manfaat bawang merah

Segudang Manfaat Bawang Merah yang Jarang Orang Tahu

Diposting pada

Bukan hanya di kenal sebagai bumbu dapur yang dapat membuat makanan menjadi lebih nikmat saja, bawang merah juga memiliki banyak manfaat lain yang sangat luar biasa. Bawang merah memiliki manfaat bagi kesehatan, kecantikan bahkan untuk bayi dan anak.

Dalam teknik pengobatan tradisional, bawang merah sering kali digunakan sebagai obat kompres anak jika mengalami demam. Hal tersebut karena bawang merah memiliki berbagai zat yang sangat bermanfaat.

Nah, untuk kamu yang belum tahu banyak tentang manfaatnya, berikut ini adalah beberapa daftar khasiat bawang merah yang mungkin beberapa diantaranya belum kamu ketahui.

A. Manfaat Bawang Merah Mentah untuk Mata

Kamu mungkin tidak menyangka bahwa ternyata bawang merah memiliki khasiat yang bermanfaat bagi mata. Mayoritas orang tahu bahwa bawang merah itu, bisa membuat mara perih saat berdekatan dengan mata.

Namun fakta nya, dibalik itu semua ada banyak sekali loh manfaat yang bisa di dapatkan dari bawang merah bagi mata. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

1. Atasi Penglihatan yang Kabur

Untuk kamu yang mengalami penglihatan yang kabur, baik itu karena terlalu lama kerja depan komputer, terlalu sering maen game ataupun yang lainnya. Kamu bisa atasi dengan menggunakan bawang merah.

Bawang merah dapat degan baik mengembalikan penglihatan kamu yang kabur dengan cara memaksa mata untuk bekerja dan menggerakkan semua syaraf mata.

Cara penggunaannya sangat sederhana sekali. Kamu hanya perlu memotong 1 butir bawang merah yang sudah di cuci bersih. Kemudian iris dan masukkan kedalam cangkir. Seduh dengan air panas, diamkan sampai dingin.

Kemudian ambil air bawang merah tersebut, cucilah mata kamu dengan air bawang tersebut. Lakukan secara rutin, teman saya sudah melakukannya dan berhasil dalam waktu 2 minggu saja.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Mata

Dalam bawang merah terkandung berbagai protein dan antioksidan yang sangat bagus dan sangat dibutuhkan oleh mata. Berbagai penyakit mata seperti Katarak, Glaukoma, dan Degenerasi Makula dapat di atasi dengan baik.

Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa jus bawang merah dapat dengan baik menyembuhkan konjungtivitis dan blepharitis. Dengan demikian maka kamu bisa terhindar dari berbagai ancaman penyakit mata.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Bawang merah mengandung belerang yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Bawang merah dapat merangsang produksi protein. Selain itu bawang merah juga mengandung antioksidan yang tinggi.

Sehingga mata kamu dapat di proteksi dengan baik dari berbagai hal yang bisa merusak nya. Jika kamu sering mengkonsumsinya dalam jumlah yang pas, maka kesehatan mata kamu akan terjaga dengan baik.

B. Manfaat Bawang Merah untuk Kecantikan Kulit

Untuk kamu yang sangat memperhatikan kecantikan kulit kamu, bawang merah ternyata bisa menjadi solusinya loh. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bawang merah ini untuk merawat kulit kamu menjadi lebih cantik.

Nah berikut ini adalah beberapa manfaatnya yang akan kamu dapatkan jika kemu menggunakannya pada kulit kamu.

1. Mengatasi Peradangan Jerawat

Jika terjadi peradangan pada kulit wajah yang di akibatkan oleh jerawat, tentu akan sangat menjengkelkan. Nah bawang merah ternyata memiliki zat yang dapat mengatasi peradangan kulit dengan baik.

Untuk mengatasi peradangan kulit dengan menggunakan bawang merah ini sangat mudah sekali. Caranya kamu parut dulu bawang merah nya, kemudian campur kan dengan minyak zaitun dengan komposisi 1:1.

Setelah itu, kamu aplikasi kan pada kulit wajah yang berjerawat. Kemudian diamkan selama 20 15-20 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih, lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Vitamin C dan Flavonoid dalam bawang merah dapat dengan baik membantu mencerahkan kulit kamu. Bawang merah menjadi salah satu obat alami pencerah kulit yang paling mudah di dapatkan.

Untuk memutihkan kulit dengan memanfaatkan bawang merah sangat mudah sekali. Kamu bisa menjadikannya sebagai masker untuk kulit wajah kamu.

Parut terlebih dahulu bawang merah secukupnya, kemudian campurkan dengan susu, bubuk pala dan teh. Kemudian aduk semau bahannya hingga tercampur rata dan menyerupai pasta.

Setelah itu, kamu oleskan semua campuran bahan tersebut ke kulit wajah hingga merata. Diamkan selamma 15-20 menit, setelah itu kamu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

Baik pria ataupun wanita, jika terdapat bekas jerawat pada area wajah, tentu akan sangat terganggu dan berusaha mencari obatnya. Nah, bawang merah bisa menjadi obat tradisional yang ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat loh.

Seperti yang sudah di sebutkan diatas, bahwa bawang merah memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C dalam bawang merah dapat dengan mudah menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan bawang merah sangat mudah. Kamu campur kan perasan air bawang merah dengan yogurt plain dengan komposisi yang sama. Kemudian oleskan pada wajah sambil di pijat lembut. Diamkan selama 10 menit hingga mengering, setelah itu bilang dengan air bersih.

Baca Juga:

1. Manfaat Madu untuk hilangkan jerawat
2. Menghilangkan jerawat secara alami

4. Mencegah Penuaan Dini

Mengalami penuaan dini tentu adalah hal yang paling tidak di inginkan semua orang. Namun sekarang kamu bisa ucapkan selamat tinggal pada penuaan dini. Karena kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan bawang merah.

Kandungan antioksidan yang tinggi, dapat membantu mencegah timbulnya penuaan dini pada kulit wajah. Sehingga kulit akan nampak kenang dan terhindar dari penuaan dini.

Cara mengatasi penuaan dini dengan menggunakan bawang merah sangat mudah. Kamu tinggal memijit kulit wajah kamu dengan menggunakan perasan air bawang merah.

Lakukan pijatan ini selama kurang lebih 15 menit. Jika kamu melakukannya secara konsisten maka hasilnya akan sangat luar biasa.

C. Manfaat Bawang Merah untuk Pria

Hal ini mungkin masih sangat jarang sekali orang ketahui. Hanya beberapa orang atau pria dewasa saja yang sudah mengetahuinya. Namun buat kamu yang sudah menikah, wajib sekali untuk tahu hal ini.

Bawang merah memiliki khasiat luar biasa bagi pria, terutama untuk masalah kejantanannya. Dengan mengkonsumsi bawang merah, maka pria bisa meningkatkan kejantanannya 2 kali lebih baik.

1. Meningkatkan Kadar Testosteron

Untuk kamu yang sudah menikah dan ingin mendapatkan momongan secepatnya, bawang merah adalah salah satu usaha yang bisa kamu coba. bawang merah ternyata dapat meningkatkan kadar testosteron lebih banyak.

Hal ini bukan isapan jempol semata, hasil riset yang dilakukan oleh Universitas Tabriz Iran, menunjukkan bahwa jus bawang merah mentah, dapat mendongkrak produksi testosteron dengan cepat.

2. Meningkatkan Jumlah Sperma

Bawang merah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam merah ini terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan jumlah sperma dalam jumlah yang lebih banyak.

Dari berbagai hasil studi menunjukkan bahwa 1 sendok makan parutan bawang merah yang di campur dengan 1 sendok parutan jahe dan di konsumsi 3 kali sehari dapat meningkatkan libido.

3. Meningkatkan Stamina Pria

Seorang pria yang lemah di atas ranjang, biasanya di pengaruhi oleh sistem imun yang lemah dan stamina yang tidak bagus. Namun kandungan fitokemikal dalam bawang merah dapat mengatasi hal tersebut dengan baik.

Kandungan fitokemikal dalam bawang merah ini dapat mendorong vitamin C untuk menguatkan kekebalan tubuh orang yang mengkonsumsinya. Dengan demikian stamina pria akan lebih kuat sepanjang hari.

Baca Juga:

1. Manfaat kelor untuk kecantikan
2. Memutihkan wajah dengan tomat

D. Manfaat Bawang Merah untuk Bayi

Bukan hanya untuk orang dewasa saja, bawang merah juga ternyata bisa juga digunakan untuk bayi loh. Berbagai zat dan vitamin dalam bawang merah sangat dibutuhkan bayi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatannya.

Beberapa orang tua di kampung halaman saya sering memanfaatkan bawang merah untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan si kecil. Adapun beberapa manfaat bawang merah bagi anak kecil diantaranya adalah:

1. Menurunkan Demam

Saat bayi mengalami demam, banyak orang tua yang memilih untuk membawanya ke dokter. Hal tersebut mungkin tindakan yang tepat, namun bagaimana jadinya jika keadaan tersebut saat tidak memiliki uang sama sekali?.

Tidak peru khawatir, bawang merah ternyata bisa menurunkan demam anak atau bayi dengan baik. Moms bisa mendapatkan bawang merah dengan mudah. Kalaupun tidak punya, bisa minta dulu kepada tetangga.

Cara menurunkan demam anak dengan menggunakan bawang merah ini sangat mudah kok. Moms tinggal ambil 5 siung bawang merah cuci hingga bersih. Kemudian tumbuk kasar, campurkan dengan minyak kelapa, minyak kayu putih atau minyak telon.

Selanjutnya, moms cukup balurkan campuran bahan tersebut ke sekujur tubuh bayi. Adapun bagian yang wajib di baluri campuran bahan tersebut adalah bagian ubun-bun, punggung, dada, perut, lipatan paha, lengan, dan teplapak kaki.

2. Meredakan Flu dan Batuk

Bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri yang mana di di dalamnya terdapat senyawa sulfur dan quercetin. kedua senyawa ini dapat menetralisir racun yang masuk kedalam tubuh.

Kedua senyawa ini juga dapat mengatasi gangguan pada saluran pernafasan bayi. Kedua senyawa ini dapat melegakan dan mengencerkan dahak bayi yang mengalami flu dan batuk.

Cara mengatasi flu batuk bayi dengan menggunakan bawang merah adalah dengan cara di konsumsi oleh si ibu. Agar masuk ke bayi melalui air susu, ataupun di potong-potong dan diletakkan di dalam kamar sebagai penetralisir virus.

3. Atasi Perut Kembung Bayi

Perut kembung sering kali di alami oleh bayi. Biasanya hal ini dikarenakan posisi bayi dan si ibu yang tidak tepat pada saat menyusui, sehingga membuat udara masuk dan perut bayi jadi kembung.

Sat perut bayi kembung biasanya ia menjadi susah tidur dan rewel. Sehingga ia akan menangis semalaman. Hal ini tentu membuat kita sebagai orang tuanya juga jengkel.

Bawang merah ternyata cukup digunakan untuk menghilangkan perut kembung si bayi. Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk bawang merah tersebut dan mencampurkannya dengan minyak telon dan mengoleskannya pada perut si bayi.

4. Sebagai Antivirus Bagi Bayi

Mungkin diantara kita semu masih banyak yang belum tahu bahwa bawang merah memiliki sifat antibiotik alami yang bagus mengusir virus atau bakteri.

Orang tua di kampung saya, selalu menggantungkan bawang merah di setiap anak bayi. Orang tua dulu banyak yang percaya bahwa dengan bawang merah maka anak bayi akan terhindar dari gangguan makhluk halus.

Namun kini secara medis dapat kita ketahui bahwa hal tersebut bermanfaat untuk menangkal virus yang mungkin bisa menempel pada bayi saat dia berada di luar dan berinteraksi dengan orang lain.

Bawang merah memiliki antioksidan yang tinggi hal ini dapat menetralisir virus dengan baik. Sehingga virus tidak akan menempel pada bayi yang diberikan bawang merah.

Nah itulah beberapa manfaat bawang merah bagi kesehatan, kecantikan dan bagi anak dan bayi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, penulis hanya menjadikan tulisan ini sebagai media berbagi saja dan catatan pribadinya di blog.

Gambar Gravatar
Menulis adalah seni dan hobi, selain mengelola blog juga berkonstribusi di berbagai media cyber