cara menjadi youtuber
Halaman Beranda YouTube

7 Cara Menjadi Youtuber Sukses, Pemula Wajib Baca!

Diposting pada

Siapa sih yang tidak mau dan tidak ingin menjadi seorang YouTuber yang sukses dengan memiliki ribuan bahkan jutaan subscribers. Semua orang pasti menginginkan hal tersebut. Namun tidak semua orang mengetahui bagaimana cara menjadi YouTuber yang sukses tersebut. Apalagi bagi seorang pemula, menjadi seorang Youtuber sukses, seperti bermimpi yang sulit untuk di wujudkan.

Apalagi sekarang ini bermunculan YouTuber-YouTuber baru yang semakin menyulitkan dan menambah persaingan di YouTube semakin ketat. Namun dari sekian banyaknya YouTuber yang muncul hanya beberapa saja yang bisa menjadikan Channel YouTube nya terkenal dan mendapatkan banyak suscribers.

Apa yang harus anda lakukan?

Jika berbicara uang dan kesuksesan, YouTube  memang merupakan salah satu tempat yang bisa anda gunakan untuk meraih itu. Namun fakta nya tidak se manis itu, sukses hingga bisa menghasilkan uang di YouTube  bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Bahkan menurut cerita beberapa orang yang sudah sukses lebih dulu di YouTube , mereka mengorbankan banyak hal untuk itu.

Nah ini bisa menjadi hal yang harus anda pelajari. Banyak hal yang harus anda lakukan untuk menjadi seorang YouTuber yang sukses.

Banyaknya YouTuber yang gagal harus menjadi pelajaran bagi anda. Agar anda tidak melakukan kesalahan yang mereka lakukan.

Hindari 6 Kesalahan yang sering dilakukan YouTuber pemula

YouTube memang tidak selalu berbuah manis, beberapa orang justru merasakan pahit dan gagal nya di YouTube. Nah anda jangan sampai seperti mereka. Sebelum semua itu terjadi hindari 6 kesalahan yang paling sering dilakukan oleh YouTuber pemula berikut ini:

a. Buat Channel YouTube  karena tergiur uang

Banyaknya informasi orang-orang yang sukses hingga mendapatkan ratusan juta dari YouTube  membuat sebagian orang tergiur akan hal ini. Hal ini memang tidak salah karena YouTube memang benar bisa memberikan uang begitu banyak.

Namun hal ini akan jadi salah apabila tujuan anda sebagai pemula membuat  YouTube  hanya untuk menghasilkan uang saja. Kenapa hal ini dianggap salah? karena jika tujuan anda membuat Channel YouTube  untuk  mendapatkan uang maka ini akan mendekatkan anda pada kegagalan.

Ingat mencari uang di YouTube  bukanlah hal yang mudah, jika tujuan anda adalah uang, saat anda merasa sulit mendapatkan uang dari YouTube  maka seketika itu juga anda akan menyerah.

b. Tidak memiliki partner

Ini menjadi salah satu hambatan ketika anda terjun ke dunia YouTube. Tidak  memiliki partner atau teman ketika anda bergelut di YouTube  maka akan menyulitkan anda ketika menemukan masalah. Belum lagi membuat konten sendiri lebih sulit ketimbang anda membuatnya bareng teman atau partner anda.

c. Tidak memperhatikan kualitas konten

Pemula kenapa sering gagal, karena mereka tidak begitu memperhatikan konten yang mereka buat. Konten yang tidak rapi dan asal-asalan akan membuat penonton ogah untuk melihat atau mampir ke Channel YouTube nya.

d. Jarang upload video atau konten

Konten adalah segalanya, dan konten YouTube adalah video. Jika anda jarang sekali upload video ke YouTube maka sudah di pastikan Channel tersebut akan sepi pengunjung dan terlihat tidak profesional.

e. Salah memilih niche YouTube

Ini adalah kesalahan paling fatal yang sering kali di lakukan oleh pemula ketika membuat Channel YouTube. Mereka salah memilih niche atau tema YouTube nya. Kebanyakan para pemula memilih niche YouTube yang tidak mereka kuasai yang pada akhirnya konten yang mereka buat menjadi berantakan dan tidak rapi.

f. Tidak membaca aturan YouTube dan adsense

Para pemula tidak menyadari bahwa salah satu cara menjadi YouTuber yang sukses itu ada aturannya. YouTube hasilnya memang menggiurkan, namun bukan berarti mereka tidak menggunakan aturan. YouTube memiliki aturan dan kebijakan sendiri yang sudah tentu harus di taati oleh setiap orang yang berkepentingan dengan YouTube.

Bagaimana cara menjadi YouTuber yang sukses dan terkenal?

Cara menjadi YouTuber yang sukses dan terkenal memang bukan perkara yang mudah, namun bukan berarti pula tidak bisa dilakukan. Untuk menjadi seorang YouTuber  yang  sukses dan terkenal anda bisa ikuti beberapa tips berikut ini:

a. Tentukan niche atau jenis konten video yang menarik

Dalam membangun sebuah Channel YouTube yang besar dan memiliki kesempatan sukses yang besar pula maka anda harus menggunakan niche yang menarik dan banyak di cari orang di YouTube.

Ada 2 tipe orang yang berkunjung ke YouTube:

  1. Mencari informasi.
  2. Mencari hiburan.

Dari kedua hal tersebut anda sebagai orang yang akan membuat konten, kira-kira yang mana yang akan anda buat kan konten nya?.

Dalam membuat konten usahakan anda benar-benar menguasai konten tersebut. Karena akan sangat repot jika anda memaksakan hal yang tidak anda kuasai. Bukan hanya itu saja, jika anda membuat konten yang tidak anda kuasai maka konten yang anda buat akan terbuang dengan sia-sia. Karena kualitas konten yang buruk tidak akan di lihat oleh pengunjung YouTube.

b. Membuat Channel YouTube yang unik

Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah mulai membuat Channel. Tips membuat Channel YouTube sebelumnya sudah saya buat kan tutorial nya, silahkan anda baca dan pelajari terlebih dahulu sebelum anda lanjutkan membaca artikel ini.

Penting!!!

Ketika anda membuat nama Channel YouTube, perhatikan hal berikut ini:

  1. Nama Channel yang mudah di eja.
  2. Mudah di ingat.
  3. Unik.

Hal tersebut kelihatannya memang sepele namun justru sangat powerfull. Ketika seseorang menemukan konten video anda dan dia suka dengan isi konten nya maka dia dengan mudah menghafal dan datang lagi ke Channel anda. Membuat nama Channel yang unik merupakan salah satu cara menjadi YouTuber yang sangat penting dan tidak boleh di lewatkan.

c. Buat konten yang menarik

Konten YouTube adalah video, maka dari itu buatlah video yang menarik dan memiliki nilai manfaat lebih untuk pengunjung. Namun perhatikan juga niche Channel anda, hati-hati jangan keluar dari niche Channel anda karena akan membuat Channel anda terlihat berantakan.

Jika sekali waktu boleh saja anda buat konten di luar niche hanya saja yang terlalu sering.

Untuk membuat konten yang menarik dan banyak di cari orang anda buatlah konten yang memang sedang booming. Manfaatkan Google trend untuk riset hal-hal yang sedang ramai di cari orang di internet.

d. Bangun Channel anda secara natural

Diluar sana banyak sekali jasa subscribers otomatis yang menggunakan bot. Ini bisa membuat Channel YouTube anda memiliki subscribers dengan cepat. Namun, hal ini justru tidak bagus untuk perkembangan Channel anda. Karena subscribers dari jasa-jasa tersebut biasanya bukan manusia melainkan robot.

Lalu bagaimana cara mendapatkan subscribers yang benar dengan cepat?

Semua hal tentu tidak akan bagus jika pengen serba instan, lihat saja mie instan aja tidak disarankan di konsumsi banyak-banyak begitu juga dengan subscribers yang instan.

Untuk mendapatkan subscribers yang banyak dengan mudah maka lakukan hal-hal berikut ini:

  • Perhatikan kualitas konten.

Konten adalah segalanya, dalam pembuatan nya anda harus benar-benar memperhatikan kualitas konten tersebut. sebagai catatan juga jangan sekali-kali anda mengunggah video milik orang lain. Ini akan merusak citra Channel anda.

  • Gunakan judul yang menarik dan membangkitkan rasa penasaran orang.

Judul memiliki kekuatan tersendiri, nah maka dari itu buatlah judul yang menarik dan bisa membuat orang lain penasaran. Namun, jangan berlebihan.

e. Optimasi halaman profil dan deskripsi Channel dengan baik

Tips cara menjadi YouTuber selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan halaman profil Channel. Ini merupakan hal kecil yang sangat penting sekali. Hal ini berguna untuk membuat Channel anda terlihat lebih profesional dan ramah terhadap mesin pencari.

  • Gunakan backrund header Channel anda dengan gambar yang menggambarkan isi dari Channel anda.
  • Gunakan deskripsi Channel yang singkat padat dan jelas.
  • Tambahkan tombol media sosial lain jika anda memilikinya.

f. Pelajari aturan YouTube dan adsense

Ketika anda terjun ke dunia YouTube, maka aturan YouTube dan aturan adsense merupakan kedua hal yang harus anda ketahui. Ini bagian terpenting yang harus di ketahui oleh seorang YouTuber.

Dari kedua hal tersebutlah anda bisa sukses dan mendapatkan uang. Jika anda melanggar aturan YouTube dan adsense maka sebanyak apapun view konten video anda tidak akan menjadi uang.

g. Promosikan Channel anda

Tips cara menjadi YouTuber  yang  sukses dan terkenal yang terakhir adalah dengan mempromosikan situs anda. Ini juga merupakan bagian penting, promosikan situs anda ke teman saudara maupun sahabat.

Namun jika anda gengsi untuk mempromosikan secara langsung kepada mereka maka cara yang paling ampuh adalah dengan memasang iklan anda di Google atau pun di Facebook.

Nah, itulah artikel 7 cara menjadi Youtuber sukses, pemula wajib baca! ala carapedi. Silahkan anda coba dan praktikan sendiri. Anda juga bisa simak video 3 cara jadi Youtuber ala Atta Halilintar berikut ini:

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.