cara mencuci baju yang benar
Poto by pixabay.com

Cara Mencuci Baju Putih Yang Benar Agar Kinclong

Diposting pada

Kegiatan mencuci terkadang menjadi suatu permasalahan tersendiri bagi kaum ibu – ibu, terutama baju putih. Baju dengan warna seperti ini tidak bisa asal cuci begitu saja. Tapi diperlukan prosedur, teknik dan cara mencuci baju putih  yang baik dan benar. Agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Pemisahan bahan pakaian, warna dan cara membersihkan kotoran merupakan kunci dasar dari mencuci baju putih ini. Kebanyakan dari kita mencuci pakaian khususnya yang berwarna putih terkadang suka di campur dengan baju yang berwarna lain. Nah hal semacam inilah yang seharusnya di hindari. Jika anda benar – benar menginginkan warna baju putih kesayangan anda tidak berubah warna. Selain itu masih banyak hal lain yang harus anda perhatikan agar baju putih anda tidak berubah warnanya.

Cara Mencuci Baju Putih Yang Benar

Baju putih terkadang menjadi pilihan untuk tampil rapih dan bersih. Baju ini sering sekali dikenakan saat ada acara – acara formal. Seperti saat ada acara interview pekerjaan. Kebanyakan orang bahkan perusahaan mewajibkan calon karyawannya mengenakan pakaian putih. Sudah tentu bukan tanpa alasan. Pemilihan warna putih dianggap yang paling tepat karena menimbulkan kesan rapih dan bersih.

Namun, sayangnya warna putih tersebut rentan berubah serta mudah terkontaminasi warna lain. Sehingga warna putihnya menjadi tidak mengkilat. Kalo sudah seperti ini bukan kesan rapi dan bersih yang ditimbulkan melainkan kesan kotor dan jorok.

Nah, hal semacam ini jangan sampai terjadi kepada anda ya sobat. Untuk itu pemahaman akan cara mencuci baju putih ini sangat diperlukan dan memang sangat penting sekali.

Ada beberapa cara yang harus anda lakukan ketika mencuci baju warna putih. Diluar sana banyak sekali produk pemutih pakaian yang bisa anda gunakan. Namun, produk tersebut harus digunakan dengan cara yang tepat agar tidak salah kaprah.

Nah, berikut ini carapedi akan berikan sedikit tips buat anda. Silahkan disimak baik – baik.

A. Cara mencuci baju putih yang terkena noda minuman atau makanan

Mengatasi noda secepat mungkin adalah solusi terbaik saat baju anda terkena oleh noda. Atasi dengan mencucinya menggunakan air biasa jangan menggunakan aer hangat yang malah memperkuat noda nempel di baju anda. Karena sebagian noda memang tidak bagus jika diatasi dengan aer hangat.

Solusinya, anda bisa menggunakan detergen cair atau sabun cuci piring seperti sunlight dan sebagainya. Karena sabun pencuci piring mampu mengangkat noda makanan dan minuman dengan baik. Untuk membersihkan noda pada baju putih anda silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini:

  1. Teteskan sedikit detergen cair atau sabun pencuci piring tadi pada baju putih anda yang tekena oleh noda
  2. Teteskan air sedikit pada bagian tersebut
  3. Tepuk – tepuk atau kucek secara perlahan
  4. Diamkan selama 5 -10 menit
  5. Masukan baju ke mesin cuci, jangan campurkan dengan warna lain ya.
  6. Tambahkan detergen secukupnya
  7. Jalankan mesin cuci seperti biasa saat anda mencuci

B. Cara mencuci baju putih yang terkena noda tinta

Noda tinta pada baju terkadang sangat sulit sekali untuk dihilangkan apalagi pada baju warna putih. Baju ini sangat rentan sekali berubah warna saat terkena noda dari luar. Namun anda tenang saja karena carapedi akan memberikan tips jitu nya untuk anda.

Mayoritas pulpen yang sering kita gunakan rata – rata bahan dasarnya menggunakan air. Hal ini memudahkan anda untuk menghilangkan noda pada baju yang terkena tinta pulpen. Anda cukup membersihkannya menggunakan air hangat dan deterjen saja itu sudah cukup.

Namun, jika noda tinta yang mengenai baju anda membandel maka diperlukan cara khusus untuk menanganinya. Yang perlu anda lakukan adalah dengan menangi nodana terlebih dahulu.

  1. Langkah pertama, jika noda pada baju anda cukup tebal maka gunakan kain mikrofiber untuk mengeluarkan tinta dari baju anda. Hati – hati jangan menggosok atau menyeka nya dengan kasar. Cukup anda tepuk – tepuk saja sampai nodanya menipis.
  2. Jika noda tintanya cukup banyak dan berceceran hampir keseluruh baju anda, gunakan produk pembersih tinta. Namun yang berbahan dasar air untuk membantu menghilangkan noda tinta. Test terlebih dahulu produk tersebut sebelum digunakan. Ikuti cara petunjuk pemakaiannya.
  3. Setelah noda nya sedikit berkurang,  sekarang anda masukan baju tersebut kedalam mesin cuci. Jangan campurkan dengan baju yang berwarna lainnya.
  4. Pastikan noda pada baju anda telah benar – benar hilang sebelum dikeringkan. Jika noda pada baju anda masih tersisa ulangi langkah diatas sampai noda dibaju anda hilang.

C. Cara mencuci baju putih yang berubah menjadi kekuningan

Repotnya memiliki baju dengan warna putih itu terkadang warnanya suka berubah menjadi kekuningan. Penyebabnya tentu banyak sekali. Bisa dari air dirumah anda yang kurang bersih, terkontaminasi warna baju lain, atau cara mencuci bajunya yang tidak benar.

Lalu bagaimana cara mengembalikan warna putihnya?. Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan warna putih pada baju anda. Yaitu memutihkannya dengan menggunakan pemutih buatan atau dengan menggunakan bahan organik. Perhatikan bahan pada baju anda apakah bisa dibersihkan menggukan pemutih buatan atau menggunakan bahan organik. Jika anda bingung cek saja label pada baju anda.

  1. Cara memutihkan baju dengan pemutih pakaian

Jika baju anda berbahan katun ( cotton ) maka cara memutihkannya bisa dengan menggunakan pemutih pakaian. Karena pada umumnya baju yang berbahan katun bisa menggunakan cara ini. Anda cukup menggunakan pemutih yang dicampur dengan air panas. Sebelum anda menggunakan cara ini pastikan tidak ada warna lain pada baju tersebut.

Ikutilah langkah – langkah berikut ini:

  • Masukan air panas kedalam ember sebanyak 5 liter atau setara dengan 5 gayung air.
  • Tambahkan detergen dan pemutih sebanyak 100 ml.
  • Aduk hingga detergen dan pemutihnya larut
  • Masukan baju putih anda
  • Diamkan selama 30 menit
  • Angkat baju anda terus masukan kedalam mesin cuci
  • Cuci baju seperti biasa di mesin cuci dengan menggunakan detergen pencuci baju
  • Jemur baju anda dibawah panas matahari langsung
2.Cara memutihkan baju dengan bahan organik

Baju yang bisa diputihkan dengan menggunakan bahan oraganik adalah baju yang berbahan sintetis atau semi sintestis.

Untuk memutihkan baju dengan bahan organik ikuti langkah – langkah berikut ini:

  • Masukan 5 liter air air kedalam ember. Air yang digunakan suhunya harus sesuai dengan yang disarankan pada label baju anda.
  • Tambahkan sunlight atau sabun cair pencuci piring lainnya
  • Aduk hingga larut
  • Masukan baju putih anda dan diamkan selama 15 menit
  • Kemudian angkat dan bilas
  • Kemudian ganti air di ember anda dengan yang baru
  • Larutkan cairan cuka sebanyak 2 sendok makan
  • Rendam kembali baju putih anda tadi kedalam larutan air cuka tersebut
  • Diamkan selama 15 menit
  • Angkat dan bilas hingga bersih
  • Masukan kembali baju putih anda kedalam mesin cuci
  • Kemudian cuci dengan menggunakan detergen yang biasa anda gunakan mencuci baju pada mesin cuci
  • Jemur dibawah sinar matahari langsung

Nah, begitulah cara mencuci baju putih yang baik dan benar versi carapedi. Cukup mudah bukan?. Silahkan coba dan praktekan sendiri di rumah ya.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.