cara mengatasi alergi deterjen

Apa Anda Alergi Deterjen? Begini Cara Mengatasi nya!

Diposting pada

Mayoritas orang ketika mencuci pakaian biasanya menggunakan deterjen agar pakaian yang mereka cuci lebih mudah dibersihkan. Namun sayangnya, beberapa orang mengalami alergi saat mencuci menggunakan deterjen. Lalu adakah cara yang dapat digunakan untuk mengatasi alergi terhadap deterjen?

Mencuci adalah kegiatan yang rutin yang sering kali orang lakukan. Apalagi jika di rumah memiliki anak kecil yang sering ngompol, sudah pasti mencuci pakaian menjadi kegiatan sehari-hari.

Dalam kasus semacam ini, kegiatan mencuci tentu menjadi rutinitas anda setiap hari. Namun bagaimana jadinya jika tangan anda alergi terhadap deterjen? Tidak mungkin cucian anda ditinggal begitu saja.

Menggunakan jasa cuci seperti laundry butuh biaya yang lumayan cukup mahal. Lantas bagaimana? Tidak perlu khawatir, ada banyak cara kok yang dapat digunakan untuk mengatasi alergi terhadap detergen.

A. Ganti Jenis Mek Deterjen

Banyak orang yang mengalami alergi terhadap detergen karena tidak cocok nya detergen yang digunakan dengan kulitnya sensitif. Sehingga ketika terjadi kontak langsung maka akan menimbulkan iritasi ataupun berbagai jenis reaksi alergi lainnya.

Tidak cocok nya deterjen yang digunakan, dimungkinkan karena bahan-bahan yang dimilikinya terlalu kuat. Sehingga dapat merusak kulit yang sensitif.

Mengganti merk deterjen yang digunakan selama pemakaian adalah keputusan yang tepat. Namun dalam pemilihan jenis deterjen penggantinya ini harus dilakukan dengan benar.

Detergen yang rekomended untuk digunakan adalah jenis detergen yang memiliki PH rendah dan netral. Sehingga lebih aman ketika digunakan untuk mencuci. Salah satu jenis deterjen paling cocok adalah rinso gentle yang lembut dan memiliki PH yang rendah serta aman di kulit.

B. Selalu Gunakan Sarung Tangan

Sebagai orang yang memiliki kulit sensitif terhadap deterjen, sudah seharusnya anda menggunakan sarung tangan ketika mencuci. Dengan cara ini maka tangan anda akan lebih aman dari alergi deterjen.

Dengan mengenakan sarung tangan maka tangan anda tidak akan kontak langsung dengan detergen. Sehingga akan aman ketika anda mencuci, tangan anda tidak akan mengalami alergi lagi.

Namun jenis sarung tangan yang digunakan juga tidak semuanya bisa digunakan. Saya sarankan untuk menggunakan sarung tangan plastik atau karet yang dapat menutup akses air deterjen bersentuhan dengan kulit tangan.

C. Gunakan Obat Antihistamin

Jika tangan anda sudah terlanjur mengalami alergi dan sudah kontak dengan deterjen, maka anda bisa obati dengan menggunakan obat antihistamin. Anda bisa membelinya di apotek, namun selalu gunakan obat ini sesuai dengan petunjuk dokter.

Atau jika anda memiliki dokter kulit pribadi maka anda bisa melakukan konsultasi ke dokter kulit. Maka dokter akan memberikan obat yang cocok dengan kulit anda.

D. Gunakan Air Dingin

Cara ini mungkin bisa menjadi pertolongan pertama saat anda mengalami alergi deterjen. Kompres lah tangan anda yang mengalami alergi menggunakan air dingin.

Saat kulit anda mengalami ruam atau kemerahan, maka segera atasi dengan menggunakan air dingin atau bisa juga menggunakan es batu. Cukup tempel kan pada kulit yang mengalami ruam, lalu diamkan beberapa saat.

E. Segera Kunjungi Dokter Kulit

Cara mengatasi alergi deterjen yang terakhir adalah dengan pergi ke dokter kulit. Dokter kulit akan paham dengan permasalahan kulit sensitif anda. Dokter bisa menanganinya dengan baik secara medis.

Namun ketika anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit maka akan membutuhkan biaya yang sedikit lebih mahal. Namun hal tersebut setara dengan hasil yang bisa di dapatkan.

Gambar Gravatar
Penulis Profesional di Hallokim.com | Jasa Penulis Artikel SEO Terpercaya | 0896-0896-0097

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.