cara memperkecil ukuran foto secara online

Cara Memperkecil Ukuran Foto Secara Online Kualitas Tetap Bagus

Diposting pada

Biasanya, foto yang memiliki kualitas bagus akan memiiki ukuran yang sangat besar. Hal ini tentu akan sedikit merepotkan bagi kamu yang memiliki Handphone dengan kapasitas penyimpanan yang rendah. Namun kamu tidak perlu khawatir. Karena hal tersebut bisa di atasi dengan cara memperkecil ukuran foto secara online namun kualitasnya tetap bagus.

Di Internet banyak sekali situs yang bisa kamu gunakan untuk mengkompres atau memperkecil ukuran foto JPG, PNG dan GIF menjadi ukuran kecil yang kamu inginkan. Beberapa diantaranya akan saya bahas pada artikel ini.

Memperkecil Ukuran Foto 

Tujuan memperkecil ukuran foto tiada lain agar tidak memenuhi kapasitas memori handphone ketika fotonya kamu simpan. Disisi lain saya sebagai seorang bloggerpun sangat membutuhkan foto atau gambar dengan ukuran kecil namun dengan kualitas bagus untuk di pasang pada blog saya ini. Tujuannya tiada lain agar hosting  saya tidak boros, hanya untuk menyimpan sebuah foto di website.

Seperti yang kamu ketahui, situs saya ini merupakan situs tutorial jadi sangat membutuhkan stok gambar yang banyak. Kalau kapasitas  fotonya tidak diperkecil maka situs saya akan penuh hanya dengan gambar saja.

Alih – alih pengen menghemat kuota hosting wesite, akhirnya saya browsing sana – sini mencari cara untuk memperkecil ukuran foto. Dan jengjrenggggg akhirnya ketemu juga.

Nah, berikut ini hasil penelusuran saya mengenai cara memperkecil ukuran foto secara online namun kualitas gambar tetap bagus tak berkurang sedikitpun. Cekkidotttttttt….

Cara Memperkecil Ukuran Foto Secara Online Dan Gratis

Orang Indonesia biasanya senang sekali dengan hal – hal yang berbau gratis. Nah, kali ini saya akan syare tips cara mengecilkan foto secara online yang gratis alias tanpa bayar.

Untuk memperkecil foto, kamu bisa menggunakan beberapa website jasa conpress foto online.

Cara 1# Memperkecil ukuran foto menggunakan JPEG Optimizer

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk memperkecil ukuran foto JPEG adalah dengan menggunakan situs JPEG-optimizer.com. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka situs JPEG-optimizer.com.
  2. Pada halaman beranda situs tersebut kamu akan dihadapkan pada kotak menu seperti ini:
    cara memperkecil ukuran foto secara online
    Ilustrasi situs JPEG-Optimizer.com | carapedi.id
    • Choose File: Menu ini digunakan untuk memasukan file foto yang akan dikecilkan ukurannya.
    • Compress Image: Menu ini digunakan untuk mengkompress ukuran foto. Caranya isi kolom angka ( 65 ) tersebut  dengan ukuran foto yang kamnu inginkan. Sebagai contoh saya memiliki foto dengan ukuran 500kb, saya ingin perkecil menjadi 100kb maka saya masukan angka 100 pada kolom angka tersebut.
    • Resize Photo: Menu ini digunakan untuk memperkecil panjang dan lebar foto. Biasanya foto yang dihasilkan dari kamera digital memiliki ukuran panjang x lebar dengan resolusi yang tinggi hingga mencapai 3000MP bahkan lebih. Nah, untuk memperkecilnya kamu bisa memasukan ukurannya pada kolom angka yang telah tersedia. Namun jika kamu tidak ingin memperkecil panjang dan lebarnya maka hilangkan ceklisnya.
  3. Nah, untuk memperkecil foto maka kamu klik pada tombol “choose file”. Kemudian pilih foto yang akan di kompress ukurannya.
  4. Masukan ukuran foto yang kamu inginkan pada menu ” Compress image”.
  5. Centang dan isi pula pada bagian “ressize Photo” jika kamu ingin mengubah resolusi panjang dan lebarnya.
  6. Klik pada menu “Optimize Photo”.
  7. Tunggu proses kompres foto selesai.
  8. Setelah proses kompres selesai silahkan kamu simpan foto tersebut.

Cara 2# Memperkecil ukuran foto menggunakan iloveIMG

Cara memperkecil ukuran foto secara online yang kedua adalah dengan menggunakan situs iloveIMG.com. Situs ini merupakan situs kompress foto online paling lengkap yang pernah saya kunjungi di Internet. Selain bisa kompress foto, situs tersebut juga memiliki fitur resize image, crop image, convert image, photo editor dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Baca juga: Cara aktifkan kamera laptop HP

Nah, karena saya sedang menjelaskan cara kompress foto maka saya akan pake fitur kompress foto saja dari situs tersebut. Cara menggunakannya silahkan kamu ikuti langkah – langkah berikut ini:

  1. Kungjungi situs iloveIMG.com (klik aja ).
  2. Pada halaman situs tersebut kamu akan menemukan tampilan seperti gambar berikut ini:cara memperkecil ukuran foto secara online
  3. Seperti pada gambar tersebut, dihalaman iloveIMG.com kamu akan menemukan 3 tombol penting.
    • Select images: Tombol ini digunakan untuk memasukan foto yang akan kamu kompress dari komputer.
    • Tombol Google drive: Tombol digunakan untuk memasukan foto yang akan di kompress dari file yang terseimpan di Google drive.
    • Tombol Dropbox: Tombol ini digunakan untuk memasukan file  foto yang akan di kompress dari dropbox.
  4. Silahkan kamu masukan foto yang akan di kompress dari koputer, Google drive atau dari dropbox.
  5. Klik pada tombol “compress images“, seperti pada gambar berikut:

    cara memperkecil ukuran foto secara online
    Ilustrasi mengecilkan foto online di iloveIMG.com
  6. Setelah itu foto kamu akan di kompress, tunggu hingga proses kompress selesai.cara memperkecil ukuran foto secara online
  7. Setelah proses kompress foto selesai maka dia akan langsung secara otomatis menyimpan ke komputer kamu.
  8. Selesai.

Cara 3# Memperkecil ukuran foto menggunakan TinyPNG

Biasanya cara memperkecil ukuran foto secara online yang sering saya gunakan adalah dengan menggunakan situs TinyPNG. Saya senang sekali dengan situs compress foto ini. Alasan saya sederhana karena situs ini simple, jadi mudah digunakan. Selain itu ya karena situs ini gratis hehe. Mau kompress berapa ribu foto juga kayanya gak bakalan bayar.

Untuk mengkompres foto di situs ini silahkan kamu ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka halaman situs TinyPNG.com.
  2. Pada halaman depan kamu akan disambut oleh gambar panda seperti ini:

    cara memperkecil ukuran foto secara online
    Ilustrasi mengecilkan foto dengan TinyPNG
  3. Silahkan kamu klik pada tombol “drop your .png or .jpg files here!“.
  4. Pilih dan masukan foto yang akan kamu kecilkan ukurannya.
  5. Tunggu hingga proses kompres selesai.
  6. Setelah proses kompres foto selesai klik tombol download untuk mengambil foto hasil kompres tersebut.cara memperkecil ukuran foto secara online
  7. Selesai.

Nah itulah beberapa cara memperkecil ukuran foto secara online kualitas tetap bagus dari carapedi. Semoga artikel ini bermanfaat, dan bisa membantu kamu yang sedang membutuhkan.

Di internet sebenarnya masih banyak situs – situs yang bisa digunakan untuk mengkompress foto menjadi ukuran kecil. Namun, beberapa situs diatas lebih dari cukup buat kamu coba.

Jika kamu punyan referensi lain mengenai situs – situs compress photo, silahkan kamu syare di kolom komentar.

Hanya orang biasa yang bermimpi jadi penulis, dan senang berbagi informasi di internet.