Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla, Mobil Kecil Andalan Keluarga Muda

Diposting pada

Mobil berukuran kecil atau berdimensi kompak sering menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia. Karena kepadatan ibu kota Jakarta dan jalan yang sempit membuat city car dapat dengan mudah melibas berbagai medan perkotaan tanpa masalah yang berarti.

Selain itu, konsumsi bahan bakar city car juga merupakan salah satu yang terbaik di antara jenis mobil lainnya. Salah satu city car yang sekarang digemari oleh masyarakat Indonesia khususnya anak muda adalah Daihatsu Ayla. Yap, mobil yang masuk skema LCGC oleh Pemerintah Indonesia telah menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia.

Daihatsu Ayla

Sejarah Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla pertama kali diluncurkan pada 2013 lalu. Ayla lahir bersama dengan Toyota Agya yang merupakan saudara kembarnya. Ayla dan Agya sebenarnya sama, karena produk ini merupakan produk kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu.

Mobil yang lahir di pabrik Karawang, Jawa Barat, adalah mobil yang pangkalannya diambil dari Daihatsu Mira. Daihatsu kemudian melakukan perancangan dan memproduksi mobil ini, yang kemudian dijual sebagai Daihatsu Ayla.

Ayla ini pertama kali diluncurkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 dan pertama kali dijual pada 9 September 2013 lalu. Lumayan, sudah 5 tahun jika dihitung hingga 2018.

Desain Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla

Secara desain, mobil ini tidak memiliki perbedaan yang cukup jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Beberapa perubahan hanya terjadi di wajah depan dan belakang mobil ini. Di bagian depan, lampu depan kini telah menerapkan LED dengan desain lampu baru.

Daihatsu Ayla terbaru ini memberi kesan yang sporty dan terlihat agresif dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Bumper depan juga terlihat lebih kencang dibandingkan versi sebelum facelift.

Oh ya, gril dengan aksen krom juga menambah kesan mewah city car ini. Sekarang di bagian bawah bemper ada dua lampu kabut yang menggunakan model LED. Perubahan yang dialami oleh ini membuat Ayla generasi terbaru lebih baik dari versi yang lama.

Di samping, hampir sama dengan versi sebelumnya kecuali bahwa velg yang digunakan sekarang terlihat lebih menarik dengan perpaduan warna nada ganda dalam hitam dan perak.

Bagian belakang yang menurut kami jauh lebih menarik dibandingkan versi sebelumnya. Jika versi sebelumnya bagian belakang mobil ini terlihat monoton, tetapi pada generasi terbaru ini desain belakang terlihat lebih sporty dan sangat keren. Sejujurnya, kami lebih suka desain belakang mobil ini dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Pada model terbaru ini Ayla benar-benar terlihat sporty dari belakang. Bagaimanapun, desain lampu belakang telah berubah, menjadi lebih dingin dari generasi sebelumnya.

Interior Daihatsu Ayla

Setelah membahas eksterior, bagaimana dengan interiornya? Hanya head unit, kursi, setir dan trim yang berbeda. Selebihnya tidak ada perubahan signifikan dari mobil ini. Interiornya masih sama dengan versi yang lama, hanya saja sekarang ia memiliki unit kepala layar sentuh 2DIN yang membuatnya lebih modern.

Tampilan speedometer juga masih menggunakan model lama, hanya setir yang diberi tombol pengaturan tambahan untuk audio dari head unit. Tombol ac, tombol kaca spion, lubang ac semuanya sama. Kursi sekarang terlihat seperti kursi balap dengan potongan-potongan yang menurut kami keren juga. Trim pintu juga menggunakan warna yang cocok dengan jok, tidak lagi hitam seperti versi lama.

Soal ruang penyimpanan, mobil ini masih memiliki banyak ruang penyimpanan. Ada di pintu, kotak sarung tangan, dekat setir, di bawah dashboard, dan konsol tengah dekat dengan rem tangan.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action