cara merawat rambut

Cara Merawat Rambut Supaya Tidak Rusak, Rontok Dan Kering

Diposting pada

Memiliki rambut yang indah dan sehat memang merupakan idaman semua orang. Namun, mendapatkan rambut indah, tidak kering dan tidak mudah rontok bukanlah perkara yang mudah dan bisa didapatkan secara instan. Untuk mendapatkan itu semua, kita harus mengetahui cara merawat rambut yang benar.

Cara merawat rambut agar terlihat  indah dan sehat pada dasarnya sangat mudah sekali. Tergantung dari ketelatenan kita sendiri. Diluar sana banyak sekali yang menawarkan produk – produdk “hair repairing” yang menjanjikan rambut indah dan sehat. Produk tersebut mungkin bisa menjadi solusi. Namun, nyatanya tidak semua orang berhasil menggunakan produk tersebut karena harus digunakan secara teratur.

Tips Merawat Rambut

Hampir semua orang menginginkan rambut yang indah dan sehat, terutama kaum wanita. Biasanya seorang wanita rela menghabiskan uang jutaan hanya untuk perawatan rambut saja. Hal ini memang wajar – wajar saja. Namun, bila terus – terusan seperti itu maka tidak akan sehat pada keuangan anda. Syukur – syukur keuangan anda berjalan normal setiap waktu bagaimana jika tidak.

Maka dari itu sebaiknya anda melakukan perawatan rambut dari saat ini jangan menunggu rambut anda rusak, rontok atau bahkan kering terlebih dahulu. Karena jika seperti ini selain biaya perawatannya yang mahal. Kemungkinan kecil rambut anda bisa normal kembali.

Namun, jika rambut anda sudah terlanjur rontok,, rusak dan kering berikut ini adalah beberapa cara merawat rambut yang bisa anda lakukan.

1. Cara merawat rambut yang rontok

Bagi anda yang mengalami rambut rontok pasti merasa jengkel bukan?. Hal ini jika terus dibiarkan maka bisa berdampak buruk terhadap kesehatan rambut. Tidak hanya itu rambut rontok jika terus dibiarkan bukan tidak mungkin anda akan mengalami kebotakan. Anda tentu tidak mau bukan?.

Kebanyakan yang orang lakukan, ketika mengalami rambut rontok hanya melakukan perawatan dari luar saja. Padahal itu saja tidak cukup. Sebaiknya anda lengkapi perawatannya dari dalam juga yaitu dengan  memberikan nutrisi pada rambut, seperti:

  1. Rutin memberi tonik. Tonik merupakan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh rambut. Jika rambut anda mengalami kerontokan sebaiknya anda rawat rambut anda dengan memberi tonik secara rutin.
  2. Gunakan masker bawang. Tahukah anda bahwa bawang bisa digunakan untuk merawat rambut ronntok. Orang tua jaman dulu sering menggunakan bawang untuk menumbuhkan rambut bayi. Nah, hal tersebut juga berlaku untuk orang dewasa loh. Gunakan bawang merah dan bawang puith sebagai masker di kepala anda.
  3. Gunakan  suplemen penyubur rambut. Ketika rambut rontok, menggunakan suplemen mungkin bisa menjadi solusi yang tepat untuk anda. Dengan mengkonsumsi suplemen seperti vitamin C, vitamin D,vitamin E, selenium, lycopene dan lain sebagainya dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mengembalikan rambut anda.

2. Cara merawat rambut yang kering

Rambut kering disebabkan karena kurangnya kelembaban pada rambut. Rambut seperti ini biasanya mudah sekali rusak. Tapi ternyata ada  beberapa orang yang justru memiliki rambut ini sejak lahir. Lalu bagaimana cara merawat rambut yang kering seperti ini. Nah berikut ini kami uraikan cara perawatannya:

  1. Gunakan kondisioner. Kondisioner merupakan pelembab rambut yang wajib anda gunakan ketika rambut anda kering. Gunakan kondisioner sehabis keramas secara rutin.
  2. Gunakan minyak zaitun. Minyak zaitun bisa menjadi salah satu bahan yang anda butuhkan untuk merawat rambut anda yang kering. Gunakan minyak zaitun sebagai “hair mask” minimal satu minggu satu kali.
  3. Hair wrap. Setelah anda selesai keramas, sebaiknya jangan biarkan kepala anda terbuka. Tutup terlebih dahulu menggunakan handuk selama 1 sampai dengan 2 jam. Kemudian buka dan keringkan, maka rambut akan lembut.
  4. Gunakan vitamin rambut. Rambut kering salah satu pemicunya bisa jadi karena kekurangan vitamin. Maka dari itu sebaiknya anda tambahkan sebutir vitamin rambut setiap selesai keramas.

3. Cara merawat rambut yang rusak

Rambut ketika sering dimacem – macemin pasti lama kelamaan akan rusak. Seperti ujung ramut menjadi bercabang daln lain sebagainya. Jika sudah seperti ini andapun pasti merasa terganggu bukan.

Seperti halnya rambut rontok dan kering, rambut rusakpun perlu perawatan yang tepat. Nah, berikut ini cara merawat rambut yang rusak.

  1. Potong ujung rambut rusak. Hal pertama yang harus anda lakukan ketika rambut anda rusak adalah dengan memotong bagian ujung rambut yang rusak. Potong pada bagian ujungnya saja.
  2. Jangan salah pilih shampo. Tidak semua merek shampo cocok, setiap rambut seseorang memiliki kecocokan tersendiri. Maka dari itu pilihlah shampo yang sesuai dengan jenis rambut anda.
  3. Gunakan kondisioner perawatan rambut rusak. Kondisioner tidak hanya berfungsi sebagai pelembab rambut. Tapi bisa juga menutrisi dan merawat rambut rusak. Maka dari itu gunakanlah konsidioner sehabis keramas. Namun gunakan kondisioner yang khusus untuk perawatan rambut rusak.
  4. Gunakan hair mask. Untuk merawat rambut anda tetap sehat serta agar nutrisi rambut tetap terjaga gunakan hair mask minimal seminggu 2 kali. Piilihlah hair mask yang mudah anda temui namun memiliki khasiat tinggi seperti yought, lidah buaya, avocado dan lain sebagainya.
  5. Perbaiki pola makan anda. Cara perawatan rambut tidak akan lepas dari nutrisi yang anda konsumsi sendiri setiap hari. Maka dari itu perbaikiah pola makan anda serta lengkapi dengan asupan nutrisi yang banyak.

Nah itulah beberapa cara merawat rambut supaya  tidak rusak, rontok dan kering ala carapedi. Harapan saya semoga setelah anda membaca artikel tersebut rambut anda kembali sehat seperti biasa. Rambut anda terbebas dari kerontokan, kering dan rusak. Namun, jika rambut anda berketombe silahkan anda baca artikel saya sebelumnya tentang tips ngilangin ketombe dengan cepat.