Daihatsu Gran Max MB

Daihatsu Gran Max MB MPV Serbaguna untuk Keluarga dan Usaha

Diposting pada

Pabrikan otomotif Jepang, memperkenalkan salah satu produk kendaraan komersialnya, Daihatsu Hijet, pada 1960 sebagai pengganti truk forei. Model awal, Daihatsu menggunakan mesin dua tak dengan kapasitas 360 cc. Seiring waktu, peningkatan kapasitas mesin terus berlanjut.

Pada tahun 1976, mesin ditingkatkan menjadi 550 cc dan pada tahun 1990 kapasitas mesin menjadi 660 cc. Sementara itu, ada berbagai varian Daihatsu Hijet yang dijual di luar pasar Jepang, yang menggunakan mesin 1,0 liter dan 1,3 liter.

Sementara Daihatsu Gran Max MB adalah mobil dari pabrikan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk minibus dan pick up kecil di Indonesia. Diperkenalkan pada 2007 untuk menggantikan Daihatsu Zebra. nama Gran Max MB asalnya dari kata bahasa Inggris “Grand” & “Maximum” yang berarti mobil dengan kapasitas besar yang bermanfaat maksimal bagi penggunanya.

Daihatsu Gran Max MB MPV

Ulasan Daihatsu Gran Max MB di Indonesia

Daihatsu Gran Max memiliki konsep produk Kapasitas Tinggi, Keandalan Tinggi, dan Efisiensi Tinggi. Dengan Kapasitas Tinggi, Gran Max dirancang untuk memiliki kapasitas beban terbesar di kelasnya. Dalam hal Keandalan Tinggi, produk ini dirancang untuk mendukung kegiatan bisnis penggunanya dalam segala kondisi.

Dengan efisiensi tinggi, Gran Max MB memang dirancang dengan sangat detail dalam hal efisiensi, terutama dalam bahan bakar yang irit dan biaya perawatan yang rendah sehingga secara total akan memberikan penghematan finansial pada pengguna bisnis harga yang digunakan untuk Daihatsu gran max, termasuk yang terjangkau.

Gran Max menggunakan mesin yang telah diuji di dunia otomotif. Minibus dan pick up Daihatsu Gran Max memiliki dua pilihan mesin, yaitu 1.300 cc DOHC yang telah digunakan oleh Daihatsu Xenia dan 1.500 cc DOHC VVT-i yang juga digunakan oleh Daihatsu Terios. Berdasarkan hasil tes internal, Gran Max dapat digunakan untuk banjir setinggi 60cm.

Daihatsu Gran Max MB MPV

Mesin Daihatsu Gran Max MB

Daihatsu Gran Max MB mengusung kapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc, dengan tiga model diperkenalkan ke pasar, yaitu minibus, pick-up, blind van, dan box. Untuk mesin 1.300 cc, DOHC tipe K3-DE dicangkokkan, didinginkan dengan air, 4 silinder segaris 16 katup.

Tenaga maksimum yang bisa dilepas mencapai 88 PS pada 6.000 rpm, dengan torsi mencapai 11,7 kg pada 4.400 rpm. Sistem pasokan bahan bakar yang digunakan adalah Injeksi Bahan Bakar, sehingga lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Sedangkan untuk mesin 1.500 cc, mesin tipe 3SZ-VE, DOHC VVTi berpendingin air, 4 silinder segaris dengan 16 katup. Tenaga yang dapat disampaikan mencapai 97 PS pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimum mencapai 13,7 kg pada 4.400 rpm. Sistem bahan bakar juga menggunakan teknologi Injeksi Bahan Bakar. Untuk transmisi, hanya tipe manual 5-kecepatan yang disediakan.

Karakteristik Daihatsu Gran Max MB

Daihatsu Gran Max MB MPV

Karakteristik Daihatsu Gran Max MB adalah kendaraan komersial dengan model semi bonnet. Dengan kapasitas mesin yang tidak terlalu besar, Gran Max cukup irit dalam mengkonsumsi bahan bakar. Performa Gran Max juga terkenal tangguh, baik ketika melibas jalanan yang menanjak dan juga kondisi yang tidak menguntungkan. Selain itu, Gran Max juga cukup terkenal sebagai kendaraan dengan kapasitas kabin yang sangat besar, sehingga dapat mengangkut penumpang hingga 11 orang.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action