cara pasang fanspage facebook di wordpress
Halaman carapedi.id

Cara Pasang Fanspage Facebook Di WordPress 2018

Diposting pada

Memasang Fanspage Facebook di blog wordpress memang penting, untuk mempermudah pengunjung blog menemukan kita di Facebook. Namun ternyata tidak semua blogger mengetahui bagaimana cara pasang Fanspage Facebook di blog WordPress nya. Meski pada dasarnya cara ini sangatlah mudah.

Beberapa blogger yang tidak mengetahui cara ini mungkin adalah blogger-blogger yang masih pemula dalam dunia blogging. Sehingga mereka masih butuh banyak tambahan informasi dari orang yang lebih mengerti.

Artikel ini saya khususkan bagi para blogger pemula yang memang masih belum mengerti banyak soal blogging. Namun melalui artikel ini bukan berarti  saya adalah mastah dan orang yang sudah jago dalam dunia blog, saya juga masih baru dan masih pemula dalam hal Ngeblog. Ini hanya sekedar berbagai saja sedikit pengetahuan saya.

Apa itu fanpage?

Sebelum kita membahas cara pasang fanspage Facebook di WordPress alangkah baiknya kita bahas dulu soal pengertiannya fanpage itu apa. Takutnya kita bahas cara pemasangan nya, eh malah fanpage nya aja tidak mengerti.

Fanpage adalah sebuah halaman khusus yang berisi berbagai informasi layaknya sebuah blog. Isi informasi yang dimuat dalam sebuah fanpage beraneka ragam tergantung dari orang yang membuatnya. Bisa jadi isinya tentang edukasi, informasi, hiburan atau pun hal lainnya.

Apa manfaat fanpage?

Dilihat dari sisi manfaatnya fanspage jelas memberikan banyak manfaat terutama bagi para blogger. Dengan adanya fanspage para blogger akan semakin di mudah kan dalam membangun jaringan. Beberapa manfaat fanpage diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk promosi bisnis. Dengan adanya fanpage, anda bisa mempromosikan bisnis anda dengan mudah ke seluruh tempat yang ada di Indonesia.
  • Mendapatkan Fans yang tidak terbatas. Jika anda memiliki akun Facebook, maka teman anda yang diperbolehkan itu hanya sampai 5000 teman saja. Namun jika menggunakan fanpage jadi tidak terbatas.
  • Memudahkan tag. Ini merupakan salah satu fitur keunggulan fanpage, setiap orang bisa melakukan tag ke halaman anda dengan mudah.
  • Lebih terlihat profesional. Jika anda menggunakan fanpage untuk bisnis maka bisnis anda akan jauh terlihat lebih bernilai dan lebih profesional.

Bagaimana cara membuat fanspage?

Membuat fanspage sebenarnya sangat mudah sekali. Namun syaratnya anda harus punya akun Facebook terlebih dahulu. Karena fanspage ini dibuat dengan menggunakan akun Facebook. Cara membuat Fanspage anda bisa baca artikel saya sebelumnya tentang cara membuat akun bisnis di Facebook, silahkan anda baca terlebih dahulu.

Contoh fanpage

Di Facebook anda banyak sekali contoh-contoh fanpage yang bisa anda temukan dengan mudah dan bisa anda jadikan sebagai referensi untuk membuat fanpage. Seperti fanspage carapedi anda bisa akses di facebook dengan nama halaman Fanspage carapedi.id.

Jika anda butuh banyak contoh Fanpage untuk menambah inspirasi, berikut ini adalah contoh fanpage Facebook:

a. Fanpage carapedi.id

cara pasang fanspage facebook di wordpress
Halaman Facebook carapedi.id

b. Fanpage Blidei.com

cara pasang fanspage facebook di wordpress2
Halaman Facebook Blidei.com

c. Fanpage Mkomsel

cara pasang fanspage facebook di wordpress
Halaman Facebook Mkomsel

Bagaimana cara pasang fanspage Facebook di blog WordPress?

Cara memasang fanspage di WordPress sebenarnya sangat mudah sekali. Namun bagi pemula tentu hal ini akan sedikit merepotkan. Nah, jika anda ingin mengetahuinya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buat fanspage terlebih dahulu caranya seperti yang saya jelaskan diatas. Jika anda sudah memiliki fanspage nya lanjut ke langkah berikutnya.
  2. Silahkan anda login ke halaman develover Facebook ( klik saja).
  3. Di halaman develover Facebook anda akan menemukan form desain tampilan faspage.
  4. Silahkan anda atur tampilan fanspage anda terlebih dahulu sesuai dengan yang anda inginkan. Seperti lebar, tinggi fanpage dan lain-lainnya. Contohnya bisa anda lihat pada gambar berikut:

    cara pasang fanspage facebook di wordpress
    Halaman Develover Facebook
  5. Jika sudah anda sesuaikan dengan tampilan fanpage yang anda inginkan klik pada tombol Dapatkan kode.
  6. Anda akan di bawa ke halaman kode script fanpage Facebook. Disana anda pilih dan klik pada Iframe. Perhatikan gambar berikut:

    cara pasang fanspage facebook di wordpress
    Kode IFRAME
  7. Silahkan anda blok kode dan copy kode script tersebut.
  8. Sekarang tinggal anda login ke dashboard blog WordPress anda.
  9. Pergi tampilan>widget.
  10. Tentukan penempatan halaman akan di tempatkan dimana. Saya sendiri memilih memasang di bagian footer blog.
  11. Nah, tambahkan widget HTML khusus pada bagian footer.
  12. Paste kan pada kode tadi pada widget HTML khusus tersebut klik simpan. Contohnya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini:

    cara pasang fanspage facebook di wordpress
    Halaman widget WordPress
  13. Selesai.

Nah, begitulah cara pasang fanspage Facebook di WordPress 2018 versi carapedi. Bagaimana cukup mudah bukan?. Jika anda menemukan kendala dan permasalahan, silahkan anda hubungi admin. Terimakasih.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.