cara mengecilkan perut buncit
Ilustrasi perut buncit | carapedi.id

Tips Dan Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Obat

Diposting pada

Siapa sih yang suka dengan perut buncit? hampir setiap orang tidak menyukai hal ini. Selain menggangu penampilan, perut buncit juga menandakan tidak sehatnya perut kita. Sehingga pada akhirnya banyak orang mencari cara mengecilkan perut buncit dengan alasan tersebut.

Diantara  semua bagian tubuh, perut merupakan bagian yang memiliki elastisitas tinggi serta tempat paling mudah menyimpan lemak. Pada kenyataannya, penomena perut buncit ini tidak hanya dialami oleh orang yang memiliki berat badan berlebih atau yang sering disebut dengan obesitas. Orang yang memiliki berat badan normal sekalipun bisa saja mengalami perut buncit.

Penomena perut buncit juga tidak hanya dialami oleh pria loh, wanita juga banyak yang mengalami hal tersebut. Siapa saja yang mengalami perut buncit pasti merasa tidak nyaman bukan. Apalagi bagi orang yang sangat memperhatikan penampilan, perut buncit akan sangat mengganggu sekali.

Seorang pria yang mengalami perut buncit pasti sering dikatain seperi orang hamil, padahal idealnya yang hamil itu perempuan bukan laki – laki. Dikarenakan perutnya buncit, mirip seperti wanita sedang hamil, sehingga banyak orang yang mencibir dengan kata – kata seperti itu. Anda sebagai seorang pria sejati tentu tidak mau bukan mengalami hal semacam ini?.

Namun tahukah anda, bahwa selain mengurangi nilai penampilan, perut buncit juga berdampak pada  banyak masalah kesehatan. Dari berbagai studi hasil penelitian membuktikan. Bahwa perut buncit bisa mengakibatkan seseorang mengalami penyakit stroke, serangan jantung dan diabetes. Ini merupakan penyakit kelas berat, serta sangat berbahaya.

Maka dari itu banyak sekali orang yang mencari  cara mengecilkan perut buncit. Namun sayangnya, kebanyakan orang terlalu sibuk mencari cara mengatasinya tapi tidak tahu penyebab timbulnya perut buncit tersebut. Maka dari itu, sebelum kita membahas lebih detail mengenai cara mengatasi perut buncit. Alangkah baiknya bila kita kita bahas terlebih dahulu faktor – faktor penyebab timbulnya perut buncit.

Faktor Penyebab Perut Buncit

Faktor penyebab perut buncit sebenarnya banyak sekali. Bahkan dari sekian banyak penyebabnya, beberapa hal malah kita lakukan secara rutin, tanpa kita sadari. Padahal seharusnya hal tersebut dihindari, ini malah kita lakukan secara rutin.

Menjaga bentuk tubuh yang ideal memang bukanlah suatu yang mudah untuk dilakukan. Butuh perhatian yang khusus dan disiplin yang tinggi dalam menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat. Nah berikut ini beberapa faktor penyebab timbulnya perut buncit yang paling umum dialami oleh hampir semua orang.

1. Makan sebelum tidur

Apakah anda pernah mengalami hal ini?. Sering merasa lapar sebelum tidur atau tidak bisa tidur ketika perut lapar. Hal semacam ini mungkin sering dirasakan oleh hampir setiap orang.

Penting untuk kita ketahui, bahwa sebenarnya saat tidur tubuh kita bekerja ekstra untuk membakar sebagian timbunan lemak dalam  tubuh. Namun, jika sebelum tidur anda makan dan membuat penuh isi perut, maka kinerja tubuh untuk membakar lemak tidak akan maksimal. Jika hal ini terjadi maka resiko timbunan lemak di perut akan semakin tinggi.

Selain makan sebelum tidur anda juga sebaiknya menghindari kebiasaan buruk seperti berbaring ketika usai makan atau ketika perut dalam keadaan penuh. Hal ini bisa memicu refluks asam lambung serta gangguan pencernaan.

Banyak orang yang tidak menyadari akan hal ini. Sehingga hal tersebut secara rutin mereka lakukan secara berulang – ulang tanpa mengetahui efek samping dan resiko dibelakangnya. Untuk itu, salah satu cara mengecilkan perut buncit adalah menghindari kebiasaan makan sebelum tidur serta berbaring saat perut dalam keadaan penuh.

2. Jarang berolahraga

Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga mampu membuat tubuh menjadi lebih ideal. Bahkan bagi orang yang ingin membuat tubuhnya menjadi lebih atletis adalah dengan cara berolahraga. Lalu bagaimana jadinya bila kita jarang sekali berolahraga bahkan tidak sama sekali?.

Salah satu resiko dari jarang berolahraga adalah timbulnya perut buncit. Hal ini disebabkan oleh timbunan lemakdan kalori dalam perut, kemudian otot – otot pada bagian perut tidak digunakan secara maksimal. Sehingga dampaknya adalah lemak dan kalori yang tertimbun diperut tidak dibakar secara maksimal.

Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, anda  jarang bahkan tidak melakukan olahraga secara rutin, maka dampaknya adalah perut anda akan semakin buncit bahkan mirip seperti wanita hamil.

Hal ini akan semakin parah bila dibarengi dengan kebiasaan buruk seperti kelamaan duduk di depan komputer, laptop maupun gadget lainnya karena tuntutan kerjaan atau karena hal lainnya.

3. Kurang tidur

Selain faktor makanan dan olahraga perut buncit juga bisa timbul karena waktu istirahat yang kurang dari porsi yang seharusnya. Kebutuhan istirahat atau waktu tidur bagi orang dewasa adalah 7-8 jam setiap harinya. Lalu apa kaitannya waktu tidur dengan perut buncit?

Di dalam tubuh kita terdapat salah satu hormon yang bernama hormon kortisol. Hormon ini merupakan hormon stres. Yang mana apabila porsi tidur anda kurang dari porsi yang seharusnya didapatkan. Maka hormon kortisol ini akan meningkat dan menyebabkan diri anda stres.

Dimana saat seseorang mengalami setres maka napsu makan akan meningkat menjadi 2x lipat. Sehinggaa hal ini akan menyebabkan anda mengkonsumsi makanan dengan tingkat gula yang tinggi untuk mengganti tenaga yang tidak di dapat karena kurang tidur.

Nah, maka dari itu salah satu upaya atau cara mengecilkan perut buncit ini adalah dengan memenuhi porsi tidur. Dengan demikian kadar hormon kortisol dalam tubuh akan seimbang.

4. Kebiasaan ngemil

Ngemil merupakan kegiatan makan makanan ringan dalam porsi yang sedikit. Namun, jangan salah kebiasaan ngemil juga bisa menjadi salah satu faktor pemicu timbulnya perut buncit loh.

Pemanis pada makanan ringan atau snack biasanya berasal dari pemanis buatan atau pemanis dengan bahan kimia yang cukup tinggi. Pemanis makanan jenis ini tidak bisa dicerna dengan baik oleh sistem perncernaan. Hal ini akan berdampak pada kesehatan usus kita. Jika hal ini terus dibiarkan maka lemak di perut  akan terus menumpuk dan terjadilah perut buncit.

5. Sering minum minuman keras beralkohol

Minuman keras atau minuman beralkohol memiliki kadar gula dan kalori yang sangat tinggi. Jika anda konsumsi dalam porsi berlebih bahkan sampai mabuk, maka hal ini akan menimbukan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah perut buncit.

Untuk itu jika anda selama ini sering mengkonsumsi  minuman beralkohol, sebaiknya segera anda hentikan bila anda tidak mau perut anda menjadi buncit seperti orang hamil.

6. Kebiasaan merokok

Beberapa perokok beralasan, bahwa kebiasaan mereka merokok adalah untuk mengurangi berat badan. Hal ini justru berbanding terbalik dengan kenyataan yang sebenarnya.

Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa kebiasaan merokok selain bisa mendatangkan penyakit bahaya seperti kangker dan penyakit bahaya lainnya, merokok juga dapat menyebabkan perut menjadi buncit.

Para peneliti dari universitas “Glasgow” membuktikan bahwa merokok dapat ikut serta dalam terbentuknya perut buncit. Hal ini dikarenakan zat yang terkandung dalam rokok akan mendorong lemak menuju daerah inti tubuh sehingga mengakibatkan perut menjadi melar.

Tips Cara Mengecilkan Perut Buncit

Setelah kita mengetahui faktor – faktor penyebab timbulnya perut buncit kini saatnya anda mengetahui bagaimana cara mengecilkan perut buncit tersebut. Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan perut buncit. Mulai dari menggunakan obat – obatan, dengan terapi sampai dengan cara berolahraga.

Yang jelas apapun cara yang anda lakukan untuk menghilangkan perut buncit, saran saya gunakan cara yang tidak menimbulkan efek samping. Seperti penggunaan obat yang berbahan kimia tanpa resep dari dokter. Nah, berikut ini adalah beberapa referensi yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan perut buncit tanpa menggunakan obat dan bahan kimia.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Olahraga Rutin

Jika anda sering memperhatikan atlit olahraga, anda akan melihat dengan jelas dinatara atlit – atlit tersebut tidak ada satupun yang memiliki perut buncit, kecuali atlit sumo hehe.

Untuk mengecilkan perut buncit anda tidak perlu berolahraga sampai bercucuran air keringat. Ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan perut buncit diataranya seperti jenis olahraga berikut ini.

  1. Shit UP Atau Push Up

    Salah satu olahraga ringan untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan melakukan shit up atau push up secara rutin. Ketika anda melakuka shit up atau push up maka otot – otot pada perut akan tertarik dan terbentuk. Sehingga lemak yang berada di bagian perut akan di bakar secara sempurna.

    Jika anda melakukan shit up atau puush up secara berkala, maka bukan hal yang mustahil bila perut buncit anda mengecil bahkan menghilang dengan sendirinya.

  2. Cardio

    Cardio merupakan salah satu jenis olahraga yang melibatkan hampir seluruh anggota tubuh. Olahraga cardio ini banyak sekali jenisnya seperti:

    • Olahraga renang
    • Bersepeda
    • Jogging
    • Climbing
    • Dan lain sebagainyaDengan olahraga cardio maka seluruh otot – otot pada tubuh akan bekerja dengan baik serta lemak – lemak yang terkandung didalamnya akan dibakar secara sempurna.
  3. Olahraga Yoga

Olahraga yoga sebenarnya lebih memusatkan pada pernapasan ketimbang menggerakan otot – otot pada tubuh. Namun, mesti demikian olahraga ini sangat bagus untuk membakar lemak khususnya untuk mengecilkan perut yang bunncit.

Berdasarkan hasil riset di India membuktikan bahwa olahraga yoga mampu menghilangkan gas berlebih di dalam perut. Sehingga akan berdampak baik bagi perncernaan serta menghilangkan garis lipatan diperut akibat perut buncit.

Agar perut buncit anda cepat mengecil maka lakukan cara ini selama kurang lebih antara 10-20 menis setiap harinya. Jika olahraga yoga ini dilakukan secara konsisten dan teratur maka bukan tidak mungkin perut buncit anda menghilang dengan sendirinya.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bahan Alami

Cara mengecilkan perut buncit dengan berolahraga mungkin tidak bisa lakukan oleh semua orang karena keterbatasan waktu. Namun meski demikian, bukan berarti anda tidak memiliki kesempatan untuk mengecilkan perut buncit.

Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan olahraga, maka anda bisa menggunakan cara yang kedua yaitu dengan menggunakan bahan alami untuk mengecilkan perut buncit.

Indonesia merupakan negara yang paling kaya akan obat herbal. Maka dari itu manfaatkanlah hal ini untuk membuat diri anda lebih sehat. Nah, berikut ini beberapa obat herbal yang bisa  digunakan untuk mengecilkan perut buncit.

  1. Teh hijau

    Teh hijau merupakan salah satu tanaman herbal dari Indonesia yang sudah dikenal akan khasiatnya. Dari dulu teh hijau ini sering digunakan sebagai salah satu cara menurunkan berat badan secara alami serta mengecilkan perut yang buncit.

    Khasiat teh hijau adalah mampu memperlancar metabolisme tubuh, termasuk lemak. Sehingga ketika anda mengkonsumsi teh hijau maka kadar lemak dalam tubuh akan berkurang.

    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari teh hijau ini, konsumsi teh hijau tanpa menggunakan gula. Selain itu minumlah teh hijau setiap hari selepas makan.

  2. Minum Campuran teh dan jeruk nipis

    Jika dirumah anda  tidak tersedia teh hijau maka anda tidak perlu risau.  Selain teh hijau, untuk mengecilkan perut buncit anda juga bisa mengkonsumsi teh biasa yang di campur dengan perassan jeruk nipis.

    Caranya adalah tinggal anda siapkan teh, jeruk nipis serta segelas air panas. Kemudian seduhlah teh tersebut serta campurkan air perasan jeruk nipis kedalamnya. Minumlah secara rutin setiap hari tanpa menggunakan gula.

  3. Mengkonsumsi campuran madu dan jahe

    Sudah sejak jaman dahulu madu dikenal sebagai salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat. Untuk mengecilkan perut anda bisa juga memanfaatkan madu. Karena di dalam madu terdapat zat fruktosa yang dapat membakar lemak dalam tubuh.

    Sementara itu jahe, jika di konsumsi maka bisa mengurangi napsu makan. Sehingga anda tidak sering merasa lapar.

    Salah satu cara mengecilkan perut buncit dengan menggunakan madu dan jahe adalah dengan cara mencampurkannya. Campurkan sekitar 2-3 sendok madu dan 3 sendok air perasan jahe. Seduh menggunakan air panas dengan takaran sekitar satu gelas. Konsumsi campuran madu dan jahe ini setiap 2 hari sekali.

    Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Diet

    Diet merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengecilkan perut buncit. Kebanyakan yang orang tahu, diet untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan diet ketat dan mengurangi frekuensi makan. Hal ini memang bagus dan tidak salah sama sekali namun selain cara tersebut masih ada cara lain yang bisa anda lakukan tanpa harus mengurangi frekuensi makan anda.

  • Mengganti nasi dengan sayuran

    Sayuran merupakan salah satu makanan yang bagus sekali dikonsumsi bagi orang yang sedang melakukan proses  diet. Hal ini dikarenakan sayuran memiliki kandungan lemak dan kalori yang sdikit namun tinggi akan serat.

    Kandungan serat yang terdapat dalam sayuran dan buah – buahan akan mengikat air sehingga pencernaan menjadi lancar dan lemak akan larut di dalamnya.

  • Mengurangi konsumsi makanan berkadar gula tinggi

    Zat gula sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak seimbang  dan berlebih maka akan berdampak buruh bagi kesehatan, salah satunya adalah dapat menimbulkan perut buncit.

    Untuk itu, sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung gula dalam porsi yang sewajarnya. Jika anda tidak ingin dampak buruk terjadi pada tubuh anda.

  • Menghilangkan kebiasaan makan sebelum tidur

    Seperti dijelaskan sebelulmnya bahwa salah satu pemicu terjadinya perut buncit adalah makan sebelum tidur. Jika anda tidak menginginkan perut anda buncit alangkah baiknya bila anda tidak melakukan hal tersebut.

    Makan sebelum tidur sangat  tidak dianjurkan oleh dokter, selain dapat menimbulkan perut buncit, makan sebelum tidur juga akan mengundang penyakit lainnya masuk kedalam tubuh anda.

    Ketika anda makan, maka tubuh membutuhkan waktu dua jam  untk mencerna makanan tersebut. Sementara ketika anda tidur, maka tidak ada aktivitas lain yang membutuhkan energi jadi ketika terjadi proses pencernaan maka makanan tersebut akan dirubah menjjadi lemak bukan menjadi energi.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Pola Hidup Sehat

Terjadinya perut buncit berawal dari tidak sehatnya pola hidup anda sehari – hari. Untuk itu, jika anda tidak menginginkan perut anda menjadi buncit sebaiknya mulailah dengan cara hidup sehat. Untuk memulai cara hidup yang sehat anda bisa mulai dengan cara berikut:

  1. Tidur secara teratur

    Seperti yang disinggung diatas, bahwa tidur yang kurang akan berakibat buruk bagi kesehatan. Maka dari itu beristirahatlah yang cukup setiap harinya sesuai porsi. Selain itu tidur dan bangunlah pada jam yang sama setiap hari agar pola hidup anda teratur.

  2. Management pikiran agar selalu tenang

    Pikiran sangat berperan penting pada kesehatan tubuh, begitu pula dengan berat badan dan perut buncit. Pikiran setres akan meningkatkan napsu makan yang berlebih. Maka dari itu diperlukan management pikiran yang bagus untuk mengontrol emosi dalam diri.

  3. Selalu dekat dengan tuhan

    Sebagai seorang manusia maka kita membutuhkan ketenangan dan kebahagiaan. Sumber ketenangan dan kebahagiaan yang sebenarnya adalah selalu dekat dengan tuhan.

    Dengan demikian hidup akan merasa lebih tenang dan lebih terarah uga akan terasa lebih bahagia. Dengan pikiran yang tenang dan bahagia maka  akan berdampak baik bagi metabolisme dalam tubuh. Sehingga badan akan selalu tetap fit dan sehat selalu.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara mengecilkan perut buncit secara alami tanpa obat ala carapedi. Semoga cara yang di syare kali ini bermanfaat bagi banyak orang, khususnya anda yang ingin mengecilkan perut buncitnya.

Dari cara – cara diatas silahkan anda lakukan secara konsisten dan teratur agar hasil yang di dapatkan sesuai dengan apa yang di harapkan. Karena jika anda konsisten melakukan cara – cara diatas maka niscaya perut buncit anda akan hilang bahkan lebih cepat dari yang anda duga sebelumnya.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.