cara menghilangkan bau pada sepatu
Ilustrasi membersihkan sepatu agar tidak bau

Cara Menghilangkan Bau Pada Sepatu Dengan Mudah

Diposting pada

Pernahkan anda mengalami bau pada sepatu? terutama jaman sekolah. Dulu  saya pernah mengalami hal tersebut. Saya gak tahu bagaimana cara menghilangkan bau pada sepatu tersebut. Ketika itu saya hanya mencuci sepatu secara rutin saja agar sepatu tidak bau. Padahal sekarang saya mengerti cara yang saya lakukan memang benar tapi kurang tepat dan tidak efektif.

Sepatu yang bisa menimbulkan bau tidak sedap adalah sepatu yang lama tidak di cuci dan sepatu olahraga. Bau pada sepatu ini muncul diakibatkan oleh keringat yang keluar dari kaki kemudian terpendam di dalam sepatu. Yang menjengkelkan dari bau sepatu ini adalah bau nya yang sulit sekali hilang meski sudah di cuci. Maka dari itu tak jarang orang kebingungan mencari cara menghilangkan bau sepatu.

Faktor Penyebab Bau Pada Sepatu

Bau pada sepatu ini berasal dari metabolisme bakteri yang memakan keringat pada kaki kemudian membuang kotorannya disana. Bakteri ini biasanya berada pada kaos kaki dan sepatu. Sehingga ketika pengguna sepatu berkeringat dia akan memakan keringat tersebut dan membuang kotorannya didalam sepatu. Semakin banyak keringat yang dikeluarkan maka semakin banyak pula bakteri tersebut mengeluarkan kotorannya.

Jadi dalam hal ini keringat menjadi faktor utama pemicu bau yang sering terjadi pada sepatu. Lalu bagaimana cara menghilangkannya?.

Nah berikut ini sudah kami rangkum beberapa cara menghilangkan bau pada sepatu yang bisa anda coba pada sepatu anda. Nah, bagi anda yang memiliki sepatu dengan bau yang tidak sedap silahkan anda simak artikel ini hingga selesai.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Pada Sepatu

Cara menghilangkan bau sepatu sebenarnya sangat mudah sekali. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Cara menghilangkan bau sepatu dengan kopi

    cara menghilangkan bau pada sepatu
    Ilustrasi kopi penghilang bau sepatu

    Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau sepatu adalah dengan menggunakan kopi. Anda mungkin akan sedikit merasa heran, apakah benar kopi yang biasanya anda minum ketika anda begadang bisa menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu yang sering anda gunakan. Namun anda tidak perlu heran, karena hal tersebut benar adanya. Untuk menghilangkan bau pada sepatu dengan menggunakan kopi silahkan anda lakukan hal berikut ini:

    • Cuci terlebih dahulu sepatu anda menggunakan sabun hingga bersih.
    • Keringkan sepatu hingga benar – benar kering dan tidak ada kandungan air sedikitpun didalamnya.
    • Bungkus beberapa sendok kopi ( secukupnya ) menggunakan tisu.
    • Masukan dan simpan bungkus kopi tersebut kedalam sepatu.
    • Diamkan selama satu malam hingga kopi tersebut menetralisir bau pada sepatu.
    • Buang ungkus kopi tersebut dan bersihkan sepatu bila ada bubuk kopi yang tumpah didalam sepatu.
  2. Cara Menghilangkan Bau Pada Sepatu Menggunakan Koran

    cara menghilangkan bau pada sepatu
    Ilustrasi koran penghilang bau sepatu

    Takukah anda, ketika anda berbelanja sepatu ke beberapa toko sepatu kita sering menemukan sepatu yang di dalamnya dimasukan kertas koran. Tahukah anda apa alasan yang sebenarnya?. Usut  punya usut ternyata kertas koran ini juga bisa menyerap bau pada sepatu loh. Caranya silahkan anda lakukan beberapa hal seperti berikut ini:

    • Cuci sepatu anda hingga bersih.
    • Keringkan hinga sepatu anda benar – benar tidak mengandung air sedikitpun.
    • Siapkan 5 lembar kertas koran atau secukupnya untuk membungkus sepatu.
    • 2 Lembar kertas koran tadi di pintal – pintal dan dimasukan kedalam lubang sepatu.
    • 3 Lembar sisanya digunakan untuk membungkus sepatunya, jika korannya masih kurang silahkan anda tambah namun jangan terlalu banyak.
    • Simpan sepatu dalam keadaan dibungkus koran tersebut di tempat yang dingin selama satu malam agar bau sepatu diserap sempurna oleh kertas koran tersebut.
  3. Cara Menghilangkan Bau Sepatu Menggunakan Baking Soda

    cara menghilangkan bau pada sepatu
    Ilustrasi baking soda penghilang bau sepatu

    Selama ini mungkin yang anda tahu bahwa baking soda itu hanya bisa digunakan untuk membuat kue. Namun, tahukan anda bahwa baking soda juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Kemampuan menyerap bau pada sepatu ternyata tidak hanya dimiliki oleh kertas koran dan kopi saja, baking sodapun bisa melakukannya. Cara memanfaatkan baking soda untuk menghilangkan bau sepatu adalah sebagai berikut:

    • Siapkan sepatu anda yang berbau tersebut.
    • Pastikan bahwa sepatu anda dalam keadaan kering dan tidak mengandung air sedikitpun.
    • Taburkan baking soda kedalam sepatu secukupnya.
    • Diamkan selama satu malam hingga bau sepatu benar – benar terserap dengan sempurna.
    • Bersihkan sisa – sisa baking soda menggunakan sikat.
  4. Mencuci Sepatu Secara Berkala

    Salah satu alasan kenapa sepatu menjadi bau adalah karena mengandung banyak sisa keringet didalamnya yang terkadang jarang sekali kita bersihkan. Nah, maka dari itu cuci dan rawat sepatu secara berkala.

    • Cuci sepatu secara berkala, minimal 3/4 hari sekali.
    • Keringkan sepatu jangan sampai sepatu masih dalam keadaan lembab . Kemudian jangan gunakan sepatu dalam keadaan basah atau lembab karena akan memperparah aroma tak sedap pada  sepatu.
    • Selalu simpan  sepatu ditempat kering dan sejuk.
  5. Menambahkan Pewangi Pada Sepatu

    Untuk menetralisir bau pada sepatu anda bisa menambahkan sedikit wewangian pada sepatu anda. Seperti meletakan kulit jeruk pada sepatu selama semalaman atau dengan menambahkan sedikit minyak esensial pada sepatu.

Tips Agar Sepatu Tidak Berbau

Banyak  sekali faktor penyebab bau tidak sedap pada sepatu. Namun, alangkah baiknya sebelum bau itu muncul anda sudah mengantisipasinya terlebih dahulu. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan agar sepatu anda tidak bau.

  1. Rotasi Pemakaian Sepatu. Salah satu cara yang bisa  anda lakukan untuk mengantisipasi agar sepatu anda tidak menimbulkan bau adalah dengan cara rotasi pemakaian sepatu anda. Usahakan anda memliki sepatu lebih dari satu buah. Setiap satu sepatu gunakan selama satu hari dan istiahatkan selama 24 jam atau 1 hari penuh. setelah itu gunakan sepatu lain sebagai cadangannya.
  2. Ganti kaos kaki setengah hari sekali. Ini mungkin akan sedikit merepotkan, namun bila anda tidak ingin sepatu anda bau maka lakukanlah. Gunakan kaos kaki anda tidak lebih dari satu hari.  Satu kaos kaki sebaiknya digunakan hanya sampai tengah hari saja dan setelah itu ganti dengan kaos kaki yang baru.
  3. Gunakan bedak  pada sela – sela jari kaki. Sebelum anda mengenakan sepatu sebaikanya taburkan bedak khusus pada sela – sela jari kaki anda. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir keringet yang keluar dari jari kaki. Serta menghilangkan bau tak sedap dari jari kaki anda.
  4. Pilih sepatu yang memiliki lobang udara. Jaman sekarang sudah banyak desain sepatu yang dirancang memiliki lobang udara untuk membuat kaki bisa bernapas. Sehingga sepatu tetap kering dan bebas keringat, bau sepatupun sulit untuk timbul.

Seharusnya setelah anda menerapkan beberapa cara menghilangkan bau pada sepatu tersebut, sepatu anda akan terbebas dari bau tak sedap. Namun, bila sepatu anda masih saja tercium bau silahkan tanyakan pada kolom komentar.