water pump bearing
Ilustrasi water pump bearing

Desain dan Kerusakan Water Pump Bearing

Diposting pada

Water pump adalah salah satu komponen dalam sistem pendingin. Pompa air ini berguna untuk mendinginkan mesin selama digunakan sehingga tidak terjadi over heating pada mesin. Biasanya water pump bearing ini memiliki dua baris bantalan bola atau satu bantalan bola dan satu baris bantalan rol.

Desain Water Pump Bearing

Water pump bearing tidak memiliki cincin dalam dan sebagai gantinya bantalan pompa ini memiliki jalur yang langsung terhubung antara mesin ke poros. Oleh sebab itu terdapat ruang tambahan untuk elemen bergulir dan memungkinkan memiliki kemampuan untuk membawa beban spesifik yang lebih tinggi. Bantalan pompa air ini dapat mendukung beban aksial dan beban radial yang besar.

Pelumasan yang dilakukan dengan baik dan penyegelan dilakukan untuk memastikan keandalan bantalan pompa  yang tinggi. Pada ujung-ujung porosnya biasanya melebihi cincin luar dikedua sisi.

Aplikasi Water Pump

Bantalan pompa air biasanya digunakan dalam aplikasi mesin otomotif, mesin kapal, truk, traktor,

Fungsi Water Pump

Pompa air berfungsi untuk memompa air agar air pendingin dapat bersikulasi dengan baik pada bagian-bagian mesin melalui water jacket. Water pump bearing ini tersambung dengan pulli yang berada di belakang kipas pendingin, dan pulli tersambung dengan v-belt sehingga putaran pompa air selaras dengan putaran mesin.

Kerusakan pada Water Pump

  • Karat

Karat ini dapat diakibatkan dari komponen kincir pendingin yang mengalami karat. Hal ini dapat mengakibatkan air pendingin juga akan membawa karat disirkulasikan. Jika air pendingin membawa karat, hal ini dapat berakibat kerusakan yang sama, yakni karatan pada bearing. Apabila bearing telah mengalami karatan, maka perputaran pompa air akan tersendat.

  • Over heating

Ketika pompa air mengalami kerusakan, maka dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin sebab pompa iar tidak dapat membawa air pendingin untuk bersikulasi dengan baik maka proses pendinginan menjadi kurang dan dapat mengakibatkan over heating.

  • Kebocoran

Jika terjadi karat pada pompa air dapat mengakibatkan bearing menjadi kocak dan menimbulkan suara bermasalah pada sistem pendingin. Selain itu karat yang terjadi pada rumah pompa air akan mengakibatkan kebocoran pada pendingin.

Cara Memeriksa dan Mengganti Water Pump

Sebelum mengalami kerusakan parah pada mesin, sebaiknya lakukan pengecekan pada water pump khususnya keandaraan mobil.

  • Indikasi pertama pada kerusakan water pump dapat diketahui melalui bunyi kasar yang berasal dari bagian mesin.
  • Indikasi kedua yang dapat diketahui adalah apakah terdapat tetesan air yang merembes dari mesin mobil.

Apabila Anda telah mengetahui indikasi kerusakan pada water pump kendaraan milik Anda, segera berikan penangan agar kerusakan tidak berlanjut menjadi fatal. Jika perlu dilakukan untuk mengganti water pump, segera lakukan, dan Anda bisa melakukannya sendiri. Berikut carany.

  • Kuras air radiator.
  • Lepaskan fan belt.
  • Lepaskan semua komponen yang terhubung dengan water pump.
  • Lepaskan baut yang mengikat water pump ke mesin.
  • Bersihkan permukaan mesin dan pastikan permukaan mesin rata sebelum water pump dipasang.
  • Pasang gasket yang baru pada water pump.
  • Kemudian isi kembali air radiatornya.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai water pump bearing. Semoga menambah informasi kamu ya.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action