cara membuat surat pengunduran diri
Company

Format, Contoh dan Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Diposting pada

Namanya kerja di perusahaan orang, rasa tidak nyaman kerap kali di alami oleh setiap karyawan. Saya pun demikian saat saya menjadi karyawan, bahkan mungkin sahabat pedi yang sedang baca artikel ini pun saya yakin sedang merasakan hal yang sama. Dari ketidak nyamanan itulah akhirnya kita memutuskan untuk resign atau keluar kerja. Tapi sebelum sahabat pedi memutuskan keluar kerja, pastikan bahwa sahabat pedi sudah tahu bagaimana cara membuat surat pengunduran diri.

Karena kita tidak bisa keluar dari sebuah perusahaan begitu saja. Kita datang melamar kerja ke perusahaan tersebut dengan itikad baik, maka keluar kerjapun harus dengan cara yang baik.

Nah maka dari itu, sebelum sahabat pedi keluar kerja buatlah surat resign dan minta persetujuan atasannya. Perusahaan biasanya memiliki prosedur tersendiri menyikapi keluarnya seorang karyawan.

Di mana perusahaan memiliki kewajiban yang harus di berikan kepada karyawan berupa semua upah yang belum di bayarkan dan kewajiban lainnya.

Di samping itu, sahabat pedi sebagai karyawanpun memiliki kewajiban terhadap perusahaan berupa kewajiban kerja yang harus di tuntaskan sebelum keluar kerja. Sehingga tidak ada pekerjaan yang belum tuntas saat sahabat pedi meninggalkan perusahaan.

Kenapa harus membuat surat resign

Bukan tanpa alasan, membuat surat resign atau surat pengunduran memang harus dilakukan jika sahabat pedi bekerja di suatu perusahaan.

Selain cara membuat surat pengunduran diri yang mudah, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa sahabat pedi harus membuat surat pengunduran diri:

  1. Menunjukan profesinalitas kinerja
  2. Mempermudah untuk mendapatkan parklaring
  3. Mengikuti prosedur perusahaan
  4. Menunjukan citra diri yang bagus
  5. Agar bisa mempermudah sahabat pedi dimana jika ingin kembali lagi ke perusahaan tersebut, maka pihak perusahaan akan terbuka menerima dengan baik
  6. Agar pihak perusahaan tahu alasan resign
  7. Mempermudah mendapatkan hak dari perusahaan sebelu keluar kerja



Beberapa hal yg harus ada di surat resign

Ketika sahabat pedi membuat surat pengunduran diri, ada beberapa hal yang harus sahabat pedi perhatikan dan harus di cantumkan kedalam surat resign.

Nah beberapa komponen yang harus di perhatikan dan harus ada pada surat pengunduran diri tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Alasan keluar kerja, hal pertama yang harus sahabat pedi masukkan ke dalam surat pengunduran diri adalah alasan resign. Sahabat pedi harus memberikan alasan mengundurkan diria tau resign dengan jelas, logis dan tidak dibuat-buat
  2. Ucapan terimakasih, sahabat pedi juga harus mengucapkan rasa terimakasih kepada pihak perusahaan yang sudah memberikan kesempatan untuk berkarir di perusahaan tersebut
  3. Kewajiban menyelesaikan tugas, sampaikan juga bahwa sahabat pedi sebelum resign atau mengundurkan diri sahabat pedi sudah menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik
  4. Tanggal mengundurkan diri, jangan lupa, sahabat pedi juga harus memasukkan tanggal mengundurkan dirinya. Biasanya pihak perusahaan memiliki kebijakan khusus untuk acc tanggal deal resign yang sahabat pedi ajukan kepada pihak perusahaan. Ada yang di ACC saat itu juga dan setuju dengan tanggal permintaan atau ada kebijkan tertentu atau tanggal resign di tentukan perusahaan



Format surat pengunduran diri

Cara membuat surat pengunduran diri memang mudah, akan tetapi sahabat pedi tidak bisa membuatnya secara asal-asalan. Surat pengunduran diri memiliki format khusus, karena termasuk kedalam salah satu jenis surat resmi.

Jadi ketika sahabat pedi membuat surat pengunduran diri, maka harus menggunakan format yang benar. Nah berikut ini adalah formatnya:

  1. Waktu dan tempat pembuatan surat pengunduran diri, pada umumnya berada di pojok kanan atas surat
  2. Nama dan alamat tujuan surat pengunduran diri, pada umumnya berada di sisi kiri atas
  3. Isi surat resign, termasuk alasan kenapa sahabt pedi mengundurkan diri
  4. Tanda tangan dan nama, pada umumnya di pojok kanan bawah
  5. Materai, pada umumnya menggunakan materai 6000

Baca Juga:1. Panduan membuat surat kuasa yang benar
2. Panduan membaut kop surat di Word



Cara membuat surat pengunduran diri

Setelah mengetahui format dan hal-hal yang haruss di cantumkan kedalam surat pengunduran diri, sekarang akan saya jelaskan langkah-langkah cara membuat surat pengunduran diri.

Untuk sahabat pedi yang ingin membuat surat pengunduran diri, berikut ini adalah panduan selengkapnya:

  1. Bagian header surat, tuliskan tanggal pembautan surat yagn kemudian enter satu kali dan isi dengan identitas secara jelas dan gamblang termasuk data sahabat pedi sebagai karyawan di perusahaan tersebut
  2. Tulis salam hormat, tuliskan salam hormat dengan baik seperti “kepada Yth bpak x/ibu Y
  3. Bagian isi, tuliskan isi surat pengunduran diri dengan baik, sampaikan alasannya kenapa sahabat pedi mengundurkan diri dari perusahaan tersebut
  4. Sampaikan ucapan terimakasih, tuliskan ucapan terimakasih kepada pihak perusahaan atas kesempatan kerja dan berkarir disana
  5. Sebutkan bahwa tugas yang diberikan sudah di selesaikan, tulisakan bahwa semua tugas anda di perusahaan sudah di selesaikan sesuai dengan kontrak kerja yang sudah di sepakati
  6. Bagian akhir isi surat, tuliskan tanggal resign sahabat pedi akan berhenti dari perusahaan tersebut agar di acc oleh pihak perusahaan
  7. Bagian akhir, masukkan tanda tangan dan nama dengan jelas



Contoh surat pengunduran diri sederhana

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa membuat surat pengunduran diri itu sangatlah mudah. Nah berikut ini saya berikan contoh cara membuat surat pengunduran diri karena sakit. Nah, dalam membuat surat resign dengan alasan sakit, sebaiknya sahabat pedi melampirkan surat keterangan dari pihak dokter.

Dalam surat keterangan doktertersebut di jelaskan mengenai kondisi kesehatan anda. Jadi pihak perusahaan dapat memakluminya, terlebih jika pihak perusahaan ada kepedulian biasanya mereka akan memberikan pesangon lebih untuk biaya pengobatan. Berikut adalah contoh selengkapnya:

Baca Juga:1. Persyaratan membuat NPWP bagi yang belum bekerja
2. Panduan membuat NPWP secara online



SURAT PENGUNDURAN DIRI

Bandung, 25 Mei 2019

Kepada Yth,

HRD Manager Windi Amalia

PT Theodore Pan Garmindo

Jl. Cirangrang Barat, No. 02 Margasuka Babakan Ciparay

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama                                                    : Mustakim

Alamat                                                  : Jl. Cirangrang Barat Gang Taruna 2, No.15 Margasuka, Kopo

Nomor Identitas Karyawan          : 124458

Melalui surat ini, secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai staf PPIC (Plan Production and Inventory Control) terhitung sejak 30 Mei 2019.

Keputusan ini saya ambil dikarenakan kondisi kesehatan yang tidak kunjung membaik dan tidak memungkinkan untuk memikul semua tugas pekerjaan. Surat pengunduran ini saya buat atas kehendak saya sendiri, tidak ada paksaan dari pihak manapun.



Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan  kerja yang diberikan oleh PT Thedore Pan Garmindo. Saya minta maaf apabila selama saya bekerja ada kesalahan yang saya buat.

Demikian surat pengunduran ini saya buat, harap maklum.

Terimakasih
Yang mengajukan    


Mustakim  

Nah itulah uraian mengenai format, contoh dan panduan cara membuat surat pengunduran diri lengkap dengan alasannya. Silahkan sahabat pedi ikuti caranya seperti pada penjelasan di atas.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action