film kartun tidak mendidik
Ilustrasi film kartun | carapedi.id

12 Film Kartun Tidak Mendidik & Dilarang ditonton Anak

Diposting pada

Meski film kartu itu lucu dan menggemaskan, ternyata tidak semua film kartun itu edukatif dan baik untuk ditonton loh. Pihak KPI justru memberikan warning terhadap beberapa serial film kartun karena dianggap tidak pantas dan tidak layak untuk di tonton anak-anak. Film kartun tidak mendidik tersebut memang sekilas terlihat seru, namun jika di simak baik-baik justru bisa membahayakan psikologi anak.

Daftar film kartun tidak mendidik

Nah berikut adalah beberapa film kartun tidak mendidik yang sebaiknya anda jauhkan dari anak-anak:

  1. Film kartun happy tree friends. Film kartun yang satu ini memang sekilas tidak terlihat berbahaya bagi anak. Namun jika anda menyaksikan nya hingga akhir, maka anda akan melihat aksi kekerasan yang bahkan sangat tidak wajar bahkan tidak layak untuk jadi tontonan anak-anak. Berbagai aksi kekerasan hingga pemotongan anggota tubuh ada dalam film kartun tersebut.
  2. Film kartun the simpson. Film ini memang tidak begitu sadis namun film ini tidak layak di tonton karena ada unsur kekerasan seperti homer yang mencekik bart, homer yang selalu berbicara kasar dan bart yang bermain skateboard dengan bugil.
  3. Film kartun tom and jerry. Siapa sangka bahwa film ini tergolong kedalam film kartun tidak mendidik. Film kartun ini memang lucu jika di tonton oleh orang dewasa. Namun jika di tonton oleh anak-anak film ini menjadi tidak layak karena berbagai aksi kekerasan yang di tampilkan nya. Seperti memecahkan kaca, menggunakan senjata, hingga memukul dengan menggunakan benda keras dan tajam.
  4. Film kartun bima sakti. Film kartun yang sering di siarkan di stasiun televisi ANTV ini merupakan salah satu film yang tidak layak tonton. Karena di film tersebut mempertontonkan aksi perkelahian dan kekerasan.
  5. Selanjutnya….

  6. Film kartun crayon sincan. Film ini juga termasuk kedalam salah satu film kartun yang tidak layak tonton. Film tersebut mempertontonkan aksi kekerasan dimana sincan sering dipukuli oleh misae hingga benjol. Bahkan sincan suka menggoda wanita dan sering memperlihatkan auratnya.
  7. Film kartun family guy. Film ini merupakan film kartun yang berasal dari negara Amerika. Film ini menampilkan lelucon yang dianggap sebagai hal yang biasa dalam keluarga tersebut. Hingga pada akhirnya film tersebut dilarang di beberapa negara termasuk di Indonesia.
  8. Film kartun Ren and Stimpy. Ini merupakan salah satu film nickelodeon yang sangat tidak layak untuk ditonton anak-anak. Berbagai aksi kekerasan dalam film begitu jelas dipertontonkan. Film ini belum sempat masuk ke pertelevisian Indonesia, karena pihak nickelodeon pun memutuskan untuk tidak menyiarkan film ini.
  9. Film kartun Bugs Bunny Nips the Nips. Film ini dilarang karena mengandung unsur rasis terhadap orang Jepang.
  10. Film kartun Little Krishna. Kalo film kartun ini dilarang karena mempertontonkan aksi kekerasan. Dalam film kartun tersebut di tayang kan seorang anak kecil yang berkelahi dengan orang dewasa.
  11. Film kartun Chhota Bheem. Film ini dilarang karena terdapat unsur kekerasan yang melibatkan anak-anak.
  12. Film kartun Coal Black and de Sebben Dwarfs. Aksi rasis dan banyaknya tayangan pornografi dalam  film ini menjadikan film ini sangat tidak layak tonton untuk anak-anak.

Kesimpulan

Melihat dari uraian di atas, ternyata ada beberapa film kartun tidak mendidik yang pernah kita  tonton sebelumnya. Banyak film kartun yang memang tidak di tinjau secara baik sebelum tayang oleh pihak KPI. Namun beberapa film tersebut kini sudah tidak di tayang kan lagi di televisi Indonesia.