cara menghemat kuota
Ilustrasi Orang yang jengkel kuota internet boros | Carapedi.id

Cara Menghemat Kuota Tapi Internetan Tetap Jalan

Diposting pada

Bagi anda yang sedang mencari cara menghemat kuota data internet, mungkin artikel ini adalah jawabannya. Berbekal pengalaman pribadi yang pernah mengalami boros kuota internet, nah kali ini saya akan sedikit syare mengenai cara mengatasinya.

Jaman sekarang kebutuhan akan internet semakin tinggi. Hampir semua usia membutuhkan akses menuju internet.

Memang dengan adanya internet bisa membantu mempermudah berbagai aspek kehidupan seperti belanja, akses informasi dan masih banyak lagi. Jika dulu untuk berkomunikasi hanya bisa dilakukan dengan panggilan telpon mmenggunakan pulsa. Beda halnya dengan keadaan saat ini. Panggilan telpon isa dilakukan dengan menggunakan jaringan internet yang terhubung menggunakan kuota data internet.

Jika dulu orang membeli pulsa untuk keperluan nelpon dan SMS. Saat ini, kebanyakan orang membeli pulsa untuk membeli paket data agar bisa terhubung dengan internet. Namun, karena hal inilah banyak orang yang merasa kesal karena baru beberapa jam beli kuota tapi sudah habis lagi. Apakah anda pernah mengalami hal ini?

Jika anda pernah mengalami hal tersebut bberarti anda senasib dengan saya.Sayapun sama pernah mengalami hal tersebut. Maka dari itu kali ini saya ingin berbagai sedikit tips untuk anda semua mengenai cara menghemat kuota data internet yang sering kali hilang tanpa alasan yang jelas.

Cara Menghemat Kuota Data Internet

Sebenarnya banyak sekali cara menghemat kuota yang bisa di gunakan. Namun, sedikit sekali orang yang mengetahuinya. Sehingga tak jarang dari mereka yang mengalami hal ini justru malah menyalahkan beberapa operator pemilih kartu datanya. Padahal yang sebenarnya terjadi bukan itu. Ada hal lain yang menyebabkan paket kuota data internet anda menjadi boros. Seperti beberapa aplikasi yang terus – terusan aktif tanpa disadari.

  1. Mengaktifkan Fitur  Hemat Data Internet Di Android

    Salah satu tips yang saya terapkan untuk menghemat kuota data internet adalah dengan mangaktifkan fitur hemat data di handphone saya. Fitur ini sangat membantu sekali. Dimana jika kuota kita terlalu boros maka dia akan memberikan peringatan. Berupa pesan penggunaan data harian yang kita gunakan.Nah jika anda pengguna handphone android, maka anda bisa mengaktifkan fitur ini. Fitur ini disebut dengan fitur data usage warning dan limit system yang terdapat pada handphone android.

    Untuk menggunakan fitur ini, anda hanya perlu melakukan setting di handphone android anda. Caranya sebagai berikut:

    • Masuk ke menu “setting“.
    • Klik “data usage“.
    • Pilih “celuler data“.
    • Pilih dan klik “set cellular data limit“.
    • Klik “aktifkan“.
  2. Cek Aplikasi Yang Menyedot Kuota Data Internet

    Biasanya para pengguna android senang sekali mendownload dan menginstal banyak aplikasi di Hp nya. Namun, tahukah anda dari sekian banyak aplikasi yang anda instal di HP anda tersebut bisa menyedot banyak kuota internet. Meski aplikasi tersebut tidak sedang anda gunakan. Cek aplikasi tersebut dengan cara:

    • Klik pada menu “setting“.
    • Klik “Back Up & Sync“.
  3. Batasi Update Aplikasi Android

    Beberapa aplikasi di HP, terkadang tanpa kita sadari mengupdate secara otomatis dengan menggunakan kuota data internet. Jika hanya satu atau 2 aplikasi yang terupdate mungkin tidak akan jadi masalah. Namun, jika banyak aplikasi yang terupdate maka kuota data internet kita akan habis. Maka dari itu, untuk mengatasi hal ini anda harus melakukan pengaturan update aplikasi. Yang mana aplikasi hanya boleh di update ketika terhubung dengan wifi atau anda update secara manual. Caranya seperti berikut ini:

    • Klik pada menu “setting“.
    • Pilih dan klik pada “auto-update apps“.
    • Kemudian klik pada menu” auto-update apps over WiFi only“.
  4. Gunakan Mailbox

    Tips cara menghemat kuota selanjutnya adalah dengan menggunakan mailbox dari dropbox untuk kebutuhan email android anda. Email yang tertanam di android menjadi salah satu penyebab kenapa kuota internet anda boros. Hal ini disebabkan karena seringnya alikasi tersebut mengupdate data yang masuk ke email. Maka dari itu dengan menggunakan aplikasi mailbox hal ini bisa diatasi dengan baik.

  5. Non Aktifkan Sinkronisasi Otomatis

    Pada kebanyakan HP android biasanya harus menggunakan beberapa akun karena banyaknya aplikasi yang terinstal. Nah, akun – akun ini biasanya secara otomatis akan melakukakan sinkronisasi data setiap waktu. Jika hal ini dibiarkan maka kuota internet yang anda miliki bisa habis terkuras. Apalagi jika banyak akkun yang disinkrosisasi. Untuk mengatasi hal ini anda bisa melakukan pengaturan denga cara berikut:

    • Buka menu “setting”.
    • Pilih dan klik pada “accounts“.
    • Pilih beberapa akun yang tidak ingin anda sinkronisasi.
  6. Menggunakan Browser Yang Hemat Data

    Tidak banyak diketahui, ternyata browser menjadi salah satu penyebab borosnya kuota internet anda. Biasanya browser yang menyedot banyak kuota adalah browser yang bawaan dari androidnya. Browser jenis ini biasanya akan menampilkan file dalam kapasitas yang besar sehingga kuota terkuras banyak. Untuk mengatasi hal ini maka saya sarankan anda gunakan browser yang bisa mnghemat kuota data seperti google chrome atau operamini.Biasanya browser – browser ini memiliki fitur data saving video boost. Dengan fitur ini anda bisa mengurangi buffering serta mampu mengoptimalkan kualitas ( HD ) gambar tanpa harus boros kuota.

    Jika anda menggunakan browser google chrome, maka anda harus melakukan setting manual terlebih dahulu. Caranya seperti berikut ini:

    • Buka google chrome.
    • Klik pada gambar titik 3 yang terletak dipojok kanan atas tampilan browser.
    • Pilih dan klik pada menu “settings”.
    • Klik pada menu “bandwith”.
    • Pilih dan matikan “data saver”.
  7. Menggunakan Mode Offline Untuk Maps

    Cara menghemat kuota data internet selanjutnya adalah dengan mengalihkan mode online maps anda menjadi mode offline. Banyak orang tidak menyadari bahwa aplikasi maps yang tertanam di hp mereka bisa menyedot data internet dalam jumlah yang besar. Biasanya data internet ini digunakan maps untuk mengakses layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, atau melihat maps dalam mode satellite. Maka dari itu untuk menghemat kuota internet anda rubahlah mode online maps anda menjadi mode offline.

Dengan menggunakan cara menghemat kuota seperti diatas seharusnya bisa kuota anda menjadi lebih awet daripada sebelumnya. Karena cara ini sudah saya praktikan sendiri pada handphone saya.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.