cara menghemat baterai android

Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Diposting pada

Kebanyakan orang yang hp androidnya boros baterai malah di tangani dengan cara instal aplikasi. Padahal cara ini kurang tepat. Sebaiknya gunakan cara menghemat baterai android tanpa harus instal aplikasi. Kenapa demikian?

Pada dasarnya semua aplikasi yang ada di smartphone menggunakan daya untuk menjalannya. Sehingga baterai yang ada di smartphone, bukannya irit tapi malah sebaliknya. Selain itu, menghemat baterai dengan ara instal aplikasi ini akan menghabiskan space memori internal. Yang pada akhirnya handphone menjadi lebih lemot karena beban aplikasi yang dijalankan.

Kenapa Baterai Android Boros?

Baterai android boros tentu bukan tanpa sebab. ada beberapa faktor yang menjadi penyebab baterai smartphone menjadi lebih boros diantaranya:

1. Menggunakan aplikasi yang boros baterai

Aplikasi yang terinstal di smartphone menjadi salah satu penyebab baterai menjadi cepat boros. Aplikasi yang bisa menyebabkan boros biasanya adalah aplikasi yang terus – terusan aktif walaupun smartphone anda dalam keadaan “sleep“. Aplikasi yang terus aktif ini adalah aplikasi yang selalu mengupdate data dari server dalam waktu tertentu.

Contoh aplikasi yang bisa membuat smartphone boros adalah seperti:

  • Aplikasi messenger.
  • Facebook.
  • Whats app.
  • Googlge playstore.
  • Dan lain – lain.

2. Memasang banyak widget

Biasanya orang memasang banyak  widget di homescreen dengan tujuan agar mudah mengakses berbagai menu. Namun, tahukah anda dengan cara yang demikian justru akan membuat smartphone anda menjadi boros baterai. Saran saya sebaiknya pasanglah widget di homescreen seperlunya saja.

3. Tidak mengaktifkan mode power saving

Semenjak lahirnya android versi “lolipop“, sistem operasi pada smartphone sudah dilengkapi dengan mode “power saving”. Mode power saving ini akan aktif ketika kapasitas baterai di bawah 20%. Jika anda tidak mengaktifkan mode ini maka smartphone anda bukan tidak mungkin menjadi boros baterai.

4. Brightness layar terlalu tinggi

Bagian smartphone yang paling banyak mengkonsumsi baterai adalah layar. Apalagi layar yang menggunakan tingkat kecerahan ( brightness ) terlalu tinggi. Semakin cerah layar yang ditampilkan maka semakin besar pula daya yang digunakan.

Jangan lewatkan: Inilah cara cek HP samsung yang asli

Bagaimana cara menghemat baterai android?

Siapa sih yang betah menggunakan smartphone yang boros baterai?. Semua orang mungkin tidak ada yang menginginkan hal tersebut. Selain harus terus – terusan mengisi daya, ada dampak lain yang aka ditimbulkan juga. Seperti hp menjadi cepat panas dan baterai menjadi cepat rusak.

Nah maka dari itu banyak orang yang mencari cara menghemat baterai android nya. Namun, kebanyakan dari cara yang mereka lakukan justru kurang baik. Nah maka dari itu kali ini carapedi akan memberikan tips  cara menghemat baterai android yang baik dan benar.

Langkah – langkah cara menghemat baterai android

1. Cara menghemat baterai android dengan mematikan mode getar

Mode getar atau vibration memang memudahkan kita untuk mengetahui adanya notifikasi yang masuk ke smartphone. Namun, yang perlu anda ketahui bahwa vibration atau mode getar ini. Justu menghabiskan baterai lebih banyak ketimbang anda menggunakan notifikasi dengan ringtone.

Maka dari itu, untuk menghemat baterai sebaiknya anda matikan mode getar ini dan menggantinya dengan ringtone saja.

2. Cara menghemat baterai android dengan mengecilkan brightness android

Seperti yang dibahas sebelumnya, bahwa layar merupakan bagian smartphone yang paling banyak mengkonsumsi baterai. Maka dari itu dengan mengecilkan brightness atau tingkat kecerahan layar merupakan salah satu cara yang tepat untuk menghemat baterai smartphone.

3. Cara menghemat baterai android dengan mempercepat waktu sleep android

Untuk mengatasi baterai boros akibat konsumsi layar maka anda bisa mengatasinya dengan memperecepat waktu stand by atau time out hp android anda. Gunakan waktu yang paling cepat agar baterai android anda tidak terbuang secara percuma ketika tidak anda gunakan.

4. Cara menghemat baterai android dengan mematikan wifi dan paket data

Mungkin anda juga merasakan ketika anda sedang browsing menggunakan paket data ataupun wifi baterai di handphone terasa lebih boros. Nah, hal ini juga berlaku ketika smartphone anda dalam keadaan mati selama terkoneksi dengan wifi atau paket data.

Ini disebabkan smartphone anda terus berjalan meski sedang dalam keadaan sleep atau stand by akibat adanya koneksi yang masih terhubung.

5. Cara menghemat baterai android dengan mematikan bluetooth

Ketika anda sedang tidak menggunakan smartphone, sebaiknya anda matikan koneksi bluetooth. Karena ini akan memakan banyak baterai dari smartphone anda.

6. Cara menghemat baterai android dengan charge hp seperlunya

Tahukah anda bahwa keseringan charge handphone tidak berdampak baik untuk smartphone. Semakin anda sering charge smartphone anda maka akan mengakibatkan baterai anda menjadi lebih boros. Untuk itu sebaiknya charge seperlunya saja jangan terlalu keseringan di charge selagi baterai handphone anda masih memiliki kapasitas baterai yang cukup.

7. Cara menghemat baterai android dengan menutup aplikasi yang telah digunakan

Kebanyakan pengguna android tidak menutup aplikasi yang telah mereka gunakan dengan benar. Sehingga aplikasi tetap menyala meskipun mereka tidak menggunakannya. Hal ini akan berdampak buruk pada daya baterai yang di konsumsi secara cuma – cuma.

Jika anda menggunakan handphone android sebaiknya anda tekan tombol multitasking dan swipe aplikasi yang tidak digunakan. Agar baterai smartphone anda tetap awet dan tahan lama.

8. Cara menghemat baterai android dengan mematikan GPS

GPS ( global positioning system ) merupakan salah satu aplikasi yang mengkonsumsi banyak baterai selain layar. Maka dari itu, sebaiknya anda matikan GPS saat sedang tidak anda gunakan. Aktifkan GPS saat anda perlukan saja.

9. Cara menghemat baterai android dengan mebuang widget yang tidak penting

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa terlalu banyak memasang widget di homescreen akan membuat smartphone mengkonsumsi baterai lebih banyak. Maka dari itu salah satu cara menghemat baterai smartphone tersebut adalah dengan cara  membuang widget – widget yang tidak penting.

10. Cara menghemat baterai android dengan menjaga suhu smartphone tetap dingin

Jangan salah, smartphone yang panas akan mengkonsumsi daya baterai lebih banyak dari pada saat dalam keadaan dingin. Maka dari itu untuk menghemat daya baterai sebaiknya jaga suhu smartphone anda agar tetap dingin. Untuk menjaga smartphone anda agar tetap dingin maka jauhkan smartphone dari paparan sinar matahari langsung dan simpanlah di tempat yang sejuk.

Cara ini merupakan cara menghemat baterai android yang paling sederhana. Selain itu dengan menjaga suhu smartphone tetap dalam keadaan dingin akan membuat kinerja smartphone lebih baik dan lebih cepat dari pada saat panas.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.