cara merawat anggrek

4 Rahasia Cara Merawat Anggrek Agar Subur dan Berbunga

Diposting pada

Anggrek merupakan salah satu tanaman bunga yang memiliki nama ilmiah Orchidaceae. Keindahan dari tanaman ini adalah saat ia berbunga. Namun tidak semua anggrek bisa berbunga dengan baik loh. Cara merawat anggrek yang benar akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan tingkat kesuburan nya.

Banyak orang yang memelihara bunga anggrek di rumahnya, namun sedikit sekali diantara mereka yang paham cara perawatannya. Maka dari itu kali ini akan saya berikan 3 rahasia merawat anggrek yang benar agar subur dan mudah berbunga.

Untuk kamu yang memiliki bunga anggrek atau yang baru saja berniat ingin merawat tanaman yang satu ini, simak baik-baik tips cara merawatnya berikut ini.

A) Cara Merawat Anggrek Tingkat 1

Ketika kamu memiliki bunga anggrek, langkah pertama yang harus kamu perhatikan dengan baik adalah dari cara perawatannya terlebih dahulu. Dalam perawatan dasar yang dilakukan ini meliputi pemberian cahaya matahari yang cukup dan penyiraman bunga anggrek yang tepat.

Jika perawatan dasarnya sudah salah dan tidak tepat, maka anggrek akan tumbuh abnormal atau kurang baik. Cara perawatan dasar bunga anggrek yang baik kurang lebih seperti ini:

  1. Variasi kan frekuensi penyiraman sesuai dengan varietas anggrek yang kamu rawat, jangan semua varietas kamu samakan cara penyiramannya
  2. Pastikan anggrek berada dalam ruangan yang lembab
  3. Pastikan air tidak berlebihan karena bisa membuat akar anggrek busuk
  4. Jangan sesekali kamu siram kelopak bunga anggrek

Jika pemeliharaan bunga anggrek ini dilakukan dengan baik, maka kamu bisa melihat bunganya sepanjang tahun. Bunga anggrek membutuhkan air makanan yang cukup, suhu yang lembab dan juga cahaya matahari yang cukup.

B) Cara Merawat Anggrek Tingkat 2

Selain perawatan dasar yang harus dilakukan, langkah kedua yang juga harus dan penting kamu lakukan untuk membuat anggrek tumbuh dengan baik adalah dengan perawatan yang lebih serius.

Pada tahapan ini kamu harus secara intensif memberikan apa yang tanaman anggrek butuhkan. Beberapa hal yang harus kamu lakukan yaitu:

1. Pilih Pot yang Tepat

Merawat tanaman anggrek tidak membutuhkan space yang banyak. Hanya dengan bermodalkan pot juga bisa kamu lakukan. Namun tidak semua jenis pot bagus digunakan untuk merawat anggrek.

Agar anggrek tumbuh dengan baik, subur dan mudah berbunga, pilih pot yang terbuat dari tanah liat. Pot berbahan tanah liat dapat menyerap kelebihan air dari penyiraman dan mampu menjaga kelembaban dalam pot dengan baik.

Namun jika kamu ingin menggunakan pot plastik agar lebih terlihat indah, maka kamu bisa juga memanfaatkannya. Namun pastikan pentilasi air bagus. Jangan lupa juga untuk mensterilkan pot plastik nya terlebih dahulu sebelum digunakan.

2. Lakukan Penyiraman dengan Baik

Air adalah komponen penting yang sangat dibutuhkan oleh anggrek. Maka dari itu kamu harus memastikan bahwa kebutuhan air tanaman anggrek ini cukup.

Kapasitas setiap varietas anggrek berbeda-beda. Kamu harus memberikannya sesuai dengan porsi nya masing-masing. Jika kamu tidak tahu, kamu bisa menanyakan ke toko tempat kamu membelinya atau tanya ke ahlinya.

3. Cukupi Kebutuhan Cahaya Matahari

Tanaman anggrek juga membutuhkan cahaya matahari untuk tumbuh dan membakar makanan. Namun cahaya matahari yang mereka butuhkan tidak terlalu banyak.

Kamu bisa meletakkan tanaman anggrek ini di depan halaman rumah yang terang. Namun jangan kamu simpan di tempat yang terpapar sinar matahari langsung karena akan membakar daun anggrek.

Simpan saja di teras rumah, cahaya matahari yang di dapatkan anggrek akan banyak namun tidak secara langsung berpapasan. Dengan demikian anggrek akan mendapatkan porsi cahaya yang cukup tanpa merusak daun nya.

4. Berikan Pupuk

Tanaman anggrek juga membutuhkan nutrisi untuk tumbuh. Jika kekurangan nutrisi maka mereka akan mati dan berhenti tumbuh. Pupuk adalah salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh anggrek.

Kamu harus memberikannya dalam porsi yang cukup secara berkala setiap harinya. Sedangkan untuk jenis pupuk nya sendiri kamu bisa memilih sesuai dengan jenis tanaman anggrek nya.

C) Cara Merawat Anggrek Tingkat 3

Salah satu keindahan dari bunga anggrek terletak pada bunga nya. Pada tahapan ketiga ini kamu bisa mendapatkan bunga anggrek dengan bunga yang indah.

Namun cara ini harus kamu lakukan dengan baik dan konsisten. Dalam artian kamu harus melakukannya sesuai dengan yang aturannya. Lalu bagaimana cara merawat anggrek agar cepat berbunga?

  1. Cuci gunting atau cutter hingga bersih lebih bagus menggunakan sunlight
  2. Gunakan gunting atau cuter tadi untuk memotong setiap bunga anggrek yang layu
  3. Jika bunga anggrek yang layu di potong, maka akan kembali tumbuh menjadi bunga baru lagi
  4. Kemudian semprotkan air kelapa sebanyak 15% (150 ml air kelapa dilarutkan kedalam 1 liter air)
  5. Semprotkan air kelapa ke bagian akar dan batang anggrek 3 kali dalam seminggu
  6. Bersihkan anggrek dari gulma dan kotoran-kotoran lainnya
  7. Berikan insektisida secara berkala khusus untuk hama lakukan selama 3 ataupun 6 bulan sekali
  8. berikan hormon tambahan

D) Cara Merawat Anggrek Tingkat Lanjut

Jika kamu merawat tanaman anggrek dalam waktu yang lebih lama maka kamu harus merawatnya dengan baik. Tanaman anggrek tidak akan kuat lama jika tidak di rawat dengan baik.

Salah satu perawatan anggrek jangka panjang adalah dengan mengganti pot nya secara berkala. Jangan terlalu lama menggunakan satu pot untuk tanaman anggrek. ganti secara rutin dan berkala.

Gambar Gravatar
Penulis Profesional di Hallokim.com | Jasa Penulis Artikel SEO Terpercaya | 0896-0896-0097