cara menaikan berat badan

Cara Menaikan Berat Badan Paling Jitu

Diposting pada

Keinginan setiap orang kadang berbeda – beda. Bicara soal berat badan, ada orang yang ingin menurunkan berat badannya ada juga  yang malah ingin menaikan berat badanya. Sehingga mereka mencari berbagai cara untuk menurunkan berat badan dan cara menaikan berat badan nya.

Ini memang merupakan sipat alami seorang manusia, tidak pernah merasa puas akan apa yang  di dapatnya. Jika memiliki badan kurus malah ingin menaikan berat badan, orang yang gemuk juga ingin menurunkan berat badannya. Lalu sebenarnya apa yang di inginkannya?.

Sebenarnya keinginannya sederhana, yaitu ingin memiliki berat badan yang proporsional. Ini merupakan impian setiap orang, memiliki berat badan yang proporsional sangat di idam – idamkan.

Faktor Penyebab Berat Badan Sulit Bertambah

Tahukah anda, bahwa ada beberapa orang yang mengalami susah sekali gemuk. Sudah sering makan namun berat badan tak kunjung naik. Hal ini cukup membingungkan bagi sebagian orang yang tidak mengetahuinya.

Idealnya jika seseorang sering makan apalagi makan makanan berlemak setiap hari pasti berat badannya cepet naik bahkan bisa jadi gemuk. Namun, ada beberapa orang yang justru sebanyak apapun makan tapi tubuhnya tetap saja tidak gemuk – gemuk.

Sebenarnya hal semacam ini wajar saja terjadi pada beberapa orang. Hal ini bisa terjadi tentu karena ada faktor penyebabnya. Nah berikut ini beberapa faktor penyebab berat badan sulit naik.

1. Faktor keturunan

Gen atau keturunan merupakan faktor utama susahnya naik berat badan. Bila anda memiliki orang tua baik itu ayah atau ibu yang memang memiliki badan kurus dan kecil, besar kemungkinan badan andapun sama seperti mereka. Dan hal inilah yang justru membuat anda sulit untuk menaikan berat badan.

2. Faktor Penyakit

Anda yang berat badannya susah naik sebaiknya anda berhati – hati. Karena berat badan yang susah naik bisa jadi diakibatkan oleh beberapa jenis penyakit, seperti :

  • Tuberklosis
  • Gangguan hormon tiroid
  • Gangguan saluran pencernaan
  • Gangguan anoreksia nervosa ( gangguan makan )
  • Kangker

3. Gaya hidup yang tidak sehat

Selain faktor keturunan dan penyakit, berat badan yang sulit naik juga bisa di akibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti:

  • Sering begadang
  • Sering stres atau depresi
  • Jarang olahraga
  • Minuman – minuman beralkohol
  • Mengkonsumsi obat – obatan tertentu
  • Merokok

Nah, jika anda sudah mengetahui faktor – faktor penyebab sulit naik berat badan seperti uraian diatas, lalu bagaimana cara menaikan berat badan dengan cepat?. Berikut ini uraian lengkapnya.

Cara Menaikan Berat Badan Dengan Cepat Dan Sehat

Nyatanya, menaikan berat badan bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan perhatian dan perjuangan yang ekstra. Program menaikan berat badan bukan hanya soal seberapa sering kita makan, atau seberapa banyak kita ngemil.

Menaikan berat badan membutuhkan ketelatenan dan perhatian khusus, kenapa demikian?. karena bila program menaikan tubuh ini tidak terkontrol, maka berat badan akan naik secara berlebihan. Berat badan memang akan naik tapi tidak dengan kondisi yang bagus, justru malah kegemukan.

Tujuan anda menaikan berat badan adalah untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan proporsional bukan. Maka dari itu caranya tidak bisa  asal – asalan. Namun harus secara teratur dan bertahap. Jika anda ingin menaikan berat badan maka lakukan beberapa langkah berikut ini.

Langkah – langkah cara menaikan berat badan

  • Menambah frekuensi makan

Ini merupakan pengetahuan yang paling umum, yang mana biasanya orang yang banyak makan berat badannya akan cenderung lebih berat, lebih besar dan lebih gampang naik ketimbang orang yang susah makan.

Standar normal orang makan adalah 3x setiap hari. Namun, bila anda menginginkan berat badan anda cepat naik, cobalah anda tambah frekuensi makan anda setiap harinya. Bila biasanya anda makan sehari 3x makan, selama program penggemukan badan maka frekuensi makan anda harus lebih dari itu. Makanlah antara 4 sampai dengan 5x setiap hari.

  • Lebih sering ngemil

Pernahkah anda memperhatikan orang  yang memiliki badan gempal. Kenapa mereka badannya bisa seperti itu?. Sebenarnya mereka tidak hanya makan makanan pokok saja. Melainkan orang gemuk lebih sering ngemil ketimbang makan nasi.

Cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk menaikan berat badan. Namun, dalam memilih cemilan anda perlu berhati – hati. Karena tidak semua cemilan bagus dan menyehatkan.

  • Makan sebelum tidur

Makan sebelum tidur merupakan cara yang bagus untuk menaikan berat badan. Ketika seseorang makan sebelum tidur maka makanan yang masuk ke dalam perut tidak akan di konversi menjadi kalori melainkan menjadi lemak.

Dari alasan inilah kenapa orang yang sedang diet dilarang untuk makan sebelum tidur. Karena proses penumpukan lemak ketika tidur akan lebih banyak ketimbang makan dalam keadaan normal. Namun, cara ini sangat bagus bagi orang yang sedang melakukan program menaikan berat badan.

  • Berhenti merokok

Berdasarkan hasil riset para ahli kesehatan, merokok dapat menggangu metabolisme dalam tubuh. Hal ini akan berakibat pada susahnya tubuh anda untuk gemuk. Nah, maka dari itu jika anda ingin berat badan anda cepat naik maka kebiasaan merokok sebaiknya anda hentikan terlebih dahulu.

  • Rajin berolahraga

Mungkin anda sedikit merasa heran, kenapa orang yang sedang melakukan program menaikan berat badan harus berolahraga. Padahal olahraga identiknya dengan menurunkan berat badan bukan menaikan berat badan.

Sedikit yang harus anda pahami, saat anda melakukan program menaikan berat badan, anda tetap diharuskan berolahraga. Hal ini bertujuan untuk menjaga tubuh anda tetap sehat.

Agar program menaikan berat badan anda sukses, pilihlah jenis olahraga yang khusus untuk meningkatkan masa otot. Meningkatkan masa otot merupakan cara menaikan berat badan secara sehat. Disamping itu dengan berolahraga yang baik dan benar juga dapat meningkatkan napsu makan.

  • Minum air dingin setelah makan

Jika anda melakukan program menaikan berat badan, minumlah air dingin setelah makan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk memudahkan tubuh menyerap kalori dari makanan yang kita konsumsi.

  • Makan makanan tinggi kalori

Untuk mempercepat proses penggemukan badan, sebaiknya anda memilih makanan yang tinggi akan kalori. Makan tersebut bisa saja berupa makanan pokok ataupun hanya sekedar cemilan.

Jika anda ingin mengkonsumsi cemilan yang tinggi akan kalori, kacang – kacangan merupakan pilihan yang tepat untuk anda coba. Kacang yang dimaksud disini adalah  kacang yang masih berbentuk utuh ataupun yang sudah menjadi selai kacang.

Disamping kacang – kacangan, buah – buahan seperti alpukat dan mangga juga merupakan buah yang tinggi akan kalori.

Penutup

Nah itulah ulasan carapedi mengenai cara menaikan berat badan dengan cepat dan sehat. Tips diatas memrupakan tips yang paling jitu untuk menaikan berat badan. Karena cara diatas bukan hanya sekedar omongan dan konsep belaka, melainkan saya sendiri sudah mencobanya.

Jika anda ingin memastikan program menaikan berat badan anda berjalan dengan baik dan menyehatkan sebaiknya anda konsultasi dengan dokter yang lebih kompeten dibidangnya.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.