film kartun yang mendidik
Film kartun edukatif | Carapedi.id

9 Film Kartun Yang Mendidik Dan Layak Di Tonton Anak-Anak

Diposting pada

Film kartun sangat identik dengan anak-anak, terkadang anak sangat mudah sekali meniru apa yang dia tonton dari film kartun tersebut. Sebagai orang tua kita harus pintar-pintar memilih kan film kartun tontonan nya. Karena ternyata tidak semua film kartun yang mendidik dan edukatif serta bagus jadi konsumsi tontonan anak-anak.

Di berbagai saluran televisi Indonesia, ada banyak sekali film kartun yang bagus dan edukatif untuk ditonton oleh anak-anak. Penasaran apa saja film kartun tersebut? berikut carapedi uraikan untuk anda.

Daftar film kartun yang mendidik dan edukatif untuk anak

  1. Film kartun Shrek. Siapa yang tidak tahu dengan film kartun yang satu ini. Film kartun yang di peran kan oleh sosok makhluk hijau besar ini cukup ternama di seluruh dunia hingga film ini dibuat ke dalam 3 seri. Selain seru untuk di tonton dengan menayangkan film yang lucu dan romantis. Dari film ini juga terselip pesan moral yang sangat bagus. Pesan moral tersebut adalah kita jangan menilai buruknya seseorang hanya karena dari rupa dan tampilan luarnya saja.
  2. Film kartun frozen. Salah satu film garapan walt disney ini cukup sukses merebut perhatian dunia. Banyak sekali hal menarik dan sangat inspiratif dari film frozen ini yaitu salah satunya adalah ketulusan cinta dan kasih sayang. Bukan hanya itu saja di film tersebut juga terdapat karakter olav (manusia salju) yang sangat ingin sekali menikmati musim panas. Secara logika salju akan meleleh ketika terkena panas namun olav tidak menghentikan mimpinya sampai pada akhirnya keinginannya diwujudkan oleh bantuan Elsa.
  3. Film kartun finding nemo. Film kartun yang satu ini cukup menggambarkan mengenai kasih sayang seorang ayah terhadap anaknya. Sosok ayah nemo dalam film tersebut sangat gigih sekali mencari nemo si ikan koi yang hilang. Sampai pada akhirnya mereka dipertemukan kembali setelah melalui berbagai halang rintang yang begitu berat.
  4. Film kartun dora the explorer. Film ini cocok sekali untuk anak-anak karena isinya memberikan banyak pemahaman mengenai warna, angka, alam dan lain sebagainya.
  5. Film kartun upin dan ipin. Film asal negeri jiran ini pun layak sekali disebut sebagai film kartun yang mendidik. Bagaimana tidak isi dari kartun ini banyak sekali pelajaran yang bisa kita seperti kerjasama dan kerukunan antar sesama. Meski berasal dari kalangan yang berbeda-beda.
  6. Film kartun toy story. Film kartun ini mengajarkan arti pertemanan dan solidaritas sesama teman. Saling bantu sesama teman dan pantang menyerah saat menemukan masalah.
  7. Film kartun the Incridibles. Film yang bercerita tentang keluarga pahlawan super ini sangat bagus jadi tontonan anak-anak. Film ini mengajarkan tentang kerjasama dalam keluarga dan kasih sayang orang tua. Film ini menggambarkan betapa pentingnya hidup penuh dengan keakraban dalam keluarga.
  8. Film kartun beauty and the beast. Film ini mengajarkan kita untuk selalu berbagai dan tidak se enaknya menggunakan kemampuan dan kelebihan yang kita miliki.
  9. Film kartun Tarzan. Film ini bercerita tentang anak manusia yang dipelihara dan dibesarkan oleh gorila. Film ini mengajarkan kita untuk tetap melestarikan hutan dan selalu melindungi hewan di dalamnya.

Kesimpulan

Ternyata beberapa film kartun yang ada di Indonesia banyak juga yang bagus dan layak untuk di tonton untuk anak-anak. Beberapa film kartun yang mendidik tersebut contohnya seperti uraian di atas.

Film kartun yang bagus dan layak untuk jadi tontonan anak-anak adalah film kartun yang memberikan nilai positif dab bagus untuk perkembangan psikologi anak. Film kartun yang bagus bukan hanya sekedar seru saja, karena jika demikian banyak film kartun tidak mendidik yang juga seru untuk di tonton namun tidak memiliki pesan positif. Justru malah merusak dan mengajarkan yang tidak baik untuk anak.