Daftar Dan Jenis-Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia

Kesadaran masyarakat Indonesia akan kebutuhan asuransi memang terbilang sangat rendah sekali. Dari 240 juta jiwa masyarakat Indonesia hanya 43,2 juta jiwa atau 18% saja dari penduduk Indonesia yang menyadari akan pentingnya kebutuhan asuransi. Banyaknya jenis-jenis asuransi yang terdapat di Indonesia tidak mampu memikat hati masyarakat.

Jika merujuk pada data dari Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ), dari jumlah angka tersebut baru ada 12% atau 28,8 juta jiwa yang benar-benar sudah merasakan produk dari asuransi.

Rendahnya minat dan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah minimnya informasi seputar asuransi yang sampai kepada masyarakat.

Malahan masih banyak sekali masyarakat yang beranggapan bahwa asuransi tidak begitu penting. Bagi mereka masih banyak hal mendesak lainnya yang lebih penting.

Ketimbang harus menyisihkan uang mereka untuk kebutuhan proteksi diri dan harta benda mereka. Meski manfaat asuransi begitu banyak, namun masyarakat tidak begitu menghiraukannya.

Asuransi Adalah…..

Jika kita kembali ke pengertian asuransi, kita akan mengetahui betapa bermanfaat nya asuransi ini bagi masyarakat. Asuransi sangat penting sekali untuk memproteksi diri dari berbagai hal yang tidak bisa diprediksi.

Secara singkat asuransi bisa diartikan sebagai proteksi diri dan harta benda dari berbagai kemungkinan yang akan terjadi yang tidak bisa di prediksi.

Sementara itu menurut Otoritas Jasa Keuangan berpendapat, bahwa asuransi merupakan sebuah perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat.

Masyarakat merupakan anggota yang ditanggung dan memiliki kewajiban membayar premi setiap bulannya dalam rangka memberikan penggantian atas resiko kerugian, kematian, kerusakan, atau kehilangan yang mungkin suatu waktu akan terjadi.

Dari berbagai istilah tersebut, bisa kita pahami bahwa adanya asuransi dapat memberikan proteksi terhadap ancaman resiko yang akan terjadi.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa ada banyak sekali jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia. Mulai dari asuransi kesehatan, pendidikan dan masih banyak lagi. Nah, berikut ini adalah daftar dan jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia saat ini.

Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia

A. Jenis-Jenis Asuransi kesehatan

Salah satu asuransi yang ada di Indonesia adalah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini juga ada banyak sekali jenis dam macam-macam nya diantaranya adalah:

1. Berdasarkan perawatan

  • Rawat inap, beberapa pembiayaan seperti biaya rawat inap dan biaya rumah sakit lainnya akan ditanggung pihak asuransi
  • Rawat jalan, biaya konsultasi dan biaya obat rawat jalan akan di tanggung oleh pihak asuransi terkait

2. Berdasarkan Pihak Tertanggung

  • Asuransi kesehatan individu, jaminan atas kesehatan atau pengobatan seseorang secara individu.
  • Asuransi kesehatan kelompok, jaminan kesehatan dan pengobatan yang diberikan kepada perusahaan, kelompok, keluarga atau organisasi tertentu dengan persyaratan dan perjanjian kontrak yang telah di sepakati.

3. Berdasarkan Uang Ganti Rugi

  • Pembayaran langsung, jenis asuransi kesehatan ini dimana perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi secara langsung kepada tertanggung.
  • Pembayaran berganti, asuransi kesehatan jenis ini adalah dimana kita sebagai anggota membayar terlebih dahulu biaya pengobatan menggunakan dana pribadi, kemudian barulah pihak asuransi mengganti seluruh biaya pengobatan tersebut.

4. Berdasarkan keikutsertaan anggota

  • Wajib, asuransi kesehatan jenis ini biasanya terdapat di sebuah perusahaan yang mewajibkan karyawan nya untuk ikut program asuransi. Dan untuk pembayarannya sendiri dilakukan oleh perusahaan dengan langsung memotong gaji karyawan.
  • Sukarela, asuransi kesehatan ini merupakan kebalikannya dari asuransi kesehatan wajib.

5. Berdasarkan Pengelolaan Dana

  • Pemerintah, yaitu jenis asuransi kesehatan yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah
  • Swasta, yaitu jenis asuransi kesehatan yang dikelola dan dimiliki oleh pihak perusahaan asuransi (swasta).

6. Berdasarkan Jumlah Dana

  • Asuransi kesehatan standar, yaitu jenis asuransi kesehatan yang akan menanggung  biaya-biaya tertentu saja.
  • Asuransi kesehatan full, yaitu jenis asuransi kesehatan yang akan menanggung secara penuh biaya kesehatan dan lain – lainnya oleh pihak asuransi.

B. Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap individu. Hal ini bertujuan untuk memproteksi diri kita dari hal yang tidak bisa kita prediksi dimasa yang akan datang.

Asuransi jiwa yang ada di Indonesi memiliki banyak sekali produk dan jenisnya. Diantaranya seperti berikut ini:

  • Asuransi jiwa berjangka (Term life insurance), asuransi ini fungsinya adalah untuk memproteksi diri peserta tertanggung dalam kurun waktu tertentu. Produk asuransi jiwa ini biasanya menawarkan kontrak untuk 5, 10 dan 20 tahun dengan premi yang bahkan terhitung sangat murah. Asuransi ini cocok sekali bagi Anda yang merencanakan pendidikan anak. Ataupun hal lainnya yang berhubungan dengan masa depan keluarga Anda.
  • Asuransi jiwa seumur hidup (Who life insurance), asuransi ini bisa memproteksi individu tertanggung seumur hidup meski ada beberapa perusahaan asuransi yang membatasi hingga 100 tahun saja.
  • Asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance), asuransi jiwa dwiguna atau endowment insurance ini memiliki 2 fungsi asuransi yaitu sebagai asuransi jiwa baerjangka sekaligus sebagai tabungan.
  • Asuransi jiwa unit link, asuransi ini tidak beda jauh dengan asuransi jiwa dwiguna hanya saja asuransi ini menggabungkannya dengan manfaat investasi. Jadi selain jiwa Anda terproteksi Anda juga bisa mengikuti program investasi.

C. Jenis-Jenis Asuransi Kredit

Asuransi kredit merupakan perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asurasi kepada pihak bank sebagai lembaga pembiayaan atas resiko kegagalan dalam melunasi kredit atau pinjaman tunai. Jenis – jenis asuransi kredit diantaranya:

  • Asuransi kredit modal kerja (KMK) untuk proyek konstruksi atau non konstruksi.
  • Asuransi KMK umum revolving.
  • Asuransi KMK umum aplofend.
  • Asuransi kredit investasi.
  • Asuransi kredit micro kepada lembaga keuangan.
  • Asuransi kredit ketahanan pangan dan energi.
  • Asuransi kredit pemilikan rumah (KPR).
  • Asuransi kredit micro pola chanelling.

D. Jenis-Jenis Asuransi Umum

Asuransi umum merupakan proteksi terhadap resiko kerugian yang menimpa harta benda yang dimiliki atas peristiwa yang tidak bisa diprediksi. Seperti kerusakan, kebobolan ataupun hal lainnya. Jenis – jenis asuransi umum diantaranya:

  • Asuransi kendaraan bermotor, merupakan proteksi terhadap kendaraan bermotor atas kerugian, keusakan dan kehilangan.
  • Asuransi kebakaran rumah, merupakan proteksi rumah dari peristiwa kebakaran yang tidak bisa diprediksi.
  • Asuransi kemalingan, merupakan asuransi umum yang berfungsi untuk memproteksi rumah dengan pergantian kerugian akibat kemalingan atau aksi penncurian.

E. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan merupakan proteksi terhadap kendaraan dari kerugian, kerusakan dan kehilangan. Asuransi ini sebenarnya masih termasuk jenis asuransi umum.

Asuransi kendaraan juga bisa menanggung atas cedera orang lain atau terhadap kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan oleh si tertanggung (anggota asuransi).

F. Asuransi Rumah

Sebagai aset yang sangat berharga rumah sudah sepantasnya kita berikan proteksi. Dengan memiliki asuransi properti maka kita akan mendapatkan pertanggungan kehilangan atau kerusakan yang mungkin bisa saja terjadi.

G. Asuransi Pendidikan

Diantara jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia, asuransi pendidikan merupakan salah satu asuransi yang paling populer.

Asuransi pendidikan merupakan salah satu cara mempersiapkan masa depan dengan baik terutama bagi pendidikan anak.

Premi yang harus dibayar setiap bulannya berbeda-beda tergantung tingkatan pendidikan yang dipilih oleh ter tanggung.

H. Asuransi bisnis

Asuransi bisnis merupakan proteksi terhadap kerusakan, kehilangan, kerugian dalam jumlah yang besar ayng mungkin bisa di alami dan terjadi pada bisnis seseorang atau suatu badan usaha tertentu.

Beberapa hal yang menjadi tanggungan pihak asuransi diantaranya seperti kebakaran, gempa bumi,ledakan, banjir, dan lain sebagainya.

I. Asuransi Kelautan

Asuransi ini bertujuan untuk memberikan proteksi terhadap pengangkut atau kargo serta pemilik perusahaan kelautan.

J. Asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang akan memberikan proteksi selama berada di perjalanan. Asuransi ini tergolong asuransi berjangka pendek, karena hanya akan memberikan proteksi kepada ter tanggung hingga ia kembali pulang dari perjalanannya.

Manfaat JenisAsuransi

Dengan memahami jenis – jenis asuransi diatas, maka sudah dipastikan bahwa asuransi memang memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk melindungi berbagai hal yang tidak bisa kita prediksi kapan akan terjadinya.

A. Memberikan Ketenangan

Asuransi dapat memberikan ketengan kepada siapa saja yang menggunakannya. Karena secara financial, semua risiko anggota yang menggunakan asuransi akan di tanggung secara penuh dari berbagai risiko yang akan dihadapinya sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih.

B. Terhindar Dari Risiko

Risiko akan di minimalisir jika anda menggunakan asuransi. Apapun yang terjadi dengan dengan anda maka semau risiko tidak akan anda tanggung sendirian melainkan oleh pihak asuransi secara langsung.

C. Meminimalisir Kerugian

Secara financial anda akan terhindar dari semua risiko apapun. Pihak asuransi akan melakukan penggantian kerugian yang bisa anda alami saat anda mengalami hal yang tidak di inginkan.

D. Memiliki Tabungan Tak Terduga

Asuransi bukan hanya berfungsi sebagai proteksi saja, melainkan juga sebagai tabungan. Anda bisa memiliki tabungan yang tidak terduga sama sekali.

Nah itulah beberapa jenis-jenis asuransi dan manfaatnya bagi para anggota yang menggunakannya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.