cara screenshot samsung
Ilustrasi cara screenshot hp samsung

Cara Screenshot Samsung Yang Jarang Diketahui

Diposting pada

Screenshot merupakan salah satu fitur dasar yang dimiliki oleh sebuah smartphone. Umumnya semua smartphone memiliki fitur ini, termasuk Samsung. Dari sekian banyak orang yang memiliki smartphone samsung, ternyata tidak semua orang mengetahui cara screenshot di HP Samsung miliknya. Biasanya orang seperti ini adalah orang yang baru menggunakan smartphone dari samsung. Nah, maka dari itu kali ini carapedi akan membahas mengenai bagaimana cara screenshot Samsung yang mudah namun terkadang jarang diketahui banyak orang.

Sebenarnya cara screenshot Samsung ini sangat mudah sekali. Beberapa orang yang tidak tahu, mungkin baru menggunakan handphone Samsung. Untuk melakukan screenshot di hp Samsung ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah seperti yang akan dibahas kali ini.

Bagaimana cara screenshot di hp Samsung?

a. Cara screenshot Samsung dengan touch swipe

Nah, salah satu cara yang bisa digunakan untuk screenshot di hp Samsung adalah dengan cara touch swipe atau dengan cara menyapu pada bagian layar. Ini mungkin terdengar aneh bagi anda yang baru mendengarnya. Namun, fitur ini memang dimiliki oleh smartphone Samsung. Hanya saja tidak semua handphone Samsung memiliki fitur ini.

Beberapa smartphone Samsung yang bisa melakukan ini adalah generasi Samsung note 3 keatas, dan generasi samsung galaxy 4 keatas. Dengan kata lain yang bisa menggunakan fitur ini hanyalah handphone Samsung angkatan 2013 keatas.

Nah, jika smartphone samsung anda sudah memenuhi kriteria tersebut berarti anda bisa melakukan screenshot dengan cara ini. Namun sebelum itu, anda harus mengaktifkan fitur screenshot ini terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut:

  1. Klik pada menu settings.
  2. Pilih dan klik pada menu motion and gestures.
  3. Selanjutnya tinggal anda klik pada pilihan palm swipe to capture box.
  4. Selesai, tinggal anda gunakan untuk screenshot.

Cara melakukan screenshot dengan bantuan fitur ini, anda ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Simpan tangan anda secara vertikal pada salah satu sisi layar smartphone Samsung anda.
  2. Selanjutnya, secara perlahan anda geser lengan anda ke arah horizontal ke ujung sisinya.
  3. Jika ini berhasil maka akan muncul bunyi “cekrek”, bergetar atau kadang ada juga yang menampilkan notifikasi.
  4. Foto hasil screenshot akan secara otomatis tersimpan ke galeri smartphone Samsung anda.

b. Cara screenshot Samsung dengan tombol

Cara screenshot Samsung selanjutnya adalah dengan menggunakan tombol. Cara ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone. Karena yang memiliki fitur ini bukan hanya Samsung saja melainkan hampir semua merk smartphone.

Cara ini lebih mudah digunakan ketimbang dengan cara Touch Swipe yang sedikit lebih merepotkan. Saya pribadi lebih menyukai fitur ini dari pada cara yang pertama. Karena hasil screenshot lebih mulus dan mengaplikasikan nya juga lebih mudah.

Cara screenshot dengan menggunakan tombol, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka tampilan yang ingin anda buat screenshot.
  2. Tekan tombol power dan tombol home secara bersamaan.
  3. Tahan beberapa detik hingga muncul kilauan layar atau berbunyi “cekrek” disertai dengan getaran.
  4. Foto hasil screenshot akan otomatis tersimpan ke galeri handphone Samsung anda.

Namun, meski cara ini terbilang mudah, ternyata masih ada beberapa kelemahan diantaranya:

  1. sering terjadi kesalahan menekan tombol, yang tujuan awal membuat screenshot, namun yang keluar malah perintah untuk melakukan restart.
  2. Cara ini tidak bisa dilakukan pada Samsung galaxy S8 dan Samsung galaxy S8 plus.

*Catatan: Sebagai solusinya, cara screetshot Samsung s8 dan S8 plus bisa menggunakan tombol power dan tombol volume down (-) secara bersamaan. Tunggu hingga muncul suara “cekrek”, yang menandakan screenshot berhasil.

Terkait: cara mengambil gambar screenshot di PC

c. Cara screenshot Samsung dengan S pen

Salah satu cara screen shoot di hp Samsung berikutnya adalah dengan menggunakan S pen. Namun cara ini hanya bisa digunakan oleh pengguna Samsung note 3 ke atas. Jadi bagi pengguna Samsung lainnya cara ini tidak akan bisa digunakan.

Untuk menggunakan cara ini maka anda harus membuka air command terlebih dahulu dengan cara menarik stylus dan mengarahkan S pen diatas layar. Kemudian klik pada tombol kecil yang ada di S pen tersebut. Untuk membuat screenshot dengan cara ini silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut:

  1.  Manfaatkan fitur scrapbrooker yang ada di menu radial air command .
  2. Buat lingkaran pada layar yang akan anda jadikan screenshot.
  3. Tinggal anda kategori kan gambar tersebut dan simpan ke galeri.

d. Cara screenshot samsung dengan rolling screenshot

Kebanyakan pengguna Samsung mungkin belum mengetahui cara screenshot Samsung yang satu ini. Cara ini di adaftasi dari samsung galaxy note 5, jadi kemungkinan serial Samsung yang berada di bawahnya tidak akan bisa menggunakan cara ini.

Sesuai dengan namanya, rolling screenshot ini cara penggunaannya adalah dengan cara ditarik untuk mendapatkan gambar yang di inginkan. Tujuan dari fitur ini adalah untuk mengambil screenshot sebuah tampilan halaman website yang panjang. Jika menggunakan cara biasa maka halaman web tidak akan terambil semua gambar halamannya. Nah, agar semua tampilan halaman website tersebut bisa diambil seluruhnya adalah dengan menggunakan fitur ini. Langkah-langkah cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman web yang akan dijadikan screenshot.
  2. Pilih menu “capture more”.
  3. Tekan jari anda dilayar kemudian scrool ke bawah untuk mengambil sampai mana tampilan screenshot yang akan diambil.
  4. Lepaskan jika tampilan screenshot yang diinginkan sudah terambil seluruhnya.

*Catatan: Cara screenshot samsung yang satu ini mungkin akan menghasilkan gambar yang sangat besar. Anda harus mempertimbangkan panjangnya gambar tersebut. Karena bila tidak, maka ukuran dan kapasitas gambar tersebut bisa saja menjadi 5 kali lebih besar dari gambar screenshot biasanya.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.