cara mengatur cahaya laptop
Ilustrasi cara mengatur cahaya laptop | by pixabay

Cara Mengatur Cahaya Laptop Paling Mudah

Diposting pada

Pada dasarnya, cara mengatur cahaya laptop itu sangat mudah sekali. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari menggunakan tombol keyboard  atau menggunakan pengaturan secara manual di control panel. Namun ternyata masih ada saja orang yang belum mngetahuinya.

Ketika kita berinteraksi dengan laptop tentu secara langsung mata kita akan melakukan kontak dengan layar laptop. Nah, pada saat seperti ini terkadang mata kita tidak nyaman dengan pencahayaan pada laptop yang kita gunakan.

Misalnya pada saat cahaya diruangan gelap maka cahaya layar pada laptop terasa terlalu silau. Sedangkan pada saat cahaya ruangan terang cahaya laptop menjadi leih gelap dan tidak jelas untuk dilihat. Maka dari itu kita perlu melakukan pengaturan cahaya laptop agar kita lebih nyaman menggunakannya.

Disamping rasa nyaman yang kita butuhkan saat menggunakan laptop dengan cahaya yang sesuai. Kita juga perlu memperhatikan dari sisi kesehtan. Menggunakan laptop dengan cahaya yang tinggi pada saat ruanga gelap akan berdampak tidak baik untuk kesehatan mata kita.

Nah, maka dari itu, sudah sewajarnya kita memperhatikan kesehatan mata kita juga. Lalu bagaimana cara mengatur cahaya laptop? berikut uraian selengkapnya.

Bagimana Cara Mengatur Cahaya Laptop

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa mengatur cahaya laptop dan menyesuaikannya dengan yang kita inginkan itu sangat mudah sekali. Ada beberapa cara yang bisa anda coba. Seprti pada uraian berikut ini:

Cara mengatur Cahaya Laptop Windows 10

Penting untuk anda ketahui, bahwa hampir pada setiap operasi windows cara mengatur pencahayaan laptop terkadang sedikit memiliki perbedaan. Seperti halnya pada  windows 10 ini. Pada operasi windows 10 ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatur cahaya pada laptop. Cara – cara tersebut antara lain:

  1. Menggunakan taksbar menu ( icon baterai )cara mengatur cahaya laptop

    • Klik icon batrai pada taksbar menu di laptop anda.
    • Selanjutnya akan munncul jendela baru, klik pada brightness gambar matahari.
    • Sesuaikan tingkat cahayanya dengan yang anda inginkan dengan caa mengklik gabar tersebut. Setiap kali anda mengklik gammbar tersebut maka intensitas cahayanya akan berkurang atau bertambah sebanyak 25%.
  2. Menggunakan mobility center

    • Klik kanan pada icon start menu atau dengan menggunakan kombinasi tombol ( tekan tombol “windows” dan tomol “x” secara bersama – sama.
    • Kemudian akan muncul jendela baru seperti pada gambar berikut:

      cara mengatur cahaya laptop
      Ilustrasi pengaturan cahaya laptop dengan mobility center
    • Pada jendela tersebut klik pada menu “mobility center” atau dengan menekan tombol huruf “B“.
    • Setelah itu akan muncul jendela windows mobility center seperti pada gambar berikut:

      cara mengatur cahaya laptop
      Ilustrasi pengaturan cahaya laptop dengan mobility center
    • Pada jendela windows mobility center tersebut anda bisa melihat pada menu “display brightness“. Menu ini bisa anda gunakan untuk mengatur pencahayaan pada laptop anda. Caranya cukup mudah, anda tinggal menggeser slider brightness nya dan disesuaikan dengan tingkat cahaya yang anda inginkan.
  3. Cara mengatur cahaya laptop menggunakan control panel

    • Buka control panel dengan klik start pada taksbar atau dengan klik tombol pencarian ketikan “control panel”.
    • Pada menu hardwere anda sound pilih dan klik “adjust commonly used mobility settings“. Seperti pada gamar berikut ini:

      cara mengatur cahaya laptop
      Ilustrasi pengaturan cahaya laptop menggunakan control panel
    • Setelah itu akan muncul jendela windows mobility center. Atur pencahayaan laptop anda seperti pada langkah 2 diatas. Yaitu dengan menggeser slider brightness.

Cara mengatur Cahaya Laptop Windows 8

Pada windows 8, cara mengatur cahaya laptop juga terbilang cukup mudah. Nah, jika anda belum mengetahuinya, berikut ini uraian selengkapnya.

  1. Tekan tombol window dan tombol huruf C secara bersama – sama.
  2. Pilih dan klik pada menu setting.
  3. Pada jendela setting pilih dan klik pada menu “brightness“.
  4. Atur cahaya laptop dengan menggeser slider brightness menggunakan mouse ke atas dan ke bawah. Atau bisa juga dengan menggunakan tombol navigasi atas dan bawah pada keyboard.

Cara mengatur Cahaya Laptop Windows 7

Seperti halnya windows 10 dan windows 8 pada windows versi 2007 juga bisa melakukan pengaturan cahaya pada laptop. Secara kesimpulan cara yang dilakukan sama namun secara teknis windows 7 sedikit berbeda.

  1. Klik tombol start  menu.
  2. Pilih dan klik pada menu control panel.
  3. Pada jendela control panel pilih dan klik pada menu “hardwere and sound“.
  4. Pilih dan klik menu “power option“.
  5. Cara mengatur cahaya laptopnya adalah dengan menggeser tombol slider pada menu brightness dengan menggunakan mouse.

Cara Mengatur Cahaya Di Laptop Dengan Keyboard

Untuk beberapa jenis laptop terdapat tombol yang berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya. Namun, tidak semua jenis dan merk laptop memilikinya, jadi cara ini mungkin tidak akan bisa dilakukan pada laptop anda jika laptop milik anda berbeda dengan versi laptop yang saya gunakan.

Tombol yang digunakan untuk mengatur cahaya pada laptop biasanya berada pada deretan tombol F1 sampai dengan tombol F12. Nah pada laptop saya tombol tersebut berada ada tobol F11 dan tombol F12. Selain ada tulisan F11 dan F12 pada tombol tersebut ada gambar matahari disana. Jadia nda dengn mudah bisa menemukannya.

Lalu bagaimana cara mengatur cahaya laptop dengan menggunakn keyboard tersebut?. Mudah sekali,  anda cukup menekan tombol tersebut dan menyesuaikan intensitas cahaya laptop anda sesuai dengan keinginan anda.

Penutup

Nah itulah sedikit uraian mengenai cara mengatur cahaya laptop. Bagiamana cukup mudah bukan?.

Seharusnya setelah anda melakukan pengaturan cahaya pada laptop tersebut intensitas cahya bisa berubah seesuai dengan yang anda inginkan. Namun, apabila beberapa cara diatas gagal, coba anda restart terleih dahulu laptop anda. Kemudian lakukan setting ulang.

Jika cara tersebut masih tidak dapat menjadi solusi permasalahan anda, maka segeralah periksa driver layar monitor laptop anda. Apakah berfungsi dengan baik ataukah tidak.

Demikianlah uraian dari saya semoga dapat memberikan solusi dari permasalahan laptop anda.

Jangan lewatkan juga tips menarik lainnya seputar komputer:

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.