cara menghilangkan bau mulut
Ilustrasi bau mulut | Carapedi.id

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dan Mengobatinya

Diposting pada

Bau mulut memang bisa terjadi pada siapa saja tanpa pandang usia. Tak sedikit orang yang merasa risih dibuatnya. Sehingga banyak dari mereka yang pada akhirnya mencari cara menghilangkan bau mulut tersebut.

Bau mulut memang menjadi masalah besar bagi sebagian orang yang mengalaminya. Bukan hanya orang biasa, bahkan seorang artis sekalipun pasti pernah  mengalami bau mulut. Hal  ini disebabkan karena kebiasaan kita mengkonsumsi makanan – makanan yang memang berbau tidak sedap. Seperti jengkol, bawang, pete, ikan laut, gigi yang berlubang serta jarangnya menggosok gigi yang bisa memicu bau mulut.

Bau mulut itu bisa kita identifikasi dengan beberapa cara diantaranya:

  1. Dengan menghembuskan napas ke telapak tangan kemudian menciumnya. Apakah napas anda terasa bau ataukah tidak.
  2. Dengan menjilat telapang tangan, kemudian cium air liur yang telah mengering di telepak tangan tersebut.

Cara Cara Menghilangkan Bau Mulut

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan bau mulut. Cara paling sederhana yang sering orang lakukan adalah mengunyah permen karet atau permen biasa. Namun sayangnya cara seperti ini tidak efektif, malah akan mengundang penyakit lain di gigi. Disamping itu cara ini juga tidak bersifat permanen hanya sementara saja. Setelah permen habis bau mulutpun kembali datang.

Maka dari itu kita membutuhkan cara lain yang bisa kita gunakan untuk mengobati bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut tersebut adalah dengan memanfaatkan bahan – bahan alami. Seperti daun sirih dan teh hijau yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Selengkapnya anda bisa baca dibawah ini:

Cara 1# Menghilangkan Bau Mulut Dengan Sering Gosok Gigi

Cara menghilangkan bau mulut yang paling sederhana sekaligus paling mudah dilakukan adalah dengan menggosok gigi secara rutin. Cara ini terbilang ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Sikatlah gigi anda secara rutin 3 kali sehari.   Pagi sebelum sarapan, siang setelah makan dan malam sebelum tidur.

Jangan lupa juga gunakan pasta gigi yang mengandung mouthwash atau yang mengandung ekstrak daun sirih atau mint. Agar membantu napas menjadi labih segar.

Cara 2# Menghilangkan Bau Mulut Dengan Benang Gigi / Dental Floss

Salah satu cara yang bisa meminimalisir bau mulut adalah dengan memanfaatkan benang gigi. Benang gigi mampu menjangkau kotoran yang nempel di sela – sela paling sulit bahkan yang tidak bisa terjangkau oleh sikat gigi sekalipun. Namun sayangnya, benang gigi ini sudah jarang sekali kita temui.

Cara 3# Menghilangkan Bau Mulut Dengan Banyak Minum Air Putih

Tahukah anda kenapa orang yang sedang berpuasa suka bau mulut?. Salah satu  penyebabnya adalah karena mulutnya kurang cairan. Maka dari itu salah satu tips menghilangkan bau muluh adalah dengan memperbanyak minum air putih secara teratur. Selain bagus untuk kesehatan, air putih juga dapat mencegah bau mulut.

Cara 4# Menghilangkan Bau Mulut Dengan Daun Sirih

Salah satu alasan kenapa pasta gigi ada yang mengandung daun sirih adalah karena daun sirih memiliki khasiat untuk menghilangkan bau mulut. Untuk menghilangkan bau mulut dengan menggunakan daun sirih silahkan anda lakukan beberapa hal seperti berikut ini;

  1. Ambil 4-6 lembar daun sirih.
  2. Rebus dengan air panas satu gelas.
  3. Ambil air rebusan daun sirih tersebut.
  4. Diamkan beberapa saat hingga air daun sirih tersebut dingin.
  5. Setelah dingin, gunakan untuk berkumur.
  6. Lakukan cara ini setiap hari agar bau di mulut anda hilang.

Cara 5# Menghilangkan Bau Mulut Dengan  Membersihkan Lidah Dari Bakteri

Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh kurangnya cairan pada mulut ataupun karena makanan yang telah di konsumsi. Namun, bau mulut juga bisa dipicu oleh bakteri yang berada di mulut. Bagian mulut yang palng banyak mengandung bakteri adalah lidah. Untuk itu bersihkanlah lidah secara rutin menggunakan alat pembersih lidah.

Cara 6# Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mengkonsumsi Buah

Mengkosumsi buah secara rutin merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut secara alami. Apalagi buah yang dikonsumsi merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Hal ini karena vitamin C yang terdapat pada buah dapat mengikis dan menetralkan bau yang menempel pada mulut.

Disamping itu, aroma yang ditimbulkan dari buah yang dikonsumsi tersebut dapat membantu menghilangkan bau di mulut. Beberapa contoh buah – buahan tersebut antara lain:

  1. Alpukat.
  2. Apel.
  3. Jeruk.
  4. Buah pir.
  5. Jambu biji.
  6. Strawbery.
  7. Jeruk.
  8. Dan lain – lain.

Cara 7# Menghilangkan Bau Mulut Dengan Teh Hijau / Green Tea

Green tea atau yang lebih akrab disebut dengan teh hijau mengandung senyawa catchin yang dapat membunuh bakteri. Senyawa ini sangat bagus digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap dari mulut. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa salah satu pemicu bau pada mulut disebabkan oleh bakteri. Agar bau mulut hilang, sebaiknya konsumsi teh hijau ini setiap hari agar bau mulut hilang.

Cara 8# Tidak Makan Makan Yang Berbau Tajam

Jika anda memiliki kendala bau mulut, sebaiknya anda menghindari beberapa makanan yang berbau tajam. Hal ini ditujukan agar bau  mulut anda tidak semakin parah. Beberapa makanan tersebut antara lain seperti:

  1. Jengkol.
  2. Pete.
  3. Ikan laut.
  4. Buah duren.
  5. Bawang.
  6. Dll.

Dengan menghindari beberapa makanan berbau tajam seperti pada daftar diatas maka bau mulut anda tidak akan parah. Namun, meski demikian bukan berarti dengan tidak mengkonsumsi makanan diatas mulut anda tidak bau. Mulut anda mungkin saja masih bau walau tidak makan makanan diatas bila anda tidak melakukan beberapa cara menghilangkan bau mulut seperti yang disarankan diatas.

Cara 9# Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mouthwash

Mouthwash atau cairan pencuci mulut penting untuk kamu gunakan setelah sikat gigi. Fungsinya tiada lain untuk menghilangkan bau mulut. Dibeberapa toko seperti alfamart atau indomart biasanya banyak kita jumpai mouthwash dari berbagai merk.  Silahkan anda pilih mouthwash yang paling anda sukai.

Cara 10# Menghilangkan Bau Mulut Dengan Konsultasi Kepada Dokter

Pada beberapa gejala bau mulut, terkadang tidak bisa diatasi dengan cara – cara seperti yang sudah dijelaskan diatas. Ada beberapa orang yang mengalami bau mulut namun setelah melakukan beberapa cara diatas bau mulutnya tak kunjung hilang.

Nah, jika hal ini terjadi kepada anda sebaiknya segera konsultasi kepada dokter yang lebih ahli mengenai hal tersebut. Karena bau mulut yang tak kunjung hilang setelah melakukan beberapa cara diatas bisa jadi bau mulut anda bukan bau mulut biasa. Bisa jadi, bau mulut anda tersebut disebabkan oleh beberapa penyakit.

Seharusnya setelah anda  melakukan berbagai cara menghilangkan bau mulut  seperti yang dijelaskan diatas bau mulut anda hilang. Namun, bila mulut anda tetap bau atau bahkan tambah parah, sebaiknya anda segera pergi ke dokter.

Baca juga:

Cara mencegah penyakit gondok
Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.