cara mengatasi laptop lemot
Laptop lemot

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Terbaru Dan Terupdate

Diposting pada

Cara Mengatasi Laptop Lemot– perkembangan jaman yang semakin canggih ini menjadikan anda membutuhkan gadget untuk menunjang segala aktivitas anda. Salah satunya yang biasa anda gunakan adalah laptop.Hampir semua masyarakat kita memiliki komputer jinjing atau laptop ini. Laptop sangat membantu anda dalam menangani segala macam pekerjaan. Keunggulan lainnya adalah dari segi ukurannya yang bisa dibawa kemana-mana, laptop juga cukup terjangkau harganya.

Biasanya setelah pembelian laptop baru, setahun atau dua tahun kondisi laptop bisa saja. Masih fresh, kinclong dan lancar dalam mengoperasikan windows ataupun fitur lainnya. Namun, biasanya gejala laptop menjadi lemot akan anda alami di tahun ke tiga. Mungkin di sini anda sudah banyak menyimpan banyak file. Dengan penurunan performa, membuat anda sedikit terganggu. Padahal, tugas-tugas dan laporan yang harus dikerjakan sudah menunggu. Nah di sinilah anda harus mengetahui cara mengatasi laptop yang lemot agar anda tidak perlu repot – repot membawanya ke tukang services.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan 10 Langkah

cara mengatasi laptop lemot
Foto by Pixabay | carapedi.id

Jika anda yang mengalami banyak masalah seperti yang dijelaskan diatas, anda tidak perlu khawatir. Dan jangan terburu membeli laptop baru lagi, apalagi jika budget anda pas-pasan. Artikel berikut ini akan membahas tentang cara ter mudah bikin laptop lama anda biar nggak lemot. Berikut ini cara yang mudah dan ekonomis yang harus anda coba, antara lain:

Langkah – langkah cara mengatasi laptop lemot

  1. Bersihkan bagian tubuh laptop anda

Anda bisa membersihkan bagian laptop dengan lap kaca mata di tambah dengan alcohol. Sehingga, noda kotor yang ada pada laptop akan hilang. Degan membersihkan bagian laptop dengan lap kaca mata dan alkohol yang rendah, anda bisa membuat tampilan laptop anda lebih fresh lagi.

Lap kaca mata di pilih, karena memiliki tekstur yang halus dan membuat bagian laptop terutama bagian layar tidak menjadi sensitif. Sedangkan alkohol, memudahkan pembersihan laptop karena alkohol mampu membasmi noda-noda kotor pada bagian laptop.

Untuk bagian keyboard anda membutuhkan cottonbud yang sudah dicelupkan pada alkohol, kemudian gosok kan pada bagian cela-cela keyboard.

cara mengatasi laptop lemot
Foto by pixabay.com
  1. Bersihkan bagian kipas

Nah, mungkin setelah usia laptop anda 2-3 tahun, bagian kipas laptop anda terasa lebih panas, dan kadang juga berbunyi. Anda bisa membuka bagian Casing bawah laptop, kemudian bersihkan hardware nya dengan USB vacum cleaner.

Anda jangan ragu  membuka Casing laptop bagian bawah, sebab jika di rasa garansi selama 2 tahun sudah habis maka tidak masalah jika anda membukanya. Jika anda belum pernah membuka, ada banyak tutorial cara membuka Casing bagian belakang laptop. Untuk harga USB Vacum Cleaner biasanya Rp. 50.000.

  1. Mempercantik dengan memasang cover laptop

Sekarang ini ada banyak cara mempercantik bagian laptop salah satunya adalah dengan menambahkan nya cover laptop. Anda bisa memilih jenis cover laptop yang lucu-lucu sesuai dengan keinginan anda.

  1. Merapi kan bagian storage

Cara mengatasi laptop lemot yang ke empat adalah dengan merapikan bagian storage. Sangat disayangkan faktor utama laptop anda menjadi lemot adalah karena bagian storage anda yang terdiri dari file-file lama anda yang menumpuk.

Maka anda bisa sedikit-sedikit memilah file-file mana yang sudah tidak terpakai lagi dan menghapusnya. Atau juga bisa dengan meng uninstall aplikasi yang tidak terpakai lagi.

Kemudian anda juga merapikan kembali dokumen-dokumen dan file penting di laptop anda. Memindahkan file-file tersebut ke eksternal harddisk agar spacenya lebih banyak.

Cara lainnya adalah dengan mengumpulkan file-file lama menjadi satu dan gunakan WinRAR untuk mengkompress ukuran filenya menjadi lebih kecil.

cara mengatasi laptop lemot
Foto by pixabay | carapedi.id

Baca juga:

  1. Mendefrag secara berkala

Defrag adalah langkah dimana anda akan merapikan bagian hard drive dengan cara, buka menu start kemudian  pilih disk defragment. Software defragment tersebut adalah bawaan dari windows. Anda hanya tinggal menunggu hingga proses defrag nya selesai.

  1. Jangan menggunakan anti virus gratisan.

Nah, bagian terpenting dari cara mengatasi laptop lemot adalah dengan tidak menggunakan antivirus yang gratisan. Memang ada banyak jenis anti virus yang beredar di dunia maya dan dapat di download secara gratis.  Anti virus yang demikian ini yang kadang bisa membuat laptop anda menjadi lemot. Maka anda bisa menguninstall aplikasi anti virus tersebut dan menggantinya dengan yang premium.

  1. Menghapus junk file

Selain menginstall antivirus, anda juga menghapus junk-junk file. Untuk menghapus jenis junk file ini, anda bisa menginstall anti virus baru. Dengan cara membersihkan junk files, lebih baik daripada harus menginstall ulang laptop kamu dan kehilangan banyak data bukan?

  1. Aplikasi yang otomatis jalan saat start up

Jika anda masih merasa laptop anda lemot, maka kemungkinan di dalam laptop anda sedang berjalan aplikasi yang otomatis jalan saat start up.

Untuk mengatasi masalah ini di butuhkan sedikit pemahaman tentang computer. Langkah awalnya bisa anda awali pada bagian menu search, ketik lah msconfig, dan lihatlah apa saja yang laptopmu jalakan ketika ia dinyalakan. Beri tanda pada kotak “hide all microsoft service”, dan perhatikan aplikasi apa saja yang ada, siapa tahu ada yang tidak kamu kenal dan memberatkan proses laptop kamu. Setelah selesai, kamu akan diingatkan untuk restart laptop anda.

  1. Mengupgrade RAM

Dengan mengupgrade RAM dapat juga meningkatkan kemampuan multitasking laptop secara signifikan. RAM pada laptop hanya memiliki ukuran kecil, yakni hanya 2 GB. Jika anda fungsikan laptop hanya untuk  mengetik saja tanpa melakukan apapun,  RAM segitu sudah cukup.

Terkecuali jika anda ingin melakukan banyak aktivitas dengan laptop anda, maka anda bisa menggantinya atau mengupgrade RAM anda dengan 4 GB, atau untuk aktivitas lainnya misalnya  rendering atau video editing, ram 8GB adalah wajib bin kudu anda miliki.

  1. Menggunakan SSD

Cara paling simpel untuk membuat performa laptop anda menjadi lebih baik dan   melesat maju, paling kelihatan efeknya, dan sekaligus paling mahal, adalah mengganti harddisk drive laptop anda dengan SSD.

SSD merupakan gambaran lain seperti flashdisk yang ukurannya besar. SSD ini yang akan menggantikan fungsi dari HDD alias harddisk Drive milik laptop anda. Perbedaannya, adalah SSD sudah menggunakan chip untuk penyimpanan data, sedangkan HDD masih menggunakan piringan.

Maka akan secara otomatis, akses data SSD jauh lebih lancar, karena tidak harus memutar piringan dahulu. SSD ini biasanya di jual dengan memiliki kapasitas sebesar 120GB bisa ditebus dengan harga 800-900 ribuan, dan yang berukuran 256GB seharga 1.5 juta. Memang mahal sih, tapi kalau untuk performa, bisa dipertimbangkan ulang kan? SSD laptop anda yang lama  tentu bisa anda jual.

cara mengatasi laptop lemot
Foto by pixabay.com | carapedi.id

Dengan menggunakan ke 10 cara mengatasi laptop lemot tersebut semoga dapat membantu anda mengatasi masalah laptop lama anda yang sedikit lemot. Bukan menjadi alasan untuk mengganti laptop lama dengan yang baru. Padahal laptop lama anda yang senantiasa menemani anda dalam aktivitas sehari-hari. Walaupun performanya mengalami kemunduran, anda bisa memodifikasi nya dengan cara sederhana di atas. Dengan begitu akan membantu membuat laptop lama anda kembali seperti sediakala. Yang perlu anda siapkan adalah sedikit waktu luang dan budget minimal untuk membuat laptop lama anda memiliki performa yang bagus lagi.