3 Fungsi Rak Server, Ukuran dan Harganya yang Mungkin Belum Anda Tahu

Ketika suatu perusahaan telah tumbuh dan mempunyai server kecil, maka sangat disarankan untuk menggunakan rack server. Meskipun harga rack server cenderung tinggi, tetapi sebanding dengan fungsinya yang sangat besar. Dengan menggunakan rack server, maka penggunaan server pun semakin optimal, termasuk memudahkan dalam proses pemeliharaan serta meningkatkan keamanan. Fungsi rak server ini sangat penting sekali, bahkan merupakan bagian paling vital.

Fungsi Rack Server

Harga rack server sangat beragam. Mulai dari 5 jutaan sampai 9 jutaan rupiah. Biasanya, perbedaan harga dipengaruhi oleh tipe dan ukuran yang beragam. Rack server memang cenderung mahal, tetapi, Anda akan mempertimbangkan kata “mahal” tersebut apabila mengerti fungsinya. 

Nah, adapun fungsi dari rack server diantaranya :

Meningkatkan Keamanan Server

Fungsi rack server yang pertama adalah untuk meningkatkan keamanan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti pencurian atau perusakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Mengoptimalkan Kinerja Server

Hal yang mungkin terjadi pada server adalah terganggunya aliran udara sehingga akan memberi panas yang berlebihan. Dengan suhu tinggi tersebut, maka server bisa mengalami penurunan kinerja. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan rack server berkualitas yang dilengkapi dengan pendinginan.

Menjaga Ketahanan Server

Salah satu fungsi rak server adalah untuk menjaga ketahanan server. Server akan lebih mudah diakses apabila dilengkapi dengan rack server. Sehingga, apabila terjadi suatu masalah, Anda pun akan lebih mudah dalam mengakses serta menyelesaikan masalah tersebut.

Rack server juga bisa memuat beberapa perangkat jaringan. Sehingga, bisa mengurangi ruang yang terpakai dari lantai. Nantinya, konfigurasi rack bermanfaat dalam menyederhanakan pemasangan kabel dari komponen jaringan lainnya. 

Ukuran dan Desain Rack Server

Selain ditentukan dari tipe-nya, harga rack server juga dipengaruhi oleh ukurannya. Ada standar tersendiri untuk menentukan ukuran dari rack server. Dalam dunia rack server, ukuran ini dikenal dengan U yang merupakan singkatan dari unit dimension (W x H x D). Biasanya, pada rack server juga dilengkapi informasi mengenai daya tampung maksimalnya.

Beberapa jenis ukuran rack server yang dapat Anda temui diantaranya 1U, 2U, 3U, 4U, 5U, 6U, dan 7U. Meskipun sistem memiliki pengaturan server lebih dari dua unit ataupun lebih, tetap dapat ditata secara baik serta rapi. Rackmount ini biasanya dipakai oleh institusi dengan fungsionalitas server yang berbeda. 

Sedangkan desain yang dapat Anda pilih diantaranya closed rack, open rack, dan wallmount rack. Closed rack adalah tipe rak yang tertutup serta dilengkapi adanya ventilasi double roof fan. Bahan penutup pintunya adalah metal galvanis yang kaku dan kuat. Jenis rak ini bisa menahan beban hingga 50 kg lebih.

Open rack adalah tip yang lebih sederhana. Meski begitu, penempatan peralatan jaringannya bisa dilakukan dengan sederhana dan tertata. Tipe ini memungkinkan harganya yang lebih murah ketimbang yang lain. Tipe rack server yang satu ini cocok untuk perusahaan kecil.

Rack server wallmount ini dapat menyimpan semua peralatan networking laiknya modem, switch hub, dan sebagainya. Biasanya, terdiri atas 1 pintu ataupun 2 pintu. Komponen yang perlu Anda perhatikan adalah adanya cooling system untuk mendinginkan server.

Beberapa Rekomendasi Harga Rack Server Murah

Dalam memilih rack server, Anda perlu memperhatikan kebutuhan. Biasanya, harga rack server akan mengikuti desain serta ukurannya. Nah, sebagai referensi untuk pemilihan rack server, berikut ada beberapa rekomendasi yang tersedia di kedaitekno.com. Langsung saja, cek di bawah ini:

  1. Harga Rack Server 42U dari Indorack : Rp 9.663.000,-
  2. Harga Rack Server 32U dari Success Rack : Rp 8.020.000,-
  3. Harga Rack 42U dari Success Rack : Rp 9.435.000,
  4. Harga Rack 20U dari Success Rack : Rp 5.547.000,-
  5. Harga Rack 20U dari Success Rack : Rp 6.041.000,-
  6. Harga Rack Server 32U dari Success Rack : Rp 7.384.000,-

Nah itulah beberapa fungsi rak server, ukuran dan juga harganya yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan budget dan kebutuhan.