cara meningkatkan percaya diri
Jadilah Percaya Diri Layaknya Superman Yang selalu Siap Lindungi Bumi | Carapedi.id

20 Tips Ampuh Cara Meningkatkan Percaya Diri

Diposting pada

Cara meningkatkan percaya diri merupakan sebuah pengetahuan yang wajib diketahui oleh setiap orang. Rasa percaya diri merupakan modal utama untuk berhasil dalam berbagai aspek. Dengan rasa percaya diri kita mampu menaklukan semua tantangan yang kita hadapi, baik itu urusan karir ataupun hal lainnya.

Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki rasa percaya diri yang cukup. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang memperlakukan dirinya sendiri dengan buruk. Merasa tidak berguna dan tidak berharga.

Percaya diri merupakan modal  utama yang sangat penting untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.Orang yang memiliki rasa percaya diri, akan memiliki potensi lebih besar untuk sukses baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam karirnya.

Begitu pula sebaliknya, orang yang kurang percaya diri cenderung lebih sulit untuk bergaul dan mendapatkan teman, sehingga peluang sukses sangat kecil sekali.

Maka dari itu, penting rasanya untuk kita ketahui cara meningkatkan percaya diri. Selain mudah mendapatkan teman kitapun akan memiliki lebih banyak peluang untuk sukses dibidang karir.

Faktor Penyebab Tidak Percaya Diri

Kenapa seseorang bisa merasa tidak percaya diri?. Hal ini bisa kita telusuri dari sejarah kehidupannya. Karena hal yang paling kuat mempengaruhi prilaku seseorang adalah masa lalu. Baik itu dimasa anak – anak ataupun masa – masa dimana dia mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan.

Nah, berikut ini beberapa faktor penyebab seseorang merasa tidak percaya diri:

1. Terabaikan

Seseorang menjadi tidak percaya diri salah satu penyebabnya adalah karena terabaikan. Ketika masa anak – anak tumbuh dan berkembang dengan kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang akan membuat seseorang merasa terabaikan dan acuh ketika ia tumbuh dewasa.

Dari hal inilah mereka sulit untuk mempercayai bahkan sulit untuk bergaul dengan orang lain. Sehingga pada akhirnya mereka akan menutup diri dan lebih senang sendirian ketimbang bersama orang lain.

2. Faktor Keluarga

Kebanyak  orang tua mendoktrin anaknya untuk mewujudkan mimpinya yang tidak terwujud tanpa memperhatikan potensi dan keinginan anaknya. Tanpa mereka sadari, mereka membuat kesalahan besar.

Mereka menunjukan jalan yang tidak di sukai oleh anaknya. Sehingga pada akhirnya si anaknya ini merasa tidak percaya diri untuk menjalani apa yang akan dihadapinya. Karena merasa hal tersebut bukan fashionnya.

3. Pengalaman Buruk

Salah satu faktor penyebab tidak percaya diri adalah pengalaman buruk. Manusia selalu belajar dari masa lalu yang telah di lewatinya. Masalahnya pengalaman itu tidak selalu baik, terkadang hal yang kita alami justru malah hal yang buruk. Dari pengalaman buruk ini, kadang seseorang merasa kapok. Merasa takut hal yang sama terjadi kembali.

4. Penampilan

Ini merupakan hal yang paling besar dalam mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Orang yang berpenampilan buruk akan cenderung membanding – bandingkan dirinya dengan orang lain yang lebih baik.

Hal ini akan mengakibatkan dia merasa rendah, malu dan tidak percaya diri. Sehingga pada akhirnya dia akan menjauhkan dirinya dari lingkungan sosialnya.

5.  Baperan

Baper ( bawa perasaan ) merupakan sikap seseorang yang selalu merasakan setiap omongan orang lain dengan hatinya. Dia akan selalu terpaku dengan  omongan orang lain tentang dirinya. Jika hal ini terus dibiarkan akan berdampak buruk untuk dirinya sendiri.

Dengan terus mendengarkan omongan orang lain apalagi sampai membawa perasaan akan membuat kita sulit untuk megetahui potensi diri. Yang pada akhirnya berujung pada tidak percayanya kita pada diri sendiri.

Ciri – Ciri Seseorang Tidak Percaya Diri

Pada umumnya seseorang yang kurang percaya diri akan memiliki ciri  ciri sebagai berikut:

  1. Pemalu, sulit untuk bersosialisasi dengan orang lain.
  2. Selalu bersikap pesimis.
  3. Selalu menanggapi kritikan dengan negatif.
  4. Sulit berpendapat atau bertanya.
  5. Sering bersikap murung dan setres.
  6. Tidak mau ambil resiko.
  7. Tidak mau ribet.
  8. Tegesa – gesa.
  9. Takut untuk memikul tanggung jawab.

Bagaimana Cara Meningkatkan Percaya Diri

Kurangnya rasa percaya diri akan membuat seseorang selalu berpikiran negatif. Lupa akan potensi dirinya sendiri, yang dipikirkan hanya kekurangannya saja. Hal ini tentu sangat tidak baik untuk perkembangan dirinya. Nah, berikut ini cara – cara meningkatkan percaya diri yang bisa anda coba.

1. Tidak Baperan

Seperti yang diuraikan sebelumnya bahwa sifat baperan merupakan salah satu faktor penyebab tidak percaya diri pada seseorang. Maka dari itu untuk meningkatkan rasa percaya diri, kita sebaiknya jangan baperan. Dengan selalu mendengarkan omongan orang kita menjadi lupa akan diri kita yang sebenarnya.

Untuk itu anggaplah setiap omongan sebagai dorongan untuk berkembang lebih baik. Jadikan setiap omongan orang sebagai hal yang harus anda buktikan dengan hal yang jauh lebih baik.

2. Memperbaiki Penampilan

Penampilan merupakan faktor penting dalam hal percaya diri. Terkadang kita sering merasa tidak percaya diri saat penampilan kita kacau. Maka dari itu untuk menambah rasa percaya diri, perbaikilah penampilan anda semaksimal dan senyaman mungkin.

Misalnya saat anda mau ngedate dengan pacar ataupun gebetan maka gunakanlah pakaian yang paling cocok dengan anda. Gunakan farfum agar bau badan anda tidak tercium oleh gebetan. Tips berpakaian anda bisa baca artikel saya sebelumnya mengenai cara berhijab simple dan modis, atau cara nyari dress untuk orang berbadan gempal.

3. Fokus Pada Kelebihan Diri Sendiri

Seseorang tidak percaya diri karena dia  tidak mengetahui kelebihan dirinya sendiri. Padahal setiap orang memiliki kelebihan sendiri – sendiri, untuk itu kenali dan temukan kelebihan tersebut.

Untuk meningkatkan kualitas hidup maka kita butuh persaingan. Untuk memenangkan persaingan tersebut maka kita membututuhkan keahlian yang lebih besar ketimbang pesaing kita. Namun, anda tidak akan mengetahui keahlian anda sebelum anda benar – benar secara totalitas mencobanya. Coba dan aplikasikan kelebihan anda pada hal yang anda  sukai.

4. Selalu Optimis

Sikap optimis merupakan sikap positif yang selalu berpandangan baik akan suatu hal yang terjadi. Orang yang memiliki sikap optimis akan selalu percaya diri, karena dia selalu pecaya bahwa apa yang akan dan telah terjadi, merupakan hal terbaik untuk dirinya.

Sikap optimis merupakan salah satu cara meningkatkan percaya diri yang baik untuk dilakukan. Untuk itu anda wajig melakukannya.

5. SKSD ( Sok Kenal Sok Dekat )

Orang yang tidak percaya diri dan pemalu biasanya memiliki sedikit teman. Karena orang seperti ini biasanya lebih baik menunggu orang lain menyapa terlebih dahulu ketimbang dirinya memperkenalkan diri.

Jika hal ini terus dibiarkan, maka anda akan terus kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Bersikap sok kenal sok dekat dengan orang lain yang baru dikenal kadang jauh lebih baik ketimbang kita diam saja. Biasakan untuk menyapa orang terlebih dahulu sebelum orang lain menyapa, meski kita belum mengenalnya.

6. Banyak Baca  Buku

Buku merupakan sumber dan pusatnya ilmu pengetahuan, membaca merupakan kunci pembukanya. Dengan banyak membaca buku maka ilmu yang di dapat akan semakin banyak pula.

Seseorang merasa tidak percaya diri karena tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Sebagai contoh, ketika anda mau persentasi dalam mata kuliah tertentu maka anda tidak akan percaya diri sebelum anda menguasai materi persentasenya terlebih dahulu. Maka dari itu salah satu cara meningkatkan percaya diri adalah dengan membaca banyak buku.

7. Selalu Bersyukur

Orag yang selalu bersyukur dengan apa yang telah diterimanya cederung lebih percaya diri menghadapi apapun. Karena sudah merasa apa yang telah ada pada dirinya dan apa ayng telah diterimanya adalah anugerah terbaik dari tuhan yang maha kuasa.

Dengan selalu bersyukur seseorang akan terhindar dari setres sehingga akan terus merasa tenang. Bersyukur merupakan cara meningkatkan percaya diri yang plaing mudah sekali untuk dilakukan.

8. Selalu Ingat Sebab Dan Akibat

Teori ini sangat sederhana dan simple sekali. Namun, jika anda secara konsisten menggunakannya maka akan sangat efektif sekali. Kenapa demikian? karena, secara otomatis anda akan selalu berpikir dan mengantisipasi hal buruk yang akan terjadi.

Sebagai contoh ketika anda akan menghadapi sidang sekripsi. Anda gagal karena anda tidak percaya diri. Atau anda tidak lulus sidang karena anda tidak mempersiapkan dengan matang materi yang akan di uji. Anda harus mengulang penelitian sekripsi hanya karena anda tidak percaya diri ketika persentasi.

Denga mengetahui sebab dan akibatnya maka anda akan selalu mengatisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

9. Ingat Prestasi Anda Dimasa Lalu

Seseorang merasa tidak percaya diri karena merasa dalam hidupnya belum menghasilkan apa – apa. Padahal setiap orang pasti pernah memiliki prestasi sepanjang hidupnya baik itu prestasi kecil ataupun besar.

Untuk mengembalikan rasa percaya diri, ingatlah masa – masa dimana anda pernah mencapai sebuah prestasi. Ingatlah dimana anda pernah dibanggakan oleh orang lain.

10. Biasakan Untuk Selalu Tersenyum Di Pagi Hari

Ini merupkan salah satu cara mengekpresikan sikap positif dalam diri. Percaya atau tidak, dengan tersenyum sebelum mengawali kegiatan mampu mengusir rasa gugup dan tidak percaya diri dalam waktu singkat.

Tersenyum merupakan gambaran prilaku positif sehingga hal – hal yang berbau negatif akan minggat dengan sendirinya ketika anda tersenyum. Seperti yang “afgan” bilang, senyumu mengalihkan duniaku. Ini membuktikan betapa dahsyatnya dampak tersenyum itu.

11. Lakukan Segala Hal Seperti Anda Melakoni Hobi

Setiap orang memiliki hobi yang berbeda – beda, namun apapun itu jika sudah berkaitan dengan yang namanya hobi pasti merasa nyaman ketika kita melakoninya. Nah, untuk meningkatkan rasa percaya diri, maka lakukan semua yang anda jalani seperti anda melakoni hobi.

Anggap saja apa yang anda jalani saat ini adalah hobi anda, apalagi masalah pekerjaan. Banyak orang yang bilang, jangan cari pekerjaan tapi carilah hobi yang bisa jadi pekerjaan.

12. Selalu Berkata Positif

Terkadang apa yang membuat kita tidak percaya diri adalah omongan kita sendiri. Kita sering berkata negatif sehingga pada akhirnya mendoktrin diri sendiri untuk tidak percaya akan kemampuan dan potensi diri.

Berucaplah dengan bahasa dan kata yang baik selalu katakan bahwa anda bisa dan anda yang terbaik. Yang pada akhirnya dengan kata – kata seperti ini akan mensugesti diri anda  untuk berhasil.

13. Bebaskan Diri

Seseorang jadi merasa tidak percaya diri karena merasa terkekang. Untuk itu bebaskan pikiran anda dari berbagai hal. Ekpresikan diri anda melalui berbagai hal yang positif seperti berolahraga, bermain bersama teman dan lain sebagainya. Jangan biarkan diri anda terus menyendiri.

14. Jangan Mengeluh

Salah satu cara meningkatkan percaya diri adalah dengan tidak mengeluh. Mengeluh adalah sikap negatif yang menggambarkan keburukan anda menyikapi sebuah permasalahan. Maka dari itu hindarilah sikap seperti ini karena jika terus anda pertahankan hal ini akan membuat anda tidak percaya diri untuk menjalani hal tersebut.

Sebuah masalah tidak akan selesai ketika anda mengeluh. Masalah akan selesai ketika anda berusaha menyelesaikannya dengan penuh rasa tanggung jawab.

15. Jangan Pelit

Percaya atau tidak orang yang pelit akan memiliki sikap percaya diri lebih rendah ketimbang orang yang royal. Orang pelit akan merasa dirinya kurang mampu untuk memberikan apa yang dimilikinya, meskipun hanya sedikit.

Sikap seperti ini akan memberi penekanan negatif pada psikologi anda. Secara tidak langsung anda sedang membangun markas sendiri tanpa ingin di campuri orang lain. Yang pada akhirnya anda akan merasa sendiri dan benar – benar sendiri karena teman anda akan menganggap anda orang yang tidak penting.

16. Belajar Tanggung Jawab

Sikap tanggung jawab merupakan sikap seorang pahlawan. Mengapa demikian karena melakukan hal tersebut tidaklah mudah. Bersikap tangung jawab atas kesalahan sendiri akan berdampak positif untuk perkembangan diri anda.

Disamping itu ketika anda berani mempertanggung jawabkan kesalahan yang telah anda lakukan akan membuat orang lain percaya terhadap diri anda yang pada akhirnya rasa percaya diri anda akan meningkat berlipat – lipat.

17. Selalu Bertindak Sesuai Recana

Ketika sebuah tindakan dilakukan tanpa adanya rencana maka hasil yang didapat tidak akan memuaskan bahkan cenderung gagal. Kegagalan ini diakibatkan karena ketidaksiapan dan tidak percaya diri ketika anda melakukan hal tersebut. Karena merasa terburu – buru dan tergesa – tergesa.

Untuk itu sebaiknya biasakan bertindak sesuai dengan perencanaan. Buatlah daftar rencana sebelum anda melakukan sebuah kegiatan atau sebuah pekerjaan.

18. Tetapkan Tujuan Anda

Tentukan tujuan yang ingin anda capai beberapa waktu kedepan. Kemudian buktikan kepada diri anda bahwa anda mampu mencapai tujuan tersebut. Ini bertujuan untuk melatih sikap dan mental positif dalam diri anda.

19. Selalu Mengawali Segala Perbuatan Dengan Doa

Bagi orang muslim doa merupakan sebuah senjata yang sangat ampuh. Namun, agama yang lainpun mengajarkan hal yang sama. Dengan berdoa anda percaya bahwa ada kekuatan lain yang mampu membantu anda untuk mencapai tujuan anda.

20. Selalu Ingat Dengan Tuhan

Cara meningkatkan percaya diri yang terakhir adalah dengan selalu mengingat tuhan YME. Kita tidak bisa memungkiri hal ini, bahwa setiap masalah yang kita hadapi adalah aas kehendak sang pencipta alam semesta yaitu tuhan.

Dengan selalu megningat tuhan YME serta selau merasa dekat dengannya akan memberikan dampak positif yang sangat tinggi. Karena anda merasa yakin bahwa ada tuhan pemilik segalanya yang selalu bersama anda.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.