya diberikan pada bayi yang berusia satu tahun ke atas. Jangan berikan pada bayi yang di bawah itu karena puding naga memiliki tekstur sedikit lebih padat. Sehingga tidak akan cocok untuk pencernaan bayi di bawah 1 tahun.

  1. Siapkan 2 buah naga merah secukupnya, 1 bungkus agar-agar serta 800 ml susu dan 150gr gula .
  2. Blender daging buah naga hingga halus.
  3. Campurkan agar-agar, 800 ml susu dan 150gr gula, kemudian aduk hingga larut.
  4. Setelah itu, didih kan bahan-bahan tersebut.
  5. Masukkan buah naga yang sudah di blender sebelumnya, kemudian aduk hingga tercampur rata.
  6. Masukkan pada cetakan dan biarkan hingga dingin.

Nah itulah beberapa manfaat & cara mengolah buah naga merah untuk bayi. Ternyata bagus juga ya buah naga untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Sampai saat ini belu di temukan secara pasti mengenai efek negatif dari buah naga jika di konsumsi bayi. Yang sudah jelas, menurut beberapa hasil penelitian para dokter bahwa buah naga memiliki gizi yang tinggi dan bagus untuk bayi. Disamping itu, buah naga juga dapat merubah warna urin dan peses jika di konsumsi. Namun hal itu tidak berdampak bahaya.

Kendati demikian, moms harus tetap hati-hati. Karena tidak semua bayi mampu menerima dan cocok mengkonsumsi buah naga. Jika terjadi reaksi yang abnormal maka segera konsultasi dan bawa si kecil ke dokter.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action