cara memutihkan gigi
Ilustrasi gigi putih | carapedi.id

Cara Memutihkan Gigi Yang Gak Banyak Orang Tahu

Diposting pada

Memiliki gigi kuning memang bisa menjadi masalah serius bagi orang yang mengalaminya. Saat semua orang bebas tertawa dengan sangat percaya diri, orang yang bergigi kuning justru sebaliknya. Nah, berawal dari sinilah banyak orang yang mencari cara memutihkan gigi kuning yang membandel karena merasa tidak percaya diri saat tersenyum. Bahkan tak jarang cara yang mereka lakukan cukup nyeeneh dan sedikit aneh. Ada yang memutihkan gigi dengan garam. Ada juga yang menggunakan jeruk nipis, dengan baking soda, bahkan ada juga yang memutihkan gigi dengan kulit pisang.

Gigi kuning memang bisa menjadi penghalang bagi seseorang untuk tersenyum. Tak jarang orang merasa malu dan tidak percaya diri dibuatnya. Sehingga pada akhirnya mereka akan mencari berbagai cara untuk menghilangkannya.

Masalah gigi kuning bukan hanya bicara soal penampilan saja. Melainkan soal kesehatan gigi dan mulut juga. Gigi kuning  timbul tentu karena berbagai alasan salah satu yang sudha pasti adalah tidak sehatnya gigi.

Memutihkan gigi dengan cepat memang mudah jika anda memiliki uang yang cukup. Anda tinggal pergi ke  dokter gigi kosmetik saja dan memutihkan gigi anda disana. Karena biasanya dokter gigi kosmetik memiliki strip pemutih gigi khusus dan cairan yang dapat menghilangkan noda di gigi dengan cepat. Namun,  permasalahannya hal tersebut tidak akan bagus untuk kesehatan gigi anda dalam jangka panjang.

Diluar sana banyak sekalli cara yang bisa anda gunakan untuk memutihkan gigi tanpa harus mengeluarkan budget besar. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan – bahan alaami atau bahan – bahan yang sederhana yang sering kita jumpai setiap hari.

Apa saja Faktor Penyebab Gigi Kuning?

Pada dasarnya ketika gigi kita peratama kali tumbuh warnanya adalah putih. Namun seiring berjalannya waktu gigi berubah warna karena berbagai faktor. Sebuah penelitian membuktikan bahwa warna gigi bisa saja berubah dari warna dasarnya. Faktor penyebabnya tiada lain adalah kotoran baik yang berasal dari dalam maupun dari luar gigi. Beberapa faktor penyebab gigi kuning tersebut antara lain:

  1. Jarang Sikat Gigi

    Faktor pertama penyebab gigi kuning adalah jarangnya menyikat gigi. Jika gigi dibiarkan tidak dibersihkan maka kotoran akan menumpuk dan membentuk karang gigi. Yang pada akhirnya berubah menjadi warna kuning. Jika sudah seperti ini bukan hanya warnanya saja yang berubah tapi mulutpun menjadi bau.

  2. Cara Menyikat Gigi Yang Salah

    Seperti yang banyak orang tahu bahwa menyikat gigi merupakan sebuah kegiatan yang wajib dilakukan untuk mejaga gigi tetap bersih dan sehat.  Pada umumnya menyikat gigi diwajibkan 2x setiap hari. Namun apakah dengan mengikuti anjuran tersebut gigi kita benar – benar bersih. Sudah benarkah cara menyikat gigi yang kita lakukan sesuai yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan gigi. Karena sesering apapun kita menyikat gigi jika cara yang kita lakukan salah maka tidak akan berdampak apa – apa.

  3. Sering Merokok

    Tahukah anda bahwa rokok sebenarnya bisa membuat gigi berubah menjadi kuning. Hal ini disebabkan karena kandungan nikotin dalam rokok. Maka dari itu jika anda menginginkan gigi yang putih dan bersih sebaiknya anda segera berhenti merokok

  4. Sering Minum Kopi

    Meski kopi menjadi salah satu minuman wajib orang Indonensia ternyata kopi bisa menjadi salah satu penyebab gigi kuning loh. Hal ini disebabkan oleh kandungan tanin pada kopi yang dapat merubah warna enamel gigi menjadi kuning. Maka salah satu cara memutihkan gigi adalh dengan mengurangi jumlah konsumsi kopi.

  5. Minum Minuman Keras Beralkohol

    Seperti yang kita ketahui, minuman keras beralkohol tinggi tidak hanya berdampak buruh terhadap tubuh. Melainkan hal tersebut juga berdampak buruk terhadap kesehatan gigi kita loh. Maka dari itu hindarilah minuman beralkohol bila anda menginginkan gigi yang putih bersih dan sehat.

Cara Memutihkan Gigi Menggunakan Bahan Alami

Memutihkan gigi memang terkadang sulit sekali kita hindari. Karena beberapa faktor penyebabnya adalah kebiasaan yang sering kita lakukan. Namun, kembali agi kepada niat anda sendiri. Jika anda menginginkan gigi and aputih, bersih dan sehat. Mau tidak mau, suka ataupun tidak maka anda harus melakukannya.

Pada dasarnya banyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk memutihkan gigi. Jika anda memiliki dana lebih maka anda bisa menggunakan jasa ahli medis dokter gigi untuk membersihkan dan memutihkan gigi anda. Namun jika anda memiliki budget pas – pasan sebaiknya anda gunakan cara yang alami saja. Karena cara ini selain terbbilag lebih mudah juga lebih murah. Sehingga tidak akan menguras isi dompet anda.

  1. Cara Memutihkan Gigi Dengan Siwak

    Salah satu bahan yang sudah terkenal dari jaman dahulu yang sering digunakan untuk membersihkan gigi adalah siwak. Siwak merupakan batang, dahan atau akar yang berasal dari pohon Salvadora persica yang mana sejak dahulu batang pohon ini biasa digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut.

    Sebagai seorang umat muslim anda pasti mengenal baik siwak ini. Karena pada era kenabian rasulullah Muhamad SAW siwak ini sudah digunakan sebagai alat alami yang biasa digunakan untuk membersihkan gigi. Selain itu, beberapa penelitian arkeologis membuktikan bahwa siwak ini telah digunakan di jaman mesir kuno.

    Jika anda tertarik menggunakan siwak sebagai salah satu cara memutihkan gigi silahkan anda ikuti langkah – langkah berikut ini:

    • Gunakan siwat yang memiliki tekstur lembut  seperti dari akar atau dari batangnya.
    • Tumbuk siwak hingga halus.
    • Campurkan dengann air bersih hingga menyerupai pasta gigi.
    • Oles dan gosokan ke gigi anda, diamkan 3-5 menit.
    • Kumur hingga bersih.
    • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gigi putih dan bersih lakukan cara ini antara 2-3 kali dalam seminggu.
  2. Cara Memutihkan Gigi Dengan Soda Dan Lemon

    Baking soda memiliki kandungan sodium bikarbonat yang mana senyawa ini mampu membersihkan noda pada permukaan gigi. Sementara itu lemon dapat membantu menghilangkan perubahan warna pada gigi dengan sifat asamnya. Disamping itu lemon juga merupakan antiseptik alami yang bagus untuk kesehatan mulut. Cara memutihkan gigi dengan menggunakan soda dan lemon silahkan anda ikuti langkah – langkah berikut ini:

    • Siapkan :
      • Sikat gigi.
      • Perasan air lemon dengan takaran1 sendok teh.
      • Baking soda dengan takaran 1 sendok teh.
    • Campurkan Perasan air lemon dan soda tersebut hingga menyerupai pasta.
    • Oleskan dan gosok ke gigi anda secaa merata menggunakan sikat gigi.
    • Diamkan selama 2-3 menit.
    • Kumur denan air hingga bersih.
    • Untuk mendapatkan hasil terbaik lakukan cara ini 2 kali seminggu untuk tahap pertama. Kemudian selanjutnya cukup lakukan satu kali saja dalam interval waktu 7-10 hari.
    • Yang harus anda perhatikan jangan terlalu lama mendiamkan soda pada gigi cukup antara 2-3 menit saja.
  3. Cara Memutihkan Gigi Dengan Cuka Apel

    Cuka apel memang banyak sekali khasiat dan manfaatnya baik digunakan untuk perawatan kecantikan maupun kesehatan. Nah, salah satu manfaat cuka adalah bagus digunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Karena kandungan asam didalamnya mampu menghilangkan noda kuning pada gigi. Cara mengaplikasikannya silahkan ikuti langkah – langkah berikut:

    • Siapkan sari cuka apel dengan takaran 1/2 sendok teh dan secangkir air putih.
    • Campurkan sari cuka apel dan air tersebut hingga larut.
    • Gunakan campuran air tersebut untuk berkumur sebelum menyikat gigi.
    • Untuk mendapatkan hasil terbaik ulangi langkah – langkah ini 2-3 kali dalam seminggu.
  4. Cara Memutihkan Gigi Dengan Kulit Pisang

    Tidak banyak orang yang tahu bahwa kulit pisang memiliki khasiat luar biasa untuk memutihkan gigi. Didalam kulit pisang terkandung mineral “mangan dan potasium” yang dapat memmutihkan gigi secara alami. Nah, jika anda tertarik untuk menggunakan kulit pisang untuk memutihkan gigi anda silahkan anda lakukan langkah – langkah berikut ini:

    • Siapkan satu buah kulit pisang yang sudah matang.
    • Potong kecil – kecil.
    • Ambil satu potongan kulit pisang tersebut, kemudian gosokan secara perlahan pada gigi anda.
    • Diamkan selama 1-2 menit.
    • Kumur – kumur menggunakan air hangat.
    • Untuk mendapatkan hasil terbaik lakukan cara ini satu kali setiap hari.
  5. Cara Memutihkan Gigi Dengan Minyak Kelapa

    Anda yang baru pertama kali mendengar ini mungkin akan terasa aneh. Minyak kelapa yang biasa anda jumpai di dapur ini ternyata memiliki khasiat lain loh. Tahukan anda bahwa minyak kelapa itu mengandung  asam laurat yang mampu menghilangkan plak pada gigi anda. Selain itu, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut.

    • Siapkan minyak kelapa organik dengan takaran 1-2 sendok makan.
    • Oleskan minyak kelapa tersebut ke gigi anda menggunakan jari.
    • Diamkan selama 1-2 menit.
    • Kumur menggunakan air bersih.
    • Kemudian sikat gigi anda seperti biasanya menggunakan pasta gigi.
    • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan cara ini satu kali setiap hari.
  6. Cara Memutihkan Gigi Dengan Arang

    Mendengar hal ini anda juga mungkin akan geleng – geleng kepala. Kenapa arang bisa digunakan untuk membersihkan gigi. Arang memiliki sifat aktif menyerap kotoran dan memutihkan gigi secara efektif. Selain itu arang juga berfungsi untuk mencegah gigi berluubang serta mampu menjaga kesehatan gusi.

    • Siapkan bubuk arang di mangkuk dengan takaran secukupnya saja.
    • Siapkan juga sikat gigi.
    • Basahi sikat gigi anda menggunakan air besih terlebih dahulu.
    • Oleskan arang tesebut pada gigi menggunakan sikat gigi yang telah ddibasahi tai.
    • Gosokan denga gerakan melingkar.
    • Kumur – kumur menggunakan air hingga bersih.

Nah itulah beberapa cara memutihkan gigi yang gak banyak orang tahu bahkan kitapun sering mellihatnya sehari – hari. Namun kita gak tahu manfaatnya. Nah, harapannya semga artikel ini bisa memberi sedikit pencerahan kepada anda mengenai kesehatan gigi.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.