cara menghemat uang

Cara Menghemat Uang Bagi Karyawan

Diposting pada

Kebiasaan buruk seorang karyawan adalah borosnya terhadap keuangan. Pengeluaran setiap bulan terkadang lebih besar ketimbang penghasilan yang di dapatkan. Kini saatnya anda berpikir mengenai bagaimana cara menghemat uang. Karena sudah tentu masa depan anda tidak akan bagus bila saat ini anda bersikap boros.

Mungkin saat ini anda masih merasa nyaman karena memiliki pekerjaan serta mendapatkan fasilitas kantor yang bisa menunjang kehidupan anda. Setiap hari anda bisa weekend anda bisa berlibur dengan enak, beli baju semaunya, serta makan seenaknya. Tapi coba anda pikir, berapa lama anda akan bertahan dalam posisi yang seperti itu.

Bayangkan 10 atau 20 tahun kedepan, apakah perusahaan anda akan mempertahankan anda, sementara tenaga dan pikiran anda terus menua dan menurun daya fungsinya. Jika iya sekalipun, apakah fisik anda masih kuat untuk bekerja terus menerus?. Bagaimana bila salah satu anggota keluarga anda tiba – tiba sakit keras dan membutuhkan biaya yang sangat besar. Apakah gaji anda akan cukup?. Hal tersebut sangat tidak memungkinkan untuk di jalani di usia senja anda.

cara menghemat uang
Ilustrasi keadaan karyawan by VSNTV | Carapedi.id

Maka dari itu mulailah rubah gaya hidup anda sejak dari sekarang. Gunakan gaya hidup yang hemat dan sederhana agar masa depan anda bisa lebih baik. Nah, pada artikel ini saya akan memberikan tips cara menghemat uang bagi seoarang karyawan. Agar masa depan anda bisa  lebih baik, simak uraian lengkapnya berikut ini:

Cara Menghemat Uang Bagi Seorang Karyawan

Tanggal tua merupakan tanggal yang sangat di takuti oleh sebagian besar karyawan. Karena biasanya di tanggal ini lah para karyawan kehabisan uang dan gaji mereka. Diawal bulan para karyawan menghabiskan uangnya untuk membeli segala hal yang mereka inginkan. Uangnya mereka habiskan hanya untuk memenuhi kebutuhan saat itu saja, bahkan di akhir bulanpun mereka terpaksa harus kehabisan uang.

Info : Situs Lowker Buat Karyawan Baru.

Sehingga cara satu – satunya yang bisa mereka lakukan adalah dengan mengutang. Hal inilah yang sangat tidak dianjurkan. Jika hal ini terus – terusan dibiarkan maka secara tidak sadar anda sedang menggali lobang kemiskinan sendiri.

cara menghemat uang
Gambar Ilustrasi keuangan karyawan | Carapedi.id

Untuk mengatasi hal tersebut silahkan anda lakukan beberapa langkah berikut ini agar keuangan anda aman meski di tanggal tua.

Langkah – langkah cara menghemat uang

  1. Berbelanja Sesuai Kebutuhan Saja.

Tahu tidak?, bahwa membiasakan berbelanja bulanan itu sebenarnya dapat membuat anda boros. Kenapa hal ini bisa terjadi?.

Itu semua dikarenakan, ketika pas awal bulan kita menganggap bahwa semua  barang kebutuhan sudah habis digunakan, sehingga kita butuh stok baru. Padahal kenyataannya tidak demikian, masih ada beberapa barang yang masih tersisa untuk mencukupi kebutuhan bulan berikutnya.

Namun karena sudah biasa berbelanja  dengan stok seperti itu jadi kita membelinya lagi. Yang pada akhirnya keuangan kita keluarkan lebih banyak. Selain itu biasanya ketika berbelanja stok untuk bulanan, kita malah tergiur dengan barang yang lainnya.

Untuk mengatasi hal seperti ini, mulailah berbelanja ketika anda benar – benar membutuhkan barang tersebut. Beli secara satuan jangan pake sistem stok – stokan lagi, cukup beli yang anda butuhkan saja.

Namun, yang harus anda lakukan adalah dengan mengalokasikan dana khusus untuk kebutuhan tersebut. Selain itu perhatikan jumlah barang yang akan anda beli untuk memenuhi kebutuhan anda tersebut.

Dengan seperti ini kebutuhan anda akan terpenuhi, keuangan andapun akan terpantau dengan baik.

2. Jangan Tergoda Tawaran Diskon.

Mungkin bagi seorang pria bisa menghindari godaan diskon ini. Namun, masalahnya jika diskon ini kena pada seorang wanita rasanya akan sulit sekali untuk melewatkan tawran diskon ini. Di tawarin diskon 15% saja mata langsung ijo. Hal semacam inilah yang akan membuat anda boros, karena jika tergiur bisa jadi anda membeli barang – barang yang sebenarnya tidak begitu anda perlukan.

Baca Juga: Tips Berhenti Merokok.

3. Sering  – Seringlah Berpuasa.

Puasa menjadi salah satu alternatif terbaik sebagai cara menghemat uang. Dengan berpuasa anda bisa sedikit lebih hemat dari pada biasanya. Selain mengurangi jatah makan siang, anda juga akan mendapatkan pahala kebaikan. Apalagi jika anda berpuasa sunat nabi daud yaitu dengan makan sehari dan berpuasa sehari. Pahala anda akan bertambah banyak, duit andapun semakin irit, mantapkan?.

4. Hindari Menyimpan Atau Membawa Uang Cash di Dompet.

Biasanya ketika kita membawa uang cash maka kita aKarekan membeli apapun yang kita lihat meski kita tak membutuhkannya. Hal ini disebabkan karena kita merasa memiliki banyak  uang.

Beda halnya ketika kita tidak membawa uang cash pas mau beli apapun kita mesti ke ATM dulu mengambil uang cash atau menggunakan kartu debet untuk berbelanja. Ada pemikiran lain untuk kita menahan uang ketimbang kita membawa uang cash. Atau bahkan anda harus ke rumah terlebih dahulu mengambil uang.

5. Tentukan Jadwal Mengambil Uang Ke ATM.

Mengambil uang dari ATM secara tidak teratur akan membuat keuangan anda menjadi tidak sehat, karena pengeluaran tidak terkontrol.  Sebaiknya tentukan hari dan tanggal tertentu untuk anda mengambil uang cash dari ATM. Jika hal ini dilakukansecara teratur dan disiplin maka keuangan anda akan terpantau dengan jelas.

Baca juga: Video kelakuan ABG jaman now.

6. Buat Daftar Pemasukan dan Pengeluaran Bulanan.

Hal ini sangat penting dan perlu dilakukan untuk mengontrol keuangan bulanan anda. Cara ini sangat sulit sekali dilakukan, bukan sulit melakukannya sebenarnya, tapi malas ngelakuinnya. Rata – rata orang itu pengennya serba instan serba cepet kalo harus nulis – nulis rasanya males banget. Namun, jika anda pengen hemat ya harus seperti ini.

Selain itu dengan membuat daftar pemasukan dan pengeluaran anda juga bisa menganalis keuangan anda untuk satu bulan kedepan, serta menentukan jumlah uang untuk anda sisihkan kedalam tabungan anda.

7. Mencari Usaha Sampingan Selain Kerjaan Pokok.

Besarnya gaji karyawan biasanya mengacu kepada kebijakan pemerintah yang sering kita dengar dengan sebutan UMR atau UMK. UMR ini dihitung berdasarkan besarnya kebutuhan seseorang yang tinggal pada suatu wilayah.

Nah, jika UMR nya kecil maka gaji andapun kecil. Masalahnya bagaimana bila kebutuhan anda ternyata lebih besar dari pada penghasilan. Jika anda tidak punya penghasilan lain maka bukannya cukup malah kurang. Jangankan bicara tabungan masa depan, buat makan sehari – hari saja mungkin pas – pasan.

Maka dari itu untuk menutupi kebutuhan anda sebaiknya anda cari kerjaan sampingan lainnya diluar kerjaan pokok anda.

Mungkin sebagian dari anda ada yang bertanya, bagaimana bisa jalanin kerjaan lain sementara saat ini anda sibuk dengan kerjaan. Anda tidak perlu khawatir, diluar sana banyak sekali kerjaan yang bisa anda kerjakan dari rumah namun dengan penghasilan yang cukup menggiurkan. Salah satunya anda baca pada artikel saya sebelumnya tentang usaha sampingan yang bisa dijalankan bahkan oleh seorang mahasiswa.

Terakhir……

Itulah sedikit ulasan mengenai cara menghemat uang ala carapedi. Sebenarnya masih banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk berhemat, ini hanya sebagian saja yang carapedi tuliss. Jika anda punya saran lain silahkan tulis di kolom komentar ya.