cara menulis artikel

Cara Menulis Artikel Berkualitas Dan Seo Friendly

Diposting pada

Bagi seorang blogger menulis sebuah artikel ibarat makanan yang di konsumsi setiap hari. Bagi mereka cara menulis artikel yang berkualitas dan berstandar SEO ( Searc Engine Optimization ) bukanlah hal yang aneh. Namun, beda halnya dengan para pemula.

Bagi orang yang yang baru mengenal dunia blogging, menulis artikel merupakan hal yang sulit mereka kerjakan.

Selain masalah skill dan keterampilan, menulis artikel juga sedikit berbeda dengan cara menulis pada umumnya. Dibutuhkan jam terbang dan pengalaman yang mendalam untuk bisa lancar menulis artikel di blog.

Dulu pertama kali saya membuat blog, sayapun sama seperti yang lainnya, nulis artikel di blog terasa begitu sulit. Jangankan menulis artikel, memikirkan apa yang harus ditulispun kadang saya merasa bingung.

Nah, jika anda bernasib sama seperti saya dulu, maka anda membaca artikel yang tepat. Karena kali ini saya ingin syare kepada anda mengenai pengalaman saya menulis artikel.

Apa Itu Artikel?

Sebelum kita melanjutkan membahas cara menulis artikel berkualitas dan seo friendly kita pahami dulu arti yang tersimpan dari kata artikel itu sendiri. Apa itu artikel?

Artikel merupakan sebuah tulisan atau karangan pendek dengan panjang tertentu yang di publikasikan untuk menyampaikan gagasan, fakta, berita, hiburan ataupun informasi lainnya.

Media yang digunakan untuk mempublikasikan artikel itu ada banyak, seperti website atau blog, koran, majalah, buletin dan lain sebagainya. Nah, yang akan kita bahas kali adalah menulis artikel di blog.

Lalu timbul pertanyaan, bagaimana caranya menulis  artikel di blog yang baik dan benar?

Bagaimana Cara Menulis Artikel Yang Berkualitas Di Blog

cara menulis artikel
Gambar orang sedang menulis artikel berkualitas | carapedi.id

Pada dasarnya menulis artikel di blog itu sangat mudah sekali. Yang membuatnya menjadi sulit adalah anda tidak mengerti skema dan cara menulisnya.

Saya sendiri bukanlah orang jago dalam menulis, tapi saya belajar dari fakta dan pengalaman orang lain. Bagaimana fakta berkata dan bagaimana cara orang lain menerapkan skema dan tatacara penulisan yang baik dan benar.

Dari sanalah saya bisa mengambil kesimpulan dan jadilah tulisan tangan saya sendiri.

Jika selama ini anda merasa kesulitan ketika menulis sebuah artikel. Maka sebaiknya anda gunakan skema dan cara penulisan artikel yang baik dan benar.

Bingung?

Jika anda masih bingung, silahkan lanjutkan baca uraian saya berikut ini.

1. Tentukan Tema Tulisan

Tema merupakan bagian terpenting dari cara menulis artikel. Dengan adanya tema yang jelas maka akan memperjelas kemana arah dan tujuan tulisan tersebut.

Sebelum anda mulai menulis, sebaiknya anda tentukan terlebih dahulu tema apa yang akan anda tulis.

Jangan langsung jebred nulis gitu aja. Jika selama ini anda seperti itu, saya yakin anda akan bingung di tengah – tengah penulisan. Anda akan bingung mengenai apa lagi yang harus anda  tulis.

Pasti anda mentok dan bingung memikirkan hal apa selanjutnya yang harus anda  tulis. Maka dari itu dengan tema yang jelas dan sudah melewati pemikiran yang mendalam maka insyallah anda tidak akan bingung lagi.

2. Tetapkan Target Tulisan

Hal ini cukup menarik untuk diperbincangkan, kenapa ketika menulis harus ada target tulisan. Mungkin saya bukanlah satu – satunya orang yang membahas mengenai ini. Tapi percayalah target tulisan ini memang sangat penting dan patut anda pikirkan sebelum anda mulai menulis.

Fungsi daripada target tulisan ini adalah untuk menentukan gaya dan cara menyampaikan pesan lewat tulisan.

Maksudnya adalah, ketika anda menulis sebuah artikel anda harus memperhatikan siapa yang akan membaca tulisan anda tersebut. Apakah orang tua, anak sekolah, mahasiswa, blogger ataupun yang lainnya.

Karena beda target pembacanya maka bahasa yang digunakanpun harusnya berbeda, disesuaikan dengan target pembaca itu sendiri.

Sebagai contoh anda membuat artikel dengan target pembaca orang tua dengan umur 30 – 55 tahun keatas. Maka anda tidak mungkin membuat artikel dengan gaya bahasa untuk anak muda yang menggunakan bahasa gaul “elu atau gue”,  “bray atau bro”.

Maka dari itu sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu siapa target pembaca artikel anda nantinya.

3. Tentukan Ide Atau Gagasan Pokok Tulisan

Ide atau gagasan pokok merupakan sebuah pemikiran pokok yang mendasari jalannya sebuah cerita, dalam hal ini adalah artikel.

Sebelum anda mulai menulis sebuah artikel di blog, tentukan ide pokok tulisannya terlebih dahulu. Karena  ide pokok penulisan inilah yang akan anda bahas dan kembangkan menjadi sebuah artikel.

Di dalam penulisan artikel di blog, ide pokok tulisan biasa kita masukan ke dalam teks heading ( H1, H2, H3, H4, H5 dan H6 ).

4. Kembangkan Ide Atau Gagasan Pokok Tulisan

Setelah anda mendapatkan ide pokok bahasan, maka selanjutnya  yang harus anda lakukan adalah dengan mengembangkan ide pokok tulisan tersebut.

Kembangkan ide pemikiran yang telah dirancang sebelumnya secara terperinci dan mendetail. Agar orang yang membaca artikel anda mendapatkan sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Cara Menulis Artikel Yang Seo Friendly

cara menulis artikel
Gambar orang sedang menulis artikel di laptop | carapedi.id

Jika anda adalah seorang blogger yang memang bekerja secara online dengan memaksimalkan tulisan untuk mendapatkan dollar atau rupiah. Atau anda yang baru berkeinginan untuk menulis artikel di blog dengan tujuan mendapatkan pundi – pundi dollar.

Maka salah satu yang wajib dan kudu anda pelajari adalah cara menulis artikel seo friendly, atau artikel berstandar mesin pencari.

Maksud dari standar disini, artikel yang anda tulis tidak bisa asal ketik dan asal posting begitu saja. Tapi harus memenuhi kriteria tertentu.

Jika di ibaratkan sebuah kompetisi, maka sebelum anda mengikuti kompetisi tersebut, anda harus memenuhi beberapa syarat dan kriteria tertentu yang telah di tentukan. Jika tidak, maka anda tidak layak untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Begitupun dalam penulisan artikel, ketika anda menulis sebuah artikel dan mempostingnya   di blog. Maka artikel anda tersebut harus memiliki standar yang jelas. Nah dalam dunia internet marketing hal semacam ini disebut dengan artikel seo friendly. Lalu apa arti sebenarnya artikel seo frienly itu?.

Apa itu artikel Seo Friendly?

Artikel seo friendly adalah sebuah artikel yang di optimasi sesuai dengan keinginan mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan Yandex.

Kata “seo” itu sendiri merupakan kepanjangan dari “search engine optimization“. Yaitu sebuah teknik memaksimalkan kinerja sebuah situs sesuai dengan keinginan mesin pencari. Sehingga situs tersebut muncul pada halaman depan mesin pencari.

Jadi tujuan pembuatan artikel seo friendly itu adalah untuk memaksimalkan artikel yang ditulis, sehingga bisa muncul pada halaman 1 dari hasil pencarian ( SERP ).

Bagaimana Cara Menulis Artikel Seo Friendly Di Blog

Menulis artikel yang berstandar seo friendly tidaklah sama dengan cara menulis artikel sederhana lainnya. Hal ini disebabkan karena beda tujuan penulisannya.

Meskipun beberapa orang menganggap hal ini sudah tak lagi penting. Namun, menurut saya hal ini justru masih sangat penting untuk diperhatikan.

Sebuah artikel bisa masuk kehalaman pertama mesin pencari bukanlah sebuah kebetulan.  Melainkan dibalik itu semua, ada proses penekanan sebuah standarisasi mesin telusur.

Namun, mengenai standarisasi sebuah artikel di mesin telusur tidak ada yang mengetahuinya secara pasti. Semua yang di syare di berbagai situs, itu bukanlah standarisasi asli mesin telusur. Melainkan hasil riset dan pengalaman para mastah yang berkecimpung di internet.

Begitu pula artikel ini, yang ditulis pada artikel bukanlah kebenaran asli dari Google atapun Bing mengenai standar mereka. Melainkan hasil dari pengamatan, pengalaman dan dari berbagai media innformasi lainnya.

Nah, jika anda ingin membuat sebuah  artikel dengan standar seo maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan.

Karena seperti yang saya bilang diawal bahwa membuat artikel seo friendly itu berbeda dengan artikel – artikel lainnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda lakukan ketika membuat sebuah artikel seo frienly.

1. Riset kata kunci

Ketika kita ingin memaksimalkan artikel di hasil pencarian mesin telusur maka kita harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

Kenapa harus melakukan riset kata kunci?

Karena mesin pencari seperti Google akan menampilkan artikel berdasarkan kata kunci yang di ketikan oleh setiap orang di Google.

Maka dari itu, sebelum kita menulis, yang harus kita lakukan adalah mencari kata kunci apa yang biasa orang ketikan di google ketika mencari informasi.

Di Internet ada banyak sekali tools tempat mencari kata kunci yang akan anda bidik. Seperti keywoard planer dari Google dan Ubersuggest milik neilpatel.

2. Artikel lengkap dan terperinci

Saat ini Google dalam menentukan hasil pencariannya mengikuti prilaku manusia. Ketika kita mencari informasi mengenai suatu hal, kita pasti menginginkan pembahasan yang jelas dan detail.

Begitupun dengan Google ataupun mesin telusur lainnya. Penjelasan yang mendetail sangat bagus sekali untuk mesin pencari selain daripada disukai oleh pembaca.

Hal ini berdampak pada panjang atau pendeknya sebuah artikel yang anda tulis. Semakin panjang tulisan anda, maka seharusnya semakin detail penjelasan dari artikel yang anda tulis tersebut.

Nah, maka dari itu jika anda menginginkan artikel anda bagus di hasil pencarian mesin telusur, maka buatlah artikel sedetail mungkin. Dengan panjang uraian artikelnya minimal 500 kata.

3. Gunakan subhider pada setiap ide pokok tulisan

Adanya subhider sangat penting dalam artikel, hal ini berfungsi untuk mempermudah mesin pencari mengindex artikel anda. Selain dari pada itu, hal ini juga berperan penting bagi orang yang membaca artikel anda.

Ketika orang membaca artikel yang anda tulis maka orang tersebut dengan mudah memahami setiap sub pokok bahasan dari artikel anda.

Dengan adanya subhider ini pula, anda bisa dengan mudah menggunakan dan menginstal plugin daftar isi di blog anda. Sehingga pembaca dengan mudah bisa menemukan pokok bahasan yang mereka inginkan.

4. Gunakan artikel yang original

Google dan mesin pencari lainnya sangat tidak menyukai konten duplikat atau copas. Maka dari itu untuk memaksimalkan kinerja artikel anda di mesin pencari gunakanlah artikel hasil pemikiran anda sendiri, tulisan tangan anda sendiri. Bukan hasil dari copas artikel orang.

Jika kita analogikan, jangankan mesin pencari seperti Google. Kita saja sebagai manusia, sangat tidak meyukai pembajakan bukan?. Nah, hal inipun berlaku pada mesin pencari.

Setiap tulisan yang terbit di Google, maka artikel tersebut memiliki hak cipta. Jika anda melanggarnya maka Google akan menganggapp artikel yang anda posting tersebut sebagai sebuah spam.

5. Sisipkan gambar atau foto

Salah satu teknik cara menulis artikel seo yang tidak boleh dilewatkan adalah menyisipkan gambar atau foto pada artikel.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, bukan hanya untuk mesin pencari tapi juga untuk manusia. Mayoritas orang akan lebih suka dan senang dengan konten yang dilengkapi dengan gambar.

Nah, begitu pula dengan mesin pencari, Google akan menganggap sebuah artikel itu berkualitas apabila lengkap penjelasannya. Artikel yang dianggap lengkap adalah artikel yang memiliki semua perangkat yang lengkap, salah satunya adalah gambar.

6. Berikan efek huruf tebal dan miring

Saat ini, tidak sedikit orang yang bilang bahwa dengan memberikan efek bold dan italic pada artikel yang ditulis tidak akan memberikan dampak apa – apa pada seo.

Hal ini berbeda dengan yang saya pahami. Saat ini bukankah Google mengikuti perilaku manusia dalam menentukan hasil penelusurannya?.

Sementara seperti yang kita tahu, bahwa dalam tatacara penulisan yang baik dan benar adalah dengan memberikan efek italic pada setiap kata asing. Atau memberikan tanda bold pada setiap kata yang penting?.

Hal ini sudah memang seharusnya ada dan di gunakan dalam penulisan artikel. Artikel yang akan di anggap bagus oleh Google adalah artikel yang berkualitas tinggi.

Sementara artikel yang berkualitas tinggi adalah artikel yang ditulis berdasarkan kaidah – kaidah penulisan yang benar dan sesuai aturan.

Yang saya pahami ketika tidak boleh menggunakan bold dan italic pada artikel adalah dengan menggunakannya secara berlebihan dan tidak relevan.

Jika bold dan italic tidak digunakan secara seharusnya, jangankan mesin pencari, kita sebagai pembacanyapun akan merasa terganggu.

Kesimpulan

cara menulis artikel
Gambar ilustrasi kesimpulan cara menulis artikel berkualitas | carapedi.id

Bagaimana? cukup mudah bukan membuat artikel berkulitas itu. Sekarang anda tidak perlu bingung – bingung lagi ketika menulis artikel yang berkualitas dan berstandar seo tersebut. yang harus anda lakukan adalah:

  1. Menentukan tema yang akan ditulis.
  2. Menentukan target pembaca.
  3. Menentukan ide pokok bahasan.
  4. Mengembangkan ide pokok bahasan.
  5. Melakukan riset kata kunci tulisan yang akan dibuat.
  6. Menjabarkan secara  detail dan terperinci isi artikel yang dibahas.
  7. Menggunakan subhider pada setiap ide pokok bahasan.
  8. Menulis artikel original tidak copas.
  9. Menyisipkan gambar pada artikel.
  10. Membaerikan efek bold dan italic pada setiap kata yang penting.

Nah, itulah beberapa hal yang harus anda lakukan untuk membuat artikel berkualitas dan ramah di mesin pencari seperti Google.

Panduan cara menulis artikel ini mungkin bukanlah satu – satunya yang bisa anda temui di internet. Ini hanya tulisan kecil dan sederhana dari saya sebagai orang yang juga masih belajar cara menulis yang benar di blog.

Jika anda memiliki saran lain, silahkan anda bisa masukan saran anda  di kolom komentar atau dengan menghubungi kami lewat kontak.

Terikasih.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.