cara menurunkan berat badan
pota by pixabay.com

4 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Diposting pada

Cara menurunkan berat badan merupakan idaman bagi setiap orang yang memiliki berat badan diatas atas normal. Apalagi jika caranya bisa dilakukan tanpa harus repot berolahraga. Setiap orang baik pria maupun wanita pasti menginginkan berat badan yang ideal. Namun,karena kesibukan membuat setiap orang malas berolahraga.

4 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Banyak orang yang merasa sulit sekali menurunkan berat badannya. Sehingga tak jarang cara yang mereka lakukan diluar aturan dokter. Dengan alasan ingin menurunkan berat badan mereka sampai mengorbankan kesehatan  tubuhnya.

Padahal sebenarnya banyak sekali cara menurunkan berat badan secara alami yang bisa dilakukan tanpa harus menyakiti atau bahkan merusak kesehatan.

Namun sebelum kita membahasnya kita harus paham dulu apa yang menyebabkan naiknya berat badan.

Penyebab Naiknya berat badan

Banyak orang yang bilang bahwa berat badan yang berlebih, itu dapat menimbulkan banyak penyakit. Oleh sebab itu sebaiknya menurunkan berat badan agar ideal. Namun, menurunkan berat badan tak semudah yang dibayangkan. Mengurangi porsi makan sudah, berolahraga juga sudah. Tapi  berat badan masih belum juga turun -turun.

Sebenarnya apa sih penyebab naik berat badan?. Secara sederhana seseorang mengalami kenaikan berat badan karena mengalami kelebihan kalori di dalam tubuhnya. Pada akhirnya akan disimpan dalam bentuk lemak. Namun demikian, banyak faktor lain yang menyebabkan seseorang mengalami naiknya berat badan.

Ada 5 hal yang menyebabkan naiknya berat badan, diantaranya:

  1. Asupan makanan dan minuman yang tinggi gula

    cara menurunkan berat badan
    Asupan makanan tinggi gula | carapedi.id

Mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak seperti gorengan dan makanan cepat saji. Serta makanan tinggi gula seperti makanan dan minuman manis. Dapat menyebabkan naiknya berat badan dengan cepat.

Bagi kamu yang menginginkan berat badannya ideal, hindari konsumsi makanan yang semacam ini. Apalagi jika dikonsumsi dalam porsi yang berlebih itu sangat tidak dianjurkan sama sekali loh.

  1. Kurang tidur

    cara menurunkan berat badan
    Kurang tidur | carapedi.id

Disaat kita tidur proses metabolisme dalam tubuh tetap bekerja untuk memberikan energi bagi tubuh di hari esok. Kurangnya tidur menyebabkan metabolisme dalam tubuh menjadi tidak teratur dan meningkatkan napsu makan ke esokan harinya. Maka dari itu sebaiknya tidur yang cukup agar metabolisme tubuh tetap stabil.

Porsi tidur pada setiap usia berbeda – beda. National Sleep Foundation ( NSF ) merekomendasikan porsi tidur untuk anak remaja dan orang dewasa, diantaranya:

  • Usia 18-25 tahun, 7-9 jam perhari.
  • Usia 26-64 tahun, 7-9 jam perhari
  • Usia diatas 64 tahun 7-8 jam perhari

Berdasarkan penelitian pada tahun 2011 oleh European Heart Journal. Menyebutkan bahwa dengan kurangnya porsi tidur yang disarankan. Selain akan mengalami naiknya berat badan, seseorang juga akan mengalami resiko penyakit jantung koroner hingga 48% dalam waktu 7 hari.

  1. Stres tinggi

    cara menurunkan berat badan
    Setres tinggi | carapedi.id

Aktivitas kerja yang berat menyebabkan setiap orang mengalami stres yang tinggi. Stres membuat kita mencari pelampiasan agar merasa senang atau lebih nyaman. Salah satu yang sering dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan manis atau makan makanan dalam porsi besar. Wah gawat kan?.

  1. Kurangnnya aktivitas fisik

    cara menurunkan berat badan
    Mager | carapedi.id

Aktivitas hidup yang sibuk dengan segala kemudahan seperti akses internet hampir kesegala tempat dapat menyebabkan orang malas untuk bergerak dan lebih lama duduk.

Nah, cobalah lakukan aktivitas fisik 30 menit perhari. karena dapat mengurangi berat badan dan mengurangi resiko diabetes.

  1. Faktor genetik

    cara menurunkan berat badan
    Faktor genetik | carapedi.id

Seseorang dengan genetik gemuk memang beresiko lebih tinggi mengalamai kegemukan. Namun, pengaruhnya sangat kecil. Efek genetik ini akan jadi lebih besar jika orang tersebut mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan kurang beraktiviitas fisik.

Namun, seseorang dengan genentik mudah gemuk tetap mampu menjaga berat badan idealnya dengan menjalani pola hidup sehat dan seimbang.

Nah jika faktor penyebab naiknya berat badan sudah kita ketahui. Maka, apakah langkah – langkah cara menurunkan berat badan yang sehat yang bisa dilakukan?. Adakah cara yang mudah yang bisa dilakukan bahkan dalam kondisi sibuk sekalipun?

Tentu ada, berikut langkah – langkah yang bisa anda lakukan untuk menurunkan berat badan anda secara alami tanpa harus cape melakukan olahraga.

Langkah – langkah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

Jika anda malas melakukan olahraga fisik untuk menurunkan berat badan anda maka ada cara lain yang bisa anda lakukan. Apa sajakah itu? berikut uraiannya:

  1. Mengatur cara makan

Jika anda ingin menurunkan berat badan namun malas untuk melakukan aktifitas olahraga. Maka, anda bisa memulainya dengan mengatur cara makan anda. Cara makan yang benar akan berefek bagus bagi kesehatan anda begitu pula untuk berat badan anda. Mulailah mengatur cara makan anda dengan:

  • Mengurangi mengkonsumsi karbohidrat dan gula

Ini merupakan cara menurunkan berat badan dalam seminggu yang paling ampuh. Mengkonsumsi karbohidrat dan gula dalam porsi yang berlebih, bisa mengakibatkan naiknya berat badan anda. Hala ini disebabkan oleh karbohidrat dan gula yang bisa menambah hormon insulin.

Fungsi dasar hormon insulin adalah untuk menstabilkan gula darah. Namun, jika di konsumsi secara berlebih dan terus menerus maka lemak akan menumpuk di dalam tubuh anda.

Idealnya orang Indonesia membutuhkan jumlah kalori sekitar 130 gram karbohidrat per hari, menurut Prof. Hans Tandra. Untuk menurunkan berat badan konsumsilah karbohidrat dan gula dalam porsi yang standar.

    • Mengkonsumsi sayur dan buah

Mengkonsumsi sayur dan buah juga merupakan salah satu upaya dari cara menurunkan berat badan secara alami. Buah dan sayur sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai asupan nutrisi.

Kementrian kesehatan Indonesia dan dunia ( WHO )  menyarankan untuk mengkonsumsi sayur dan buah – buahan sebanyak 5 porsi atau setara 400 gram setiap hari.

Menurut WHO sendiri mengkonsumsi buah dan sayur dalam porsi yang cukup ( 400 gram/hari ) selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.  Hal itu juga bisa menurunkan resiko penyakit berat seperti penyakit jantung, stroke, diabetes millitus tipe 2, dan obesitas   atau berat badan berlebih.

    • Banyak minum air putih

Air putih merupakan komponen penting yang  sangat diperlukan oleh tubuh. Dr. Caroline menyarankan untuk mengkonsumsi air sebanyak 64 ons atau setara dengan 1800 ml (1,8 liter ). Minum air putih yang cukup akan membuat metabolisme tubuh menjadi lancar. Jika metabolisme tubuh lancar maka berat badan andapun akan ideal.

    • Menghindari cemilan

Setiap orang, baik itu pria ataupun wanita pasti suka dengan makanan yang satu ini, cemilan. Ya semilan, makanan yang satu ini dapat menjadi solusi untuk mengganjal rasa lapar anda sementara. Namun, sadar atau tidak jumlah kalori yang anda konsumsi dari cemilan tersebut hampir setara dengan jumlah kalori ketika anda makan nasi. Solusi jika ingin berat badan anda tetap ideal gantilah cemilah anda dengan buah – buahan. Karena sebanyak apapun anda mengkonsumsi buah tidak akan mengakibatkan kegemukan.

  1. Pernafasan

Mungkin sebagian dari anda merasa heran. Apa hubungannya cara menurunkan berat badan dengan pernapasan. Ternyata itu berpengruh loh. Kebanyakan dari kita bernapas dengan cara yang salah. Salah satunya adalah bernafas dengan dada. Ternyata bernafas menggunakan dada itu salah. Seharusnya bernafas yang benar itu dari perut atau dari diafragma.

cara menurunkan berat badan
Bernafas dengan perut | carapedi.id

Simpelnya, jika anda bernafas dengan dada atau yang punggungnya kembang kempis itu menandakan anda bernafas dengan dada. Tapi, jika anda bernafas perutnya yang kembang kempis maka anda bernafas dengan cara yang benar.

Bernafas dengan perut merupakan cara bernafas yang sangat disarankan. Karena dengan cara bernafas lewat perut atau dengan menggunakan diafragma, maka anda akan menerima asupan oksigen dalam porsi yang cukup. Hal ini akan membantu mengurangi ketegangan dan tingkat stres anda.

Jika cara bernafas anda sudah benar anda akan merasakan sendiri hasilnya yaitu perut anda akan sedikit demi sedikit mengecil.

  1. Kontras shower

Kontras shower yang dimaksud disini adalah ketika anda mandi baik itu menggunakan shower atau menggunakan gayung anda siapkan 2 jenis air. Yaitu air hangat dan air dingin.

Langkah pertama mandilah dengan menggunakan air hangat selama 2 menit. Kemudian setelah itu bilas dengan air dingin.

Kenapa mandinya harus seperti itu? Karena di dalam tubuh kita itu mengandung 2 jenis lemak. Yaitu lemak baik dan lemak jahat. Nah, ketika anda mandi dengan menggunakan air dingin maka lemak baik akan aktif dan memancarkan panas. Saat lemak baik itu aktif dia akan membakar lemak – lemak jahat didalam tubuh kita.

Kontras shower ini bukan hanya bisa digunakan untuk menurunkan berat badan saja. Tapi juga bisa menghilangkan beberapa penyakit diantaranya seperti obesitas, hipertensi selulit dan lain – lain.

  1. Pijat

Cara menurunkan berat badan secara alami dan tanpa olahraga yang terakhir adalah dengan di pijat. Siapa sih yang gak suka dipiijat?, hampir semua orang suka dipijat.

Nah, pijat yang dimaksud disini adalah dengan menggunakan kop. Banyak banget jenis kop yang bisa anda gunakan. Bahkan jasa pijat yang menggunakan kop juga banyak tuh anda bisa memilih sendiri jenis kop yang anda sukai.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.