cara mencari supplier

Cara Mencari Supplier Murah Untuk Bisnis Reseller

Diposting pada

Bila saat ini anda berencana untuk membuka usaha di bidang reseller, maka langkah penting yang harus anda pahami adalah mengetahui bagaimana cara mencari supplier yang akan memberi supply barang ke toko anda. Serta bagaimana caranya mendapatkan harga termurah dari supplier tangan pertama.

Untuk dapat bersaing dengan penjual lain dipasaran, anda membutuhkan supplier yang memang bisa memberikan pasokan barang dengan harga murah.

Dengan mencari supplier dari tangan pertama dan mendapatkan harga termurah, anda bukan hanya bisa bersaing dengan penjual lainnya dari sisi harga saja. Melainkan bisa juga melakukan pengiriman dengan cepat serta mampu mengontrol kualitas barang yang tidak begitu rumit. Pada akhirnya andapun juga bisa mengatur besar kecilnya keuntungan yang akan di dapat.

Apa Itu Bisnis Reseller?

Bisnis reseller adalah sebuah tipe bisnis yang menjual kembali barang atau jasa dari supplier, produsen ataupun distributor yang telah sepakat untuk bekerja sama. Reseller membeli produk dari produsen atau supplier tangan pertama dengan harga murah yang telah disepakati, kemudian memasarkan kembali produk tersebut dengan harga yang telah di sesuaikan dengan pesainnya.

Bagaimana Cara Mencari Supplier Tangan Pertama Untuk Bisnis Reseller

Jika anda memiliki toko online untuk memasarkan produk reseller anda. Maka anda harus menjaga kualitas dan pelayanan yang baik untuk para konsumen yang berbelanja ke toko online tersebut. Karena nyatanya membangun usaha online dengan menjual produk tidak semudah yang dibayangkan. Perlu trust yang tinggi dari calon konsumen terhadap toko anda agar terjadi pembelian.

Maka dari itu, tanpa adanya dukungan dari produk yang berkualitas dan berharga yang murah, toko anda akan sulit sekali bersaing dipasaran. Pasalnya ada banyak produk serupa yang bertebaran di internet yang siap jadi pesaing anda.

Nah, maka dari itu untuk dapat bersaing dengan kompetitor, anda harus mencari produk yang bagus dan berkualitas. Disamping itu kontrol dan berikan pelayanan terbaik yang tidak diberikan kompetitor anda kepada konsumen. Setelah semua anda siapkan sekarang cari supplier, produsen ataupun distributor yang bisa memberikan produk terbaiknya kepada anda.

1. Cara Mencari Supplier di Tokopedia

cara mencari supplier
Mencari supplier Di Tokopedia | carapedi.id

Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Disana banyak sekali orang yang berjualan berbagai macam produk. Mulai dari produk fashion, elektronik, kesehatan, kecantikan, peralatan rumah tangga, otomotif dan masih banyak lagi.

Para penjualnyapun banyak sekali, mulai dari distributor, produsen bahkan reseller dan dropshiper juga banyak yang berjualan disana. Nah, jika anda ingin mencari supplier, produsen atau distributor produk carilah di tokopedia. Bagaimana cara mencari supplier di tokopedia yang berharga murah?. Berikut caranya:

  1. Tentukan produk yang ingin anda cari.
  2. Login ke tokopedia
  3. Ketikan nama produk tersebut di kolom pencarian tokopedia.
  4. Setelah muncul berbagai pilihan produk urutkan hasil pencarian dengan harga termurah.
  5. Carilah produk dari suplier yang bagus  dan berkualitas.
  6. Klik pada salah satu produk yang anda cari.
  7. Untuk mengetahui apakah penjual tersebut suplier atau bukan cek langsung ke tokonya. Yang harus anda lakukan adalah:
    • Cek berapa ribu produk terjual di toko tersebut.
    • Cek reputasi toko tersebut, biasanya tokopedia akan memberikan bintang untuk toko berkualitas.
    • Cek testimoni daripara pelanggan toko terebut.
    • Bandingkan harga yang dijualnya dengan produk serupa di toko lainnya.
  8. Hubungi kontak pemilik toko, kemudian ajak untuk bekerja sama.

2. Cara Mencari Supplier di Shopee

cara mencari supplier

Selain tokopedia, shopee juga merupakan salah satu marketplace yang  disukai oleh pecinta shoping online di Indonesia. Para penjual di shopee juga banyak yang berasal dari kalangan produsen, distributor dan suplier. Namun tahukah anda, selain bisa berbelanja dan berjualan di shopee, anda juga bisa mencari supplier untuk memasok produk ke toko online anda.

Dan enaknya lagi, mencari supplier di shopee sangat mudah. Ketika anda mengetikan nama produk di situs tersebut, maka anda bisa memfilter hasil pencarian sesuai dengan tipe penjualnya. Jadi sangat mudah untuk menemukan produk yang berasal dari suplier atau distributor.

  1. Tentukan produk.
  2. Kunjungi situs shopee.
  3. Masukan nama produk pada kolom pencarian.
  4. Setelah muncul berbagai pilihan produk filter hasil pencarian sesuai dengan “tipe penjual“.
  5. Jangan lupa juga shortir pencariannya sesuai dengan “batasan harga” termurah.
  6. Carilah produk dari suplier yang bagus  dan berkualitas.
  7. Klik pada salah satu produk yang anda cari.
  8. Untuk memastikan apakah penjual tersebut suplier atau bukan cek langsung tokonya.
    • Cek berapa ribu produk terjual di toko tersebut.
    • Cek reputasi toko.
    • Cek testimoni daripara pelanggan toko.
    • Bandingkan harga yang dijualnya dengan produk serupa di toko lain.
  9. Hubungi kontak pemilik toko, kemudian ajak untuk bekerja sama.

3. Cara Mencari Supplier di Bukalapakcara mencari supplier

Para supplier, produsen dan distributor menjajakan barang tidak hanya di tokopedia dan shopee saja di bukalapak juga mereka ada. Karena bukalapak juga merupakan salah satu marketplace ternama di Indonesia. Andapun sudah pasti tidak asing dengan marketplace yang satu ini. Di bukalapak kita bisa temukan berbagai orang yang berjualan online. Mulai dari penjual besar sampai penjual kecil seperti reseller dan dropshiper pada menajajakan barangnya disana.

Cara mencari supplier di bukalapak sebenarnya tidak jauh berbeda dengan marketplace lainnya. Jika anda seorang pemula yang masih kebingungan silahkan anda ikuti langkah – langkah berikut ini:

  1. Tentukan produk yang akan dijual.
  2. Kunjungi situs bukalapak.
  3. Masukan nama produk tersebut pada kolom pencarian.
  4. Urutkan hasil pencarian sesuai dengan harga termurah.
  5. Untuk memastikan nominal rentang harga termurah anda bisa memfilternya dengan memasukan nominal harga pada kolom “rentang harga“.
  6. Setelah semua selesai di filter, cari produk dari suplier yang bagus  dan berkualitas tinggi.
  7. Untuk memastikan apakah penjual tersebut suplier atau bukan serta untuk memastikan kualitas produk dan layananannya, cek langsung ke tokonya.
    • Cek berapa ribu produk yang sudahterjual di toko tersebut.
    • Cek reputasi toko.
    • Cek testimoni daripara pelanggan toko.
    • Bandingkan harga yang dijualnya dengan produk serupa di toko lain.
  8. Hubungi kontak pemilik toko, kemudian ajak untuk bekerja sama.

4. Cara Mencari Supplier di Google ( Internet )

Internet merupakan media paling luas tempat kita mencari segala informasi yang ingin kita ketahui. Saat ini Google telah menjadi situs mesin pencarian terbesar di dunia. Informasi apapun yang ingin kita temukan bisa dengan mudah kita dapatkan.

Hal ini bisa anda manfaatkan untuk mencari suplier yang tersebar di internet dari berbagai belahan dunia, bukan hanya di indonesia. Untuk mendapatkan supplier dari Google ( internet ) silahkan anda lakukan langkah berikut ini:

  1. Tentukan produk target anda.
  2. Tentukan lokasi supplier yang anda inginkan.
  3. Kunjungi situs google.co.id.
  4. Pada kolom pencarian silahkan anda ketikan kata kunci supplier produk yang ingin anda cari. Sebagai contoh, jika anda ingin mencari suplier kaos oblong yang bersalal dari Bandung, maka silahkan anda ketikan “supplier kaos oblong murah di Bandung”.
  5. Selanjutnya, Google akan menampilkan berbagai situs yang menjadi supplier kaos oblong di Bandung.
  6. Tugas anda adalah, buka satu persatu situs tersebut. Analisis situs suplier tersebut mulai dari kualitas barang, kualitas layanan, testimoni pelanggan, reputasi supplier.
  7. Cek apakah situs toko supplier tersebut sudah terberivikasi sebagai situs toko online terpercaya apa belum. Biasanya kalo toko online resmi dan terpercaya memiliki lisensi dari situs polisi online. situs polisi online ini adalah sebuah situs yang digunakan untuk memvalidasi dan memverivikasi situs toko online apakah layak di publikasikan atau tidak.
  8. Jika anda merasa ragu dengan toko tersebut anda bisa cek langsung ke situs polisi online tersebut. Biasanya di situs polisi online ada daftar toko online yang ilegal dan daftar toko online yang telah tervalidasi dan layak untuk di gunakan.
  9. Jika situs tesebut terpercaya, memiliki testimoni yang bagus, kualitas produk dan layanannya terpercaya silahkan anda hubungi kontak situs tersebut dan ajak bekerja sama.

5. Mengunjungi Acara Pameran atau Bazar Bisnis

Para pelaku usaha biasanya memanfaatkan pameran atau acara bazar bisnis untuk mempromosikan produknya. Biasanya acara tersebut dipenuhi oleh berbagai pengusaha dari berbagai jenis. Mereka sengaja berkumpul untuk saling memperkenalkan produk yang dijualnya.

Tujuan dari acra ini adalah tiada lain untuk saling mengetahui produk – produk unggulan yang akan dipasarkan. Yang mana harapan selanjutnya bisa saling bekerja sama antara pengusaha yang satu dan yang lainnya.

Ini merupakan acara yang bagus untuk anda kunjungi, disana anda bisa mengenal berbagai jenis produk yang sangat berkualitas karena diproduksi langsung oleh produsennya.

Kesimpulan

Tips cara mencari supplier diatas adalah beberapa referensi yang bisa anda gunakan untuk mencari supplier untuk toko online anda. Cara diatas merupakan cara yang paling mudah untuk anda lakukan dan pastinya sudah pernah saya coba terlebih dahulu.

Mencari suplier tidak bisa asal – asalan, melainkan harus dipastikan apakah supplier tersebut memenuhi kriteria sebagai supplier berkualitas atau tidak. Baik itu dari sisi kualitas produk yang ditawarkan maupaun dari sisi layanan yang diberikan. Dan yang paling penting, supplier tersebut harus sudah terbukti dan terpercaya berdasarkan beberapa kriteria yang sudah dijelaskan diatas.

Baca juga: Tips Dapet Jutaan Dari Reseller Online Shop

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.