cara menambah ram laptop
Menambah RAM laptop | Carapedi.id

Cara Menambah RAM Laptop Dg Flashdisk 2GB Jadi 4GB

Diposting pada

Random Access Memory atau RAM merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam laptop. RAM menjadi media penyimpanan sementara ketika laptop digunakan. Keberadaan RAM jelas sangat mempengaruhi kinerja dan kecepatan akses laptop. Semakin besar RAM maka semakin baik kinerja laptop tersebut. Namun bagaimana jika RAM kecil? Bisakah kapasitas RAM diperbesar? Bagaimana cara menambah RAM laptop?

Kinerja sebuah laptop banyak di pengaruhi oleh kapasitas RAM yang dimilikinya. Kapasitas RAM sangat berpengaruh pada kinerja laptop.Jika laptop kamu memiliki RAM kecil sebaiknya jangan paksa kan untuk Install banyak aplikasi, kenapa? Karena bisa menambah beban kerja RAM.

Laptop dengan kapasitas RAM kecil jika di paksa untuk Install banyak aplikasi pasti akan berdampak pada daya akses laptop yang sering hang dan lemot.

Lantas bagaimana? Apa RAM bisa di tambah?

Tentu! Kamu bisa menambah RAM pada laptop ataupun pada komputer dengan mudah. Jika kamu memiliki komputer maka kamu tinggal buka box penutup CPU>cabut chip RAM lama dan ganti dengan chip RAM baru yang memiliki kapasitas lebih besar. Apakah caranya sama dengan ganti RAM laptop? Berbeda! karena perangkat nya juga berbeda.

Bagaimana cara menambah RAM laptop?

Cara menambah RAM pada laptop sedikit berbeda dengan ganti RAM di komputer, berhubung perangkatnya juga beda. Tahukah kamu bahwa ternyata mengganti RAM di laptop bisa menggunakan flasdisk loh.

Menambah RAM dengan flashdisk? tidak salah? Tentu tidak! Bahkan ini benar-benar bisa kamu lakukan loh.

Daripada kamu mengganti RAM dengan chip RAM biasa lebih baik kamu menggunakan flashdisk saja. Selain lebih murah harganya, juga lebih mudah untuk dilakukan. Jika kamu punya flashdisk di rumah, kamu bisa banget manfaatkan untuk menjadi RAM laptop kamu.

Nah, supaya kamu tidak makin penasaran, yuk langsung simak uraian selengkapnya berikut ini:

Langkah-langkah cara menambah RAM laptop dengan flashdisk

  1. Siapkan flashdisk yang akan kamu gunakan, misalnya kamu ingin tambah 2GB atau 4GB maka kamu siapkan flashdisk dengan kapasitas tersebut.
  2. Sambung kan terlebih dahulu flashdisk yang akan kamu jadikan sebagai RAM.
  3. Buka My komputer atau windows explorer laptop kamu (tombol windows + tombol E).
  4. Klik kanan pada device flashdisk kamu tersebut, misalkan di localdisk E.
  5. Kemudian pilih properties.
  6. Pada halaman propertise silahkan kamu klik readyboost.
  7. Pilih dan klik use device.
  8. Setelah itu kamu atur besar kapasitas flashdisk untuk digunakan sebagai RAM.
  9. Setelah itu, klik apply kemudian klik oke.
  10. Selesai.

Keterangan:

Cara menambah RAM laptop 2gb menjadi 4gb harus kamu tahu bahwa tidak semua jenis flashdisk bisa digunakan. Hanya beberapa jenis flasdisk saja yang bisa kamu gunakan untuk menambah RAM. Lalu fllashdisk seperti apa yang bisa digunakan untuk menambah RAM?

  1. Flaashdisk yang menggunakan sistem FAT16, FAT32 dan NTFS serta memiliki ruang free space minimal 235MB.
  2. Memiliki waktu akses yang cepat, minimal 1 milidetik.
  3. Memiliki kemampuan read and write (read:2.5mb/s and write:1.75MB/s).

Apa akibatnya jika flashdisk tersebut dipaksakan? Jika kamu paksa kan flashdisk tersebut untuk digunakan, maka akan berakibat pada rusaknya flasdisk.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum ganti atau menambah kapasitas RAM

menambah RAM memang dapat membuat kinerja laptop menjadi lebih baik, lebih cepat dan mampu menampung banyak aplikasi. Namun sebelum kamu menambah RAM laptop, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

A. Alasan menambah RAM

Menambah RAM harus jelas alasan nya, apakah untuk kebutuhan atau hanya sekedar iseng saja. Hal ini penting sekali kamu perhatikan karena jika beda kebutuhan menambah RAM nya maka kapasitas yang hars di tambahnya juga beda.

Dan yang tidak kalah penting kenapa alasan kamu menambah RAM ini penting kamu perhatikan, agar kamu bisa menyesuaikan kebutuhan yang harus kamu sediakan.

Jika kamu hanya ingin lancar menggunakan aplikasi photoshop di laptop, maka menambah RAM 2GB sudah cukup. Namun jika kamu ingin lancar bermain game maka gunakan RAM 8GB.

B. Perhatikan mainboard laptop

Ini penting banget nih, saat kamu mau nambah RAM sebaiknya mainboard menjadi salah saat bagian penting yang harus kamu perhatikan. Pasalnya, mainboard tidak akan cocok pada semua jenis memori. Karena memang setiap laptop di rancang khusus dengan kapasitas tertentu.

Sebagai contoh, jika laptop kamu memang hanya bisa menampung RAM 8GB dan kamu tambah lagi 4GB atau 8GB lagi maka akan jadi percuma. Disamping itu, RAM untuk laptop gunakan jenis RAM SO-DIMM jangan gunakan RAM jenis DIMM karena itu buklan buat laptop tapi untuk di PC. Jnagan lupa juga cek apakah RAM tersebut DDR atau LDDR.

C. Sistem operasi laptop

Setiap sistem operasi laptop memiliki batasan daya baca terhadap memori yang di pasang pada sistem tersebut. Baik itu sistem operasi windows maupun sistem operasi linux keduanya menerapkan sistem dan arsitek teknologi yang sama, ada batasan tertentu yang dimilikinya.

Sebagai contoh, windows 32 bit dapat membaca memori hingga 8GB sedangkan windows 64 bit mampu membaca memori hingga 128GB. Nah, dalam hal ini jika kamu sampai menambah RAM diluar batas daya baca memori sistem operasi laptop kamu maka akan percuma.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai cara menambah RAM laptop asus ataupun laptop lainnya. Cukup mudah bukan? silahkan kamu praktikan sendiri di rumah.

Gambar Gravatar
Saya Mustakim, seorang lulusan sarjana pendidikan yang tertarik dengan dunia blogging sejak 2017. Kesibukan saya sehari-hari adalah menulis di blog sendiri. Namun, terkadang juga menulis di blog orang lain yang jadi klien saya.