cara setting yoast seo

Cara Setting Yoast Seo, Bloggers Wajib Tahu Nih

Diposting pada

Bagi seorang blogger yang memang sudah jago dan terbiasa dengan kehidupan dunia bogging. Cara setting yoast seo mungkin bukan lagi merupakan hal yang sulit. Beda halnya jika hal tersebut di hadapkan kepada orang yang baru mengenal dunia blog seperti saya. Bahkan untuk mengerti “apa itu yoast seo” saja butuh waktu hingga berhari – hari.

Yoast seo merupakan sebuah plugin yang berfungsi untuk optimasi on page seo situs wordpress. Sehingga kinerja situs wordpress tersebut bisa maksimal di hasil search engine.

Plugin yoast seo ini memang bukanlah plugin yang wajib diinstal pada situs anda. Jika anda sudah paham mengenai cara kerja seo dan website, maka anda sama sekali tidak membutuhkan ini.

Tapi jika anda adalah seorang pemula seperti saya, maka sebaiknya anda gunakan yoast seo untuk membantu memaksimalkan kinerja blog.

Kesalahan Pemula Terhadap Yoast Seo

Dalam penggunaanya terkadang banyak blogger terutama blogger pemula yang salah arti ketika menggunakan yoast seo, termasuk saya dulu.

Tak sedikit blogger baru yang beranggapan bahwa dengan menginstal plugin yoast di situs mereka, dapat menaikan rangking situs di SERP ( search Engine Result Page ). Padahal kenyataannya tidak seperti itu.

Pada dasarnya plugin yoast seo ini hanya befungsi untuk memaksimalkan kinerja situs wordpress anda saja. Bukan untuk mendapatkan rangking 1 Google.

Jadi jangan heran bila setelah anda menginstal plugin yoast seo ini, rangking situs anda tidak naik – naik. Karena perlu anda pahami bahwa yoast seo hanya salah satu dari sekian banyak teknik seo.

Fitur – Fitur Yang Dimiliki Yoast SEO

Menurut saya plugin seo yang paling komplit dan rekomended untuk digunakan khususnya untuk blogger pemula adalah yoast seo. Alasannya cukup sederhana, selain memiliki fitur yang lengkap, yoast seo juga mudah di gunakan bahkan oleh blogger pemula. Ditambah lagi sudah banyak sekali yang menggunakan plugin ini.

Jadi walaupun anda kesulitan menggunakkannya, anda tidak akan kebingungan mencari tutorialnya. Anda tinggal ketikan “cara setting yoast seo ala carapedi” di Google maka akan muncul banyak blogger yang membahas tentang itu.

Dan berikut ini adalah fitur – fitur yang tersedia di plugin yoast seo tersebut:

  1. Memiliki konfigurasi meta robot.
  2. Memiliki XML sitemap.
  3. Tersedia verivikasi web master tools seperti Google, Bing, Yandex dan Baidu.
  4. Memiliki breadcrumbs.
  5. Permalink.
  6. Tersedia metarobot.
  7. Memiliki Google snippet.
  8. Tersedia fitur analisis, Dan
  9. Mampu mengubah seo title dan meta deskription pada tiap – tiap postingan.

Instal Plugin Yoast SEO

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin yoast seo. Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas mengenai cara instal plugin di wordpress. Silahkan and abaca terlebih dahulu sebellum melanutkan agar lebih paham.

Namun secara singkat dan sederhanaya seperti ini:

  1. Login ke dasboard situs wordpress anda.
  2. Pilih menu plugin.
  3. Kemudian pilih dan klik  menu “add new“.
  4. Cari plugin “yoast seo” dengan mengetikannya pada kolom pencarian plugin.
  5. Klik “instal”.
  6. Tunggu hingga proses istalasi plugin selesai.
  7. Setelah selesai klik “activate”, atau “aktifkan”.

Cara Setting Yoast SEO

Cara setting yoast seo sebenarnya sangat mudah sekali. Namun bagi para pemula hal ini mungkin cukup merepotkan. Bukan masalah tingkat kesulitannya, namanya orang yang baru mengenal sesuatu pasti harus sedikit berhati – hati agar tidak salah kaprah.

Pada dasarnya melakukan pengaturan yoast seo itu terbagi 2 tahap. Yaitu setting dasar ketika setelah selesai di instal dan pengaturan ketika akan posting artikel. Secara lengkap langkah – demi langkahnya saya uraikan sebagai berikut:

A. Setting General

Langkah pertama seting yoast seo adalah pada bagian menu general. Oh iya, ketika saya buat artikel ini yoast seo yang saya gunakan adalah yoast seo update bulan juli 2018 jadi ketika tampilan yoast seo anda berbeda dengan tutorial ini wajar saja. Karena saya lihat beberapa tutorial para master juga tampilannya beda dengan punya saya.

Pada bagian general ini anda akan di hadapkan dengan berbagai pilihan menu seperti:

  • Dashboard.
  • Features.
  • Webmaster tools.

Oke kita bahas satu persatu.

  1. Dashboard

    Bagian dashbboard ini hanya merupakan bagian halaman depan saja. Tidak berisikan hal – hal yang penting dan tidak ada pengaturan yang bisa anda lakukan dibagian ini. Silahkan llanjutkan ke menu berikutnya.

  2. Features

    cara setting yoast seo
    Ilustrrasi setting yoast seo | Carapedi.id

    Pada bagian ini anda akan di hadapkan denan beberapa settingan halaman seperti:

    • SEO analisis.
    • Redability analisis.
    •  Cornerstone content.
    • Text link counter.
    • XML sitemaps.
    • Ryte integration.
    • Admin bar menu.
    • Security: no advanced settings for authors.Untuk melakukan pengaturan pada menu features ini, anda cukup mengaktifkannya saja pada tombol advance setting. Setelah itu klik pada tombol save.
  3. Webmaster tools

    cara setting yoast seo
    Ilustrasi setting yost seo | carapedi.id

    Ini merupakan bagian penting dari pengaturan yoast seo. Anda tentu pernah mendengar mengenai beberapa mesin telusur seperti Google, Bing, Yandex dan Baidu. Nah dengan menggunakan webmaster tools ini maka anda bisa menambahkan situs anda ke mesin telusur tersebut.Dengan webmaster tools anda bisa mengawasi kondisi situs anda di mesin telusur apakah berjalan dengan baik atau tidak.

    Nah, pada halaman webmaster tools yoast seo ini anda hanya perlu memasukan nomor verivikasi yang diberikan oleh setiap mesin telusur.

    Untuk melakukan verivikasi website anda harus menambahkan kode traking dari webmaster tools ke situs anda.

B. Setting Appearance

Cara setting yoast seo selanjutnya adalah dengan mengatur halaman appearance. Halaman ini digunakan untuk mengatur tampilan situs anda di SERP ( Search Engine Result Page ).

  1. General

    Pada menu ini anda bisa mengatur jenis pembatas antara judul postingan dan nama blog atau website anda. Pilih jenis simbol pembatas judul website  anda sesuai dengan yang anda inginkan.

    cara setting yoast seo
    Ilustrasi Yoast seo | Carapedi.id
    cara setting yoast seo
    Yoast SEO

    Namun, selain anda bisa memilih jenis pembatas judul website, anda juga bisa mengisi informasi situs anda. Seperti, mewakili siapakah blog atau situs anda tersebut?. Blog pribadi ( personal ) atau perusahaan ( company ). Anda bisa menambahkan nama d an logo situs anda. Jika sudah anda atur silahkan anda klik simpan ( save ).

  2. Content Types

    Menu ini digunakan untuk mengatur setiap post website anda. Seperti apakah anda ingin menampilkan situs anda di search result, date in snippet preview dan yoast SEO meta box. Selain itu anda juga menampilkan meta description otomatis pada setiap postingannya. Silahkan anda isi pada kolo meta description.

    cara setting yoast seo
    Yoast SEO
  3. Media

    Halaman ini digunakan untuk mengatur link URL media gambar atau vidio. Saran saya gunakan mode ini ke mode “yes”.

    cara setting yoast seo
    Ilustrasi pengaturan yoast seo
  4. Taxonomies

    Pada menu ini anda bisa mengatur untuk memilih untuk menampilkan atau menyembuyikan kategori  dari situs anda. Selain itu anda juga bisa menambahkan snippet variable pada judul dan meta description.

    cara setting yoast seo
    Yoast
  5. Archivescara setting yoast seo

    Menu ini digunakan untuk mengatur autor apakah anda memiliki untuk menampilkannya atau tidak. Baik di hasil pencarian, ataupun di postingan.

  6. Breadcrumbs

    cara setting yoast seo
    Ilustrasi cara setting yoast seo
  7. RSS

    cara setting yoast seo
    Setting yoast

C. Setting social

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa yoast seo memiliki fitur yang sangat lengkap. Selain lengkap dengan sistem optimasi onpage, yoast seo juga dilengkapi dengan media sosial yang bisa kita integrasikan dengan blog yang kita miliki.

  1. Account

    cara setting yoast seo
    Setting yoast seo

    Pada bagian yoast seo silahkan anda klik pada menu “social” kemudian pilih dan klik menu “account”. Pada bagian ini anda bisa memasukan link akun media sosial anda seperti:

    • Facebook.
    • Twitter.
    • Instagram.
    • LinkedIn.
    • MySpace.
    • Pinterest.
    • Youtube.
    • Google+.
  2. Facebookcara setting yoast seo

    Pada bagian ini anda bisa memasukan id  facebook anda dan pastikan anda mengaktifkan “open grab meta data” hal ini berguna agar ssetiap orang yang tertarik dengan artikel yang anda buat mereka akan dengan mudah ngesyare artikel anda ke facebook.

  3. Twitter

    cara setting yoast seo
    Cara setting akun twitter di yoast seo

    Selain bisa menambahkan akun facebook, anda juga bisa mengintegrasikan akun twitter dengan web anda. Untuk mengintegrasikan akun twitter dengan situs, anda cukup klik tombol “enable” pada yoast seo tersebut. Maka akun twitter anda akan muncul di situs anda. Selain itu para pembaca artikel blog anda juga akan dengan mudah ngesyare artikel anda ke akun twitter mereka.

  4. Pintrestcara setting yoast seo

    Pinterest di yoast seo juga, sama seperti facebook menggunakan open grap meta data untuk memudahkan setiap orang ngesyare artikel yang mereka baca dari situs anda. Pastikan status pinterest berada dalam posisi “enable”. Setelah itu lakukan verivikasi dengan memasukan kode verivikasi dari akun pinterest anda pada kolom “confirm your site with pinterest”.

  5. Google+cara setting yoast seo

    Jika anda memiliki akun Google+ anda bisa memasukan link akun google+ anda pada kolom “Google publisher page”.

D. Setting Tools

cara setting yoast seo
Ilustrasi cara setting yoast seo | carapedi.id

Pada bagian ini anda akan menemukan 3 fitur yoast seo diantaranya:

  1. Import and export: Menu ini berfungsi untuk mengimport atau mengexport hasil settingan yoast seo.
  2. Bulk editor: Menu ini digunaan untuk melakukan perubahan pada setiap judul dan postingan tanpa harus masuk ke editor setiap halaman.
  3. Text link counter: Menu ini muncul pada yoast seo terbaru juli 2018. Menu ini berfungsi untuk menghitung jumlah text link situs anda.

E. Cara Setting Yoast SEO Dalam Postingan

Yoast seo hadir untuk mempermudah anda dalam melakukan optimasi onpage agar mudad di terima oleh mesin telusur seperti Google. Melakukan pengaturan yoast seo pada setiap postingan sangat mudah sekali.

Anda cukup menginstal plugin yoast seo ini kemudian menerapkannya pada setiap artikel yang akan anda posting. Agar setiap artikel yang diposting teroptimasi dengan baik.

Dalam penggunaannya sendiri cukup mudah. Anda tinggal melihat pada bagian analysis dari yoast seo yang berada di bagian bawah editor postingan situs anda.

Jika anda masih bingung silahkan anda ikuti langkah – langkah berikut ini:

  1. Masukan keywordcara setting yoast seo

    Dengan menggunakan plugin yoast seo maka akan membantu anda mengoptimasi artikel yang akan anda tulis. Ketika anda akan menulis artikel maka silahkan anda masukan keyword pada kolom focus keyword yang telah yoast seo sediakan.

  2. Masukan meta descriptioncara setting yoast seo

    Sebagai salah satu teknik optimasi seo onpage dengan bantuan yoast seo anda bisa dengan mudah memberikan deskripsi singkat keyword anda. Maka yoast seo akan memberitahukan mesn telusur untuk mengenali artikel anda dengan mudah. Caranya anda tinggal klik pada tombol snippet, kemudian masukan deskripsi singkat mengenai artikel anda.

  3. Masukan keyword pada judul

    Salah satu optimasi onpage yang harus anda lakukan ketika anda menginginkan artikel anda mudah diterima oleh Google adalah dengan memasukan keyword tersebut pada judul. Dalam peletakkan keyword yoast seo menyarankan anda untuk meletakannya di depan.

  4. Masukan keyword pada header ( H1, H2, H3, H4, H5, H6 )

    Jangan lupa untuk memasukan keyword pada setiap header yang anda buat, minimal satu header mengandung keywoard. Hal ini sesuai dengan aturan optimasi onpage yoast seo.

  5. Masukan internal link

    Internal link adalah sebuah link yang mengarah pada situs anda sendiri. Atau dengan kkata lain llink tersebut berasal dari dalam situs anda. Bisa link artikel yang sedang anda tulis atau artikel lain yang berasal dari dalam situs anda.

  6. Masukan keyword pada ALT tag gambar

    cara setting yoast seo
    Ilustrasi setting yoast seo | carapedi.id

    Ini merupakan salah satu bagian penting cara setting yoast seo. Yoast seo aan sangat menganggap ini hal yang sangat penting. Sebuah artikel akan dianggap berkualitas apabila dilengkapi dengan gambar yang disertai dengan keyword pada tag alt gambar tersebut.

  7. Perhatikan data analisis yoast seo

    cara setting yoast seo
    Setting yoast

    Cara setting yoast seo bagian analisis ini jangan sampai anda lewatkan. Karena pada bagian inilah anda akan melihat seberapa sesuaikah seo onpage anda menurut yoast seo. Pada bagian ini anda akan melihat berbagai analisis pengaturan seo onpage situs anda seperti:

    • The focus keyword appears in the first paragraph.
    • Keyword density.
    • The meta description contains the focus keyword.
    • The focus keyword appears in subheadings.
    • The images on this page contain alt attributes with the focus keyword.
    • Dan lain – lain.

Begirulah cara setting yoast seo, yang waib diketahui oleh para blogger khusus blogger pemula.

Semoga bermanfaat.