cara menghilangkan kapalan
Ilustrasi kaki | Carapedi.id

Cara Menghilangkan Kapalan Dengan Mudah Dan Cepat

Diposting pada

Kapalan adalah sebuah kondisi kulit yang mengalami penebalan dan pengerasan akibat dari gesekan yang berulang-ulang, iritasi ataupun tekanan lainnya. Siapa saja yang mengalami kapalan dijamin pasti tidak akan merasa percaya diri. Karena kapalan bisa merusak penampilan dan menghilangkan rasa percaya diri. Sehingga tidak heran jika sekali orang yang mencari berbagai cara menghilangkan kapalan.

Kapalan bisa muncul karena beberapa faktor penyebab, seperti adanya iritasi dan tekanan yang terjadi secara intens. Meski terlihat sangat mengganggu penampilan, namun kapalan tidak termasuk kedalam jenis penyakit yang berbahaya. Namun kendati demikian dalam tingkatan yang lebih serius, kapalan bisa menyebabkan rasa sakit. Nah jika sudah seperti ini maka segera lakukan tindakan oleh dokter kulit yang ahli di bidangnya.

Apa penyebab timbulnya kapalan?

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya kapalan yang di alami oleh seseorang. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kulit kering.
  2. Berkurangnya lapisan lemak pada kulit.
  3. Kebiasaan kerja yang menekan area tertentu, contoh pekerja yang menggunakan palu, cangkul setiap hari dan lain sebagainya.
  4. Kebiasaan duduk yang terlalu lama.
  5. Olahraga raket.
  6. Dan lain sebagainya.

Apa saja gejala kapalan?

Beberapa gejala yang timbulnya kapalan pada kulit diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kulit menjadi keras dan timbul benjolan-benjolan. Kulit memiliki sifat dasar halus, namun hal tersebut akan berubah jika anda mengalami kapalan. Area yang mengalami kapalan akan berubah menjadi keras dan timbul benjolan-benjolan.
  2. Kulit menebal dan kasar. Kapalan biasanya muncul pada area tertentu seperti pada telapak kaki, lutut maupun tangan, salah satu gejala nya adalah terjadi penebalan yang sangat signifikan. Kulit yang mengalami penebalan tersebut biasanya juga akan terasa sangat kasar bahkan terkadang disertai rasa nyeri ketika berjalan.
  3. Timbul rasa sakit pada area bawah kulit. Bagian kulit yang mengalami kapalan biasanya akan terasa sakit saat beraktivitas seperti saat berjalan ataupun yang lainnya.
  4. Kulit terkelupas. Biasanya kulit yang mengeras akan mudah terkelupas, namun  kulit tersebut akan kembali utuh seperti semula.
  5. Bernanah dan terasa sakit. Pada kondisi dimana kapalan sudah para maka bisa menimbulkan cairan nanah bahkan terasa sakit. Jika kapalan yang anda alami sampai pada level ini maka saya sarankan jangan sampai anda biarkan atau di tangani sendiri. Sebaiknya segera bawa ke dokter agar ditangani secara medis.

Bagaimana cara menghilangkan kapalan?

Cara menghilangkan kapalan sebenarnya sangat mudah sekali. Caranya bisa menggunakan obat-obatan, ke dokter maupun dengan cara yang alami yang bisa anda lakukan dengan mudah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda  gunakan untuk mengatasi penyakit kapalan.

a. Cara menghilangkan kapalan dengan minyak zaitun dan kopi

Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan kapalan adalah dengan menggunakan campuran minyak zaitun dan kopi. Caranya sangat mudah, silahkan anda iuti seperti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan minyak zaitun dan bubuk kopi hitam (tanpa gula) secukupnya.
  2. Campur kan kedua bahan tersebut hingga tercampur sempurna.
  3. Buat lulur pada area yang terdapat kapalan atau kulit keras di badan anda.
  4. Diamkan 30 menit.
  5. Bilas menggunakan air hangat.
  6. Untuk hasil maksimal, gunakan cara ini 2 hari satu kali atau 1 minggu 3 kali.
  7. waktu penggunaan bisa di sesuaikan mau pagi, siang ataupun sore dan malam sebelum tidur.

b. Cara menghilangkan kapalan dengan air lemon dan cengkeh

Lemon memang sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Begitu pula dengan cengkeh, buah cengkeh memiliki khasiat luar biasa dalam dunia pengobatan. Namun tahukah anda bahwa ternyata kedua obat herbal tersebut juga memiliki khasiat luar biasa untuk mengobati kapalan yang anda alami saat ini.

Cara menggunakan cengkeh dan lemon untuk mengobati kapalan adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan air lemon setengah gelas atau secukupnya saja.
  2. Siapkan beberapa biji buah cengkeh.
  3. Rendam buah cengkeh selama 15 hingga 30 menit.
  4. Angkat buah cengkeh dan gunakan air lemon tersebut dan oleskan pada kulit yang mengalami kapalan.
  5. Oleskan secara perlahan dan merata.
  6. Untuk mendapatkan hasil maksimal gunakan cara ini setiap hari atau seminggu 3  kali.

c. Menghilangkan kapalan dengan baking  soda

Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata baking soda selain bisa digunakan dalam pembuatan kue juga bisa digunakan untuk menghilangkan kapalan. Cara menggunakannya silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan baking soda secukupnya.
  2. Siapkan setengah ember air hangat.
  3. Masukan baking soda tersebut ke dalam air hangat.
  4. Aduk hingga larut.
  5. Rendam kaki atau tangan yang kapalan dengan menggunakan campuran baking soda dan air hangat tersebut.
  6. Rendam selama 15-20 menit.
  7. Gosok kaki atau tangan anda tersebut dengan batu apung agar kulit yang kapalan terkikis dan menipis.

d. Cara menghilangkan kapalan dengan cuka dan bawang putih

Salah satu cara menghilangkan kapalan di lutut atau di tangan dengan cepat dan mudah adalah menggunakan cuka dan bawang putih. Bawang putih memang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat, selain daripada digunakan untuk kebutuhan masak bawang putih juga digunakan sebagai obat kapalan. Caranya adalah seperti berikut:

  1. Tumbuk bawang putih hingga halus.
  2. Masukan ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan cuka secukupnya hingga menyerupai pasta.
  3. Jemur selama 30 menit atau 1 jam.
  4. Kemudian oleskan pada kaki atau tangan yang kapalan sebelum tidur.
  5. Diamkan selama semalaman.
  6. Setelah bangun pagi, baru cuci dan keringkan.
  7. Untuk dapat hasil maksimal, lakukan cara ini setiap hari atau seminggu 3 kali.

e. Obat kapalan di Apotik

selain obat alami anda juga bisa menggunakan obat-obatan yang bisa anda beli di apotik dengan mudah. Beberapa obat merk obat kapalan yang bisa anda temukan di apotik diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Callusol.
  2. Kapsida.
  3. Colomack.
  4. Kutilos.

Bagaimana cara mencegah agar kapalan tidak muncul?

Cara mencegah agar kapan tidak muncul dan tidak di alami oleh anda sebenarnya sangat mudah dan sangat sederhana sekali. Biasanya kapalan muncul pada area kaki, tangan ataupun lutut. Namun yang paling intens adalah pada kaki karena merupakan anggota tubuh yang banyak sekali menerima tekanan.

salah satu cara pencegahan nya adalah dengan menggunakan sepatu yang pas di kaki ataupun sepatu dengan alas kaki yang empuk. Sehingga tidak begitu kuat memberikan gesekan pada kulit. Selain sepatu anda juga bisa menggunakan sarung tangan ketika anda akan beraktifitas ataupun bekerja.

Dan bukan hanya itu saja perhatikan kebersihan kaos kaki dan sarung tangannya juga jangan sampai lembab ataupun kotor. Karena bisa menjadi sarang kuman yang berakibat tidak bagus pada tangan maupun kaki anda.

Jika anda memang bekerja dengan menggunakan perkakas maka pastikan bahwa perkakas yang anda gunakan tersebut nyaman ketika anda pegang.

Anda harus pergi ke dokter jika kapalan anda…

Penyakit kapalan biasanya memang bisa sembuh dengan sendirinya, jika aktivitas kerja anda berkurang.  Bahkan sebenarnya kapalan tidak membutuhkan penanganan yang intens dari dokter. akan tetapi ada beberapa kondisi yang mengharuskan anda pergi ke dokter.

Kapalan akan jadi masalah besar jika di derita oleh orang yang memiliki penyakit kolesterol, diabetes ataupun penyakit gula. Biasanya orang-orang seperti ini akan parah jika menderita sakit sekecil apapun.

Pergi dan konsultasi lah kepada dokter jika kapalan anda menimbulkan bengkak, bernanah ataupun berbau.

Kesimpulan

Berdasarkan data dan uraian di atas ternyata kapalan bukanlah jenis penyakit yang berbahaya. Cara menghilangkan kapalan pun sangat mudah dan sederhana sekali, bisa menggunakan obat herbal maupun menggunakan obat-obatan dari apotik yang bisa anda beli dengan mudah dan tersedia dalam berbagai merk.

Namun alangkah baiknya sebelum anda mengalami penyakit kapalan, alangkah baiknya anda melakukan pencegahan sejak dini. Gunakan peralatan kerja anda se-nyaman mungkin serta konsultasi ke dokter jika kapalan yang anda alami sudah menimbulkan gejala berbahaya atau timbul rasa sakit, nyeri dan berbau.

terakhir semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan solusi kepada anda yang membutuhkan. Rawatlah tangan dan kakii anda dari berbagai gejala dan masalah kapalan agar bisa tampil percaya diri.