cara mengganti template wordpress
Ilustrasi ganti template wordress

Cara Mengganti Template WordPress Paling Gampang

Diposting pada

Jika dibilang bodoh mungkin kata itu tepat anda lontarkan kepada saya. Ketika pertama ngeblog dulu saya bener – bener ndeso, bodo katotoloyo ( versi sunda ). Bagiamana tidak, cara mengganti template wordpress saja yang bisa  dibilang paling mudah saya gak bisa. Dan lebih parahnya lagi, saya ini adalah orang yang pemalu. Jadi jika ada hal yang belum saya pahami saya sulit untuk mau bertanya kepada orang lain.

Namun saya sedikit bersyukur, jaman sekarang ini mencari informasi tidaklah sulit. Banyak informasi gratis bertebaran dimana – mana, salah satunya adalah internet. Di Internet kita bisa dengan mudah menemukan berbagai informasi, termasuk cara ganti template ini. Dan lahirnya materi inipun dari sana. Berawal dari ketidak mampuan yang pada akhirnya jadilah situs ini.

Bagaimana Cara Mengganti Template WordPress?

Jika anda sudah membuat situs wordpress, mungkin anda berkeinginan untuk mengganti template atau merubah tampilan website anda tersebut. Karena biasanya ketika pertama kali anda membuat blog dengan wordpress tampilan situsnya tidak begitu menarik. Mak dari itu bila anda ingin merbahnya maka anda harus mengganti template tersebut.

Nah jika anda orang yang pertama kali membuat sebuah situs atau blog, berikkut ini kami tulis sesuatu yang munckin anda butuhkan yaitu mengenai cara mengganti template wordpress.

Apa Yang Anda Perlukan Untuk Mengganti Template?

Sebelum anda mengganti template wordpress anda, maka sebaiknya pastikan terleih dahulu bahwa anda:

  1. Memiliki hak akses ke halaman dasboard wordpress.
  2. Menggunakan self hosted wordpress.

Langkah – Langkah Cara Mengganti Template WordPress

Ada beberapa cara mengganti template wordpress yang bisa anda lakukan. Diantaranya sebagai berikut ini:

Cara 1# Instal Template WordPress Gratis Secara Langsung di Dashboard

Jika anda ingin mengganti temlate wordpress anda, namun tak ingin keluar uang. Maka anda bisa mengganti template anda menggunakan template gratis yang telah tersedia di dashboard wordpress.

Templatae gratis ini memang tidak jauh berbeda dengan template premium pada umumnya. Hanya saja memang harga tahu kualitas. Tampilan yang premium lebih tampan bila  dibanding dengan yang versi gratisannya, yaiyalah…

Untuk mengganti template wordpress dengan yang versi gratisan di dashboard silahkan anda ikuti langkah – langkah berikut inik:

  1. Log in ke Wp-admin anda. Masukan nama pengguna atau email akun admin anda beserta passwordnya.

    cara mengganti template wordpress
    Ilustrasi log in wp-admin wordpress | carapedi.id
  2. Pilih menu appearance atau tampilan. Jika  situs anda bberbahasa Indonesia silahkan and apilih menu “tampilan”. Namun, bila situs anda berbahasa inggris silahkan anda pilih menu tampilan.

    cara mengganti template wordpress
    Ilustrasi ganti template gratis di wordpress
  3. Klik menu template > add new. Setelah itu silahkan anda pilih dan klik pada menu template kemudian klik “add new” untuk menambahkan template baru.
  4. Pilih template yang di inginkan. Setelah anda klik “add new” maka akan muncul beberapa pilihan template di dashboard. Silahkan anda pilih template mana yang ingin instal di blog anda.
    cara mengganti template wordpress
    Ilustrasi dashboard template

    Namun, bila pada daftar template disana tidak ada template yang anda sukai maka anda bisa mencarinya di kolom pencarian. Setelah anda tentukan template mana yang anda inginkan, kemudian selanjutnya silahkan anda klik “instal“.

  5. Aktifkan template. Setelah proses instalasi selesai, selanjutnya silahkan anda aktifkan template yang anda instal tadi.
    cara mengganti template wordpress
    Ilustrasi ganti template WP

    Untuk mengaktifkan template yang telah anda instal tadi silahkan anda klik pada menu “active” atau “aktifkan“.

Cara mengganti template wordpress melalui dashboard sampai disini selesai. Seharusnya templat situs and asudah berubah.Untuk cek apakah template sudah berhasil dipasang atau tidak adalah dengan membuka blog anda.

Cara 2# Instal Template WordPress Dengan Mengupload File .zip

Cara mengganti template wordpress tidak hanya bisa dilakukan melalui direktori template di dashboard saja. Tapi anda juga bisa mengunggah file .zip dan menginstalnya.

Namun biasanya template yang diunggah ini adalah template berbayar yang sudah anda beli dari penyedia template premium. Atau anda yang membuat template tersebut sehingga sebelum anda menginstal template tersebut anda perlu mengunggahnya terlebih dahulu dalam bentuk file .zip.

PENTING: Sebelum anda mengunggah file .zip template, sebaiknya pastikan
terlebih dahulu bahwa template tersebut berasal dari sumber terpercaya.
Akan sangat berbahaya sekali apabila template yang anda unggah tersebut bukan 
template premium dan berasal dari sumber terpercaya. Bahayanya situs anda 
kapan saja bisa terkena malware dll.
  1. Siapkan file .zip template yang akan diunggah.
  2. Log in ke WP-admin  anda seperti pada langkah yang pertama diatas.
  3. Klik pada menu template >add new.
  4. Pada halaman direktori template, selain anda akan menemui beragai pilihan template gratis anda juga akan menemukan menu ungguah file .zip template.
  5. Klik pada menu “unggah  tema” atau jika situs anda berahasa inggris klik pada ” “upload theme“. Yang berada di samping kiri bagian atas.

    cara mengganti template wordpress
    Ilustrasi unggah file .zip template wordpress
  6. Unggah file .zip teplate anda.

    cara mengganti template wordpress
    Ilustrasi upload file .zip template wordpress
  7. Setelah file selesai diunggah aktifkan template anda dengan klik pada tombol “aktifkan tema“, jika situs anda berbahasa Inggris klik pada tommbol “Activate“.

Sampai langkah ini, cara mengganti template wordpress and dengan mengunggah file .zip telah selesai. Template anda telah berhasil dan dipasang dan telah aktif pada situs anda. Buka  situs anda untkmemastikan apakah benar template sudah terpasang sudah sempurna.

Namun bagaimana bila setelah anda menginstal dan mengaktifkan template yang telah anda pasang tesebut anda ingin menghapusnya kembali karena merasa template tersebut kurang cocok dengan situs anda. Maka anda bisa menghapus template tersebut dengan mudah.

Cara Menghapus Template Yang Sudah Di Instal

  1. Masuk ke wp-admin situs anda.
  2. Klik pada menu “tema”.
  3. Disana anda akan menemukan tema yang sudah terinstal pada situs anda.
  4. Klik “hapus“.
    cara mengganti template wordpress
    Ilustrasi hapus template wp

    Sampai langkah ini template yang telah anda instal sebelumnya telah terhapus kembali.

Nah begitulah cara mengganti template wordpress. Cukup mudah bukan?. SEmoga artikel ini memberikan sedikit pencerahan bagi anda yang sedang mencari informasi ini. Semoga bermanfaat. Bila anda menemui kendala saat proses instalasi templatenya, silahkan komen dibawah ya. Terimakasih.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.