cara transfer uang lewat atm bri
Gambar ilustrasi BRI

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI Ke BRI & Bank Lain

Diposting pada

Bagi anda yang baru pertama kali menggunakan kartu ATM BRI, pasti sedikit kebingungan ketika akan melakukan transfer sejumlah uang. Baik transfer melalui mesin ATM, HP ataupun internet banking BRI. Maka dari itu, cara transfer uang lewat atm BRI ini perlu anda ketahui terlebih dahulu.

Transfer uang ini penting untuk di ketahui karena dapat mempermudah transaksi pengiriman uang. Baik untuk melakukan pembayaran tagihan, transaksi bisnis ataupun hanya untuk sekedar berbagi uang kepada keluarga bisa dilakukan dengan transfer melalui ATM, handphone ataupun internet banking BRI.

Jika dulu melakukan pengeiriman uang harus dilakukan secara manual melalui teller bank BRI, beda lagi dengan jaman sekarang.

Dengan bantuan teknologi yang canggih, kini melakukan transfer atau pengiriman uang tak lagi sesusah dulu. Saat ini pengiriman uang bisa dilakukan dengan menggunakan kartu ATM, melalui handphone bahkan dengan menggunakan internet banking. Jadi anda tidak perlu lagi cape – cape ngantri di teller untuk melakukan transfer uang.

Namun bagi anda yang belum mengetahui cara transfer uang lewat ATM bri, lewat handphone ataupun menggunakan internet banking BRI. Silahkan anda simak uraian ini sampai selesai.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI Dengan Mudah

Ketika anda pertama kali mendaftar sebagai nasabah bank BRI, atau pertama kali anda menabung di bank BRI. Selain mendapatkan buku tabungan, anda juga akan diberi kartu ATM BRI.

Kartu ini bisa anda  gunakan untuk bertransaksi di mesin ATM. Dengan kartu ATM ini anda bisa melakukan cek saldo tabungan BRI, daftar menggunakan internet banking BRI, transfer uang tunai dan lain sebagainya.

Namun, sebelum anda melakukan transfer, perhatikan dulu kemana anda akan mengirim uang tersebut. Apakah ke rekeing BRI lagi atau ke rekening bank lain. Karena beda bank yang dituju beda pula cara transfernya.

Jika anda ingin melakukan transfer ke sesama bank BRI silahkan anda ikuti langkah langkah cara transfer uang uang lewat ATM BRI ke sesama BRI berikut ini:

Cara transfer uang lewat ATM BRI ke sesama BRI

  1. Kunjungi ATM BRI terdekat.

    Kunjungi ATM BRI terdekat dari rumah atau kos – kosan anda. Jangan lupa bawa kartu ATM nya.

  2. Masukan kartu ATM ke mesin ATM BRI

    cara transfer uang lewat atm bri
    Masukan kartu ATM ke mesin ATM BRI

    Setelah sampai di ATM silahkan anda masukan kartu ATM ke mesin ATM seperti pada gambar di atas. Perhatikan posisi kartu ATM jangan sampai salah posisi, karena jika salah kartu ATM anda tidak bisa dikeluarkan lagi.

  3. Pilih bahasa

    cara transfer uang lewat atm bri
    Pilih basaha di ATM

    Pilih basaha yang anda inginkan untuk memandu anda bertransaksi di ATM. Ada dua pilihan bahasa yang disediakan oleh ATM BRI yaitu bahsaa Indonesia dan bahasa Inggris.

  4. Pilih lanjutkan

    cara transfer uang lewat atm bri
    Klik lanjutkan

    Setelah anda memilih bahasa yang anda inginkan, mesin ATM akan memberikan sedikit penjelasan mengenai keamanan bertransaksi via mesin ATM. Untuk melanjutkan transaksi tekan tombol “lanjutkan“.

  5. Masukan PIN ATM BRI

    cara transfer uang lewat atm bri
    Masukan PIN ATM BRI

    ATM akan meminta PIN kartu ATM anda, silahkan input PIN ATM anda menggunakan tombol angka yang berada di mesin ATM.

  6. Pilih Transaksi lain

    cara transfer uang lewat atm bri
    Pilih transaksi lain

    Setelah anda memasukan PIN ATM, anda akan di hadapkan dengan berbagai pilihan menu. Seperti nominal penarikan uang tunai  dan menu lain. Untuk melakukan transfer silahkan anda klik pada menu “transaksi lain“.

  7. Pilih Transfer

    cara transfer uang lewat atm bri
    Pilih transfer

    Anda akan di hadapkan lagi dengan berbagai transaksi lain di ATM BRI. Klik pada menu transfer jika anda ingin melakukan transfer.

  8. Pilih BRI

    cara transfer uang lewat atm bri
    Pilih BRI

    Pada menu transfer anda akan di hadapkan dengan 2 pilihan, yaitu BRI dan bank lain. Kali ini kita akan melakukan transfer ke sesama BRI jadi kita pilih menu “BRI“.

  9. Masuk nomor rekening

    cara transfer uang lewat atm bri
    Masukan nomor rekening BRI tujuan transfer

    Masukan nomor rekening tujuan transfer, input dengan menggunakan nomor yang berada di mesin ATM.

  10. Pilih benar

    cara transfer uang lewat atm bri
    Pilih benar

    Tekan tombol “benar” pada mesin ATM jika nomor rekening yang anda input sudah benar.

  11. Masukan jumlah transfer

    cara transfer uang lewat atm bri
    Masukan nominal uang yang akan di transfer

    Masukan nominal uang yang akan di transfer dengan menggunakan tombol yang berada pada mesin ATM. Kemudian tekan benar jika nominal transfer anda dirasa sudah benar.

  12. Klik ya

    cara transfer uang lewat atm bri
    Klik ya

    ATM BRI akan memberikan informasi seputar nama, nomor rekening, rekening tujuan transfer serta jumlah uang yang di transfer. Klik ya, jika informasi tersebut sesuai dengan yang anda maksud.

  13. Tunggu Proses transfer selesai

    cara transfer uang lewat atm bri
    Tunggu proses transfer selesai

    Mesin ATM BRI akan memproses transfer uang dan akan meneruskannya ke rekening tujuan anda.

Cara transfer uang lewat ATM BRI ke bank lain

Setelah anda mengetahui cara transfer ke sesama BRI. Anda juga harus tahu bagaimana cara transfer uang lewat atm bri ke bank lain. 

Cara transfer dari BRI ke bank lainnya memiliki sedikit perbedaan dengan transfer ke sesama BRI. Namun, untuk langkah 1 sampai dengan langkah 7 di atas sama saja.

Jadi untuk melakukan transfer ke bank lain anda lakukan sama seperti pada langkah 1 sampai denga langkah 7 di atas. Kemudian selanjutnya ikuti lagkah berikut ini:

  1. Pilih bank lain

    cara transfer uang lewat atm bri
    Pilih bank lain

    Jika anda ingin melakukan transfer ke bank lain, silahkan anda pilih pada menu “bank lain“.

  2. Masukan kode bank

    cara transfer uang lewat atm bri
    Masukan kode bank yang akan di transfer

    Mesin ATM akan meminta kode bank yang  akan anda tuju, input kode bank menggunakan nomor yang ada pada mesin ATM. Jika anda  tidak mengetahui kode bank yang akan anda transfer, silahkan anda pencet menu “daftar kode bank“. Disana anda akan menemukan berbagai kode bank yang ada di Indonesia. Cari dan masukan kode bank tujuan anda.

  3. Masukan Nomor rekening tujuan

    cara transfer uang lewat atm bri
    Masukan nomor rekening tujuan

    Masukan nomor rekening tujuan yang akan anda transfer dengan di ikuti oleh nomor kode bank di bagian depan sebelum nomor rekening tujuannya. Kemudian klik tombol “benar“.

  4. Masukan jumlah transfer

    cara transfer uang lewat atm bri
    Masukan nominal transfer

    Masukan nominal uang yang akan anda transfer ke nomor rekening tersebut menggunakan tombol angka yang berada pada mesin ATM. Jika nominal uang yang di input sudah benar, klik tombol “benar“.

  5. Masukan nomor referensi
    cara transfer uang lewat atm bri
    Masukan nomor referensi

    Masukan nomor referensi bila anda memiliki nomor referensi, namun bila tidak ada klik saja tombol “benar” untuk melanjutkan transaksi ( no. referensi dikosongkan ). Tunggu transaksi anda di proses.

  6. Klik ya

    cara transfer uang lewat atm bri
    Klik ya

    Setelah transaksi anda di proses, mesin ATM BRI akan menampilkan data transaksi anda berupa nomor rekening tujuan, nama pemilik rekening tujuan transfer dan nominal transfer. Klik ya jika data tersebut sesuai dengan data tujuan transfer anda.

  7. Tunggu proses transaksi selesai

    cara transfer uang lewat atm bri
    Tunggu proses transfer selesai

Kesimpulan

Nah, begitulah cara transfer uang lewat atm BRI, cukup mudah bukan?. sekarang anda tidak perlu bingung – bingung lagi. Mau transfer ke sesama rekeing BRI ataupun ke bank lain perbedaannya hanyalah pada kode bank nya.

Jika anda melakukan transfer ke sesama BRI, anda tidak perlu menggunakan kode bank. Tapi jika anda akan melakukan transfer ke bank lain maka anda harus menginput nomor rekeng disertai dengan kode bank tujuan transfer.

Untuk mengetahui kode bank yang akan anda transfer, anda cukup pencet tombol “kode daftar bank” pada mesin ATM ketika akan memasukan nomor rekening tujuan transfer.

Selengkapnya anda bisa melihat pada cuplikan video berikut ini:

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.