cara ngeprint di laptop

Cara Ngeprint Di Laptop Yang Jarang Diketahui

Diposting pada

Bagi pekerja kantoran, ngeprint di laptop ataupun di komputer merupakan sebuah skill yang memang wajib dimiliki. Namun bagaimana bagi orang yang belum tahu cara ngeprint  di laptop atapun  di komputer? apakah mereka tidak layak bekerja kantoran?.

Jawabannya adalah belum tentu, karena ada beberapa trik dan cara ngeprint di laptop yang ternyata gak banyak orang tahu. Hal ini tentu bisa anda pelajari terlebih dahulu sebelum anda melamar ke kantor – kantor impian anda.

Ngeprint memang merupakan sebuah pekerjaan wajib yang ada di kantoran. Hampir semua data yang di input harus di cetak dalam bentuk prin out. Hal ini berguna sebagai arsip fisik guna mengatasi soft data hilang karena berbagai faktor seperti virus dan sebagainya.

Pada akhirnya semua kantor mewajibkan pegawainya mampu mengoperasikan laptop atau komputer bagi karyawan yang memang berada di posisi yang berkepentingan. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat kebutuhan data sangat penting sekali.

Bagaimana Cara Ngeprint Di Laptop

Kemajuan teknologi saat ini sebenarnya sangat maju pesat. Namun, ternyata ditengah – tengah kemajuan teknologi masih ada aja orang yang belum tahu cara untuk print dari laptop.

Sebenarnya cara ngeprint itu sangat mudah sekali. Anda tidak perlu belajar ini itu cukup baca artikel ini sampai selesai, maka anda akan jago ngeprint dengan berbagai trik. Nah, berikut ini berbagai cara ngeprint di laptop atau di komputer yang bisa anda pelajari dan terapkan, silahkan disimak uraian lengkapnya.

A. Cara Ngeprint Di Laptop Menggunakan Menu Bar

Cara yang pertama yang bisa anda gunakan untuk ngeprint dokumen adalah dengan memanfaatkan menu bar pada halaman word, excel ataupun power point.

  1. Buka dokumen  yang akan anda print out, baik itu file MS excel, MS word maupun MS power point. Sebagai contoh saya disini membuka file MS office word.
  2. Klik pada office button atau menu “file” yang terletak sebelah kiri atas. Seperti nampak pada gambar berikut ini.cara ngeprint di laptop
  3. Pada halaman office button anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan menu. Untuk mencetak ( print out ) dokumen silahkan anda pilih dan klik pada menu “print“. Maka anda akan dihadapkan dengan tampilan menu print. Untuk dapat mencetak dokumen dengan baik, maka anda perlu melakukan sedikit konfigurasi terlebih dahulu.cara ngeprint di laptop
  4. Pada menu “copies“, silahkan anda masukan jumlah kopi dokumen yang anda inginkan. Menu ini berfungsi untuk ngeprint dokument yang sama menjadi beberapa lembar sesuai dengan yang anda inginkan.
  5. Pada menu “printer” atau “printer name“, silahkan anda pilih perangkat printer yang akan anda gunakan untuk mencetak ( print out ) dokumen. Pada menu ini akan menampilkan beberapa pilihan printer yang memang sudah terhubung dan terinstal dengan laptop anda.
  6. Di menu “setting”  atau “print all page” anda akan dihadapkan denga berbagai pilihan settingan untuk mencetak dokumen. Seperti:
    • Print all page : Menu ini digunakan untuk mencetak semua halaman.
    • Print current page: Menu ini digunakan untuk mencetak ( print out ) dokumen hanya yang kita pilih saja. Yang perlu jadi catatan, halaman yang kita pilih untuk diprint tersebut adalah halaman dimana kita meletakan pointer mouse berada. Misalahkan jika anda ingin mencetak halaman 1 maka pointer mouse nya letakan di halaman 1.
    • Print cusstom range : Digunakan untuk mencetak halaman dengan rentang khusus.
    • Page : Menu ini digunakan untuk mencetak dokumen yang telah dipilih, misalkan anda masukan 1, maka printer akan mencetak halaman 1. Jika anda masukan 1-2 maka printer akan mencetak halaman 1 sampai dengan halaman 2.
  7. Kemudian pada menu “orientation“, anda akan dihadapkan dengan pilihan bentuk dan posisi kertas. Disana anda akan dihadapkan dengan 2 pilihan posisi kertas yaitu potrait dan landscape.
  8. Selanjutnya tentukan jenis kertas yang akan anda gunakan ( A4, A3, A5, legal dan lain – lain).
  9. Setelah itu klik “print” bergambar printer atau klik oke.

B. Cara Ngeprint Di Laptop Menggunakan Tombol Keyboard

Cara kedua yang bisa anda gunakan untuk ngeprint dokumen, foto ataupun gambar adalah dengan menggunakan tombol keyboard. Cara ini terbilang sangat mudah mudah sekali. Karena cara ini bisa lebih cepat dari pada cara yang digunakan sebelumnya.

Silahkan anda ikuti langkah – langkah berikut ini:

  1. Buka dokumen, gambar ataupun foto yang akan diprint.
  2. Tekan tombol “CTRL” dan tombol “P” secara bersamaan.
  3. Kemudian setelah itu akan muncul halaman print.
  4. Langkah selanjutnya lukan konfigurasi dan setting print out seperti pada langkah pertama diatas ( langkah  4 – langkah 9 seperti pada langkah A ).

C. Cara Ngeprint Di Laptop Menggunakan Quik Acces Toolbar

Cara ngeprint di laptop yang ketiga ini merupakann cara yang tercepat diantara 2 cara sebelumnya. Cara ini tidak membutuhkan 2-3 klik untuk ngeprint cukup satu klik saja maka printer akan otomatis ngeprint tanpa harus babibu lagi.

Namun, sebelum anda ngeprint dengan menggunakan quick acces toolbar anda harus mengaktifkan “quick print” terlebih dahulu pada quick acces toolbarnya. Caranya mudah sebagai berikut:

  1. Buka MS office word, MS escel ataupun MS power point.
  2. klik pada gambar segitiga di kolom acces toolbar yang nampak seperti gambar berikut:cara ngeprint di laptop
  3. Klik pada pilihan menu “quick print“.
  4. Maka akan muncul icon printer pada kolom quick acces toolbar.

Lalu bagaimana cara ngeprint dengan menggunakan quick acces toolbar ini?.

  1. Buka dokumen yang akan anda print.
  2. Langsung klik tombol gambar printer pada quick acces toolbar sebelah kiri atas.
  3. Maka anda tidak perlu setting ini itu lagi. Selama printer sudah terhubung dengan laptop atau komputer maka sudah bisa langsung ngeprint.

Kesimpulan

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai cara ngeprint di laptop yang seringkali orang lupakan. Dari ketiga cara tersebut sebenarnya semua caranya sama saja. Yang membedakan langkah satu dan yang lainnya adalah cara penyetingannya saja yang sedikit berbeda.

Jika anda memiliki cara lain untuk print out dokumen silahkan anda masukan di kolom komentar di bawah. Semoga artikel ini bermanfaat.