cara screenshot samsung j7 prime
Smartphone Samsung

Cara Screenshot Samsung J7 Prime Yang Jarang Dipakai

Diposting pada

Hampir semua smartphone dari berbagai merk menyisipkan fitur screenshot kedalamnya, tidak terkecuali dengan Samsung J7 prime.  Samsung merupakan salah satu merk smartphone  terbesar di Indonesia saat ini, dengan jumlah pengguna yang sampai jutaan. Namun kendati demikian, ternyata masih ada pengguna Samsung yang masih belum mengetahui cara screenshot Samsung j7 prime miliknya.

Yang mengalami hal  semacam ini mungkin adalah pengguna Samsung yang masih baru sehingga belum memahami dengan benar fungsi dari semua fitur yang tersedia dalam smartphone Samsung miliknya.

Apa fungsi screenshot?

Semua smartphone pasti memiliki fitur screenshot di dalamnya bahkan banyak yang menggunakan berbagai teknologi canggih untuk menggunakan fitur screenshot ini. Namun, tahukah anda apa sebenarnya fungsi fitur screenshot ini?.

Secara default fitur screenshot ini digunakan untuk mengambil tampilan layar smartphone dengan mudah dan rapi. Yang mana tampilan layar smartphone ini sulit sekali jika diambil dengan menggunakan camera biasa.

Bagaimanakah cara screenshot Samsung J7 prime?

Cara screenshot di handphone Samsung sebenarnya sangat mudah sekali. Ada berbagi cara yang bisa anda gunakan. Baik dengan menggunakan tombol maupun tanpa menggunakan tombol. Namun fitur screenshot bawaan yang paling sering digunakan adalah dengan menggunakan tombol.

Jika anda yang belum mengetahui bagaimana caranya membuat screenshot di HP samsung J7 prime, silahkan anda baca artikel ini.

a. Cara screenshot Samsung J7 prime menggunakan tombol

Cara screenshot HP Samsung j7 prime yang pertama adalah dengan menggunakan tombol atau fitur default Samsung J7 prime. Cara merupakan cara yang paling mudah untuk anda lakukan. Silahkan anda ikuti seperti langkah berikut ini:

  1. Buka HP Samsung anda.
  2. Buka tampilan layar yang ingin anda screenshot.
  3. Tekan tombol home dan tombol power secara bersamaan tahan selama kurang lebih 2 atau 3 detik hingga layar Samsung anda berkedip atau bunyi “cekrek”.
  4. Jika layar sudah berkedip atau keluar bunyi cekrek, berarti screenshot di HP Samsung J7 prime anda berhasil.
  5. Gambar hasil screenshot tersebut akan secara otomatis masuk ke Galery handphone anda.

b. Cara screenshot Samsung j7 prime tanpa tombol

Cara screenshot di Samsung J7 prime yang kedua adalah dengan tanpa menggunakan bantuan tombol seperti pada langkah yang pertama. Cara ini bisa anda gunakan dengan bantuan pihak ke tiga yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi.

Cara seperti ini, banyak di gunakan oleh para  pengguna Samsung Galaxy J7 prime agar tidak merusak tombol utama  HP mereka karena sering pencet tombol untuk membuat screenshot.

Nah, biar tidak makin penasaran berikut ini adalah langkah-langkah cara screenshot pada Samsung J7 prime tanpa menggunakan tombol:

  1. Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya bahwa cara ini adalah menggunakan bantuan pihak ketiga yaitu aplikasi. Aplikasi yang akan saya gunakan untuk membuat screenshot di Samsung J7 prime ini adalah aplikasi screenshot easy yang bisa anda download di playstore. Pertama silahkan anda download terlebih dahulu aplikasi screenshot easy dari playstore.
  2. Setelah itu klik Install dan tunggu proses instalasi selesai.
  3. Kemudian setelah proses Install selesai buka aplikasi tersebut.
  4. salah satu fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur overlay icon (tombol melayang). Fitur ini sangat mudah sekali digunakan dan cocok sekali untuk menggantikan kombinasi tombol untuk membuat screenshot.
  5. Ketika aplikasi screenshot easy sudah terbuka silahkan anda klik pada menu start capture.
  6. Tunggu hingga tombol start tersebut berubah menjadi tombol stop capture. Jika tombol ini sudah berubah menjadi stop capture berarti sudah bisa digunakan untuk membuat screenshot.
  7. Buka tampilan layar yang ingin anda screenshot.
  8. Tekan tombol icon screenshot easy yang tampil melayang di layar Samsung Galaxy J7 prime anda.
  9. Tunggu hingga proses screenshot selesai karena dengan menggunakan aplikasi ini butuh sedikit waktu lebih lama.
  10. Setelah screenshot selesai anda bisa edit foto hasil screenshot tersebut.
  11. Selesai.

Nah dari dua cara screenshot Samsung Galaxy J7 prime harusnya anda tidak akan kesulita lagi dalam membuat screenshot  si Samsung Galaxy  J7 prime tersebut.

Sebenarnya masih banyak aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membuat screenshot di HP Samsung J7 anda. Namun kedua cara tersebut pun sudah lebih dari cukup.  Silahkan anda coba sendiri.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.