cara mempercepat wifi
Jaringan wifi di laptop | Carapedi.id

Cara Mempercepat Wifi Berbagai Windows, Ini Rahasianya!

Diposting pada

Koneksi internet memang sangat penting sekali, baik itu untuk kebutuhan kerja maupun Chatting di berbagai media sosial. Nah, salah satu koneksi internet yang paling enak adalah dengan menggunakan jaringan wifi. Koneksi jaringan internet menggunakan wifi memang lebih cepat ketimbang menggunakan jaringan seluler. Namun terkadang juga bisa lebih lemot, pernah ngalamin? Pasti jengkel banget kan? Nah ternyata cara mempercepat wifi itu mudah loh.

Nah, maka dari itu kali ini carapedi akan berbagi sedikit tips bagaimana cara mempercepat akses wifi di laptop kamu supaya bisa browsing, chating dan bekerja dengan nyaman.

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman admin sendiri yang juga sempat mengalami lemotnya wifi saat kerja. Saat dedline pekerjaan udah mepet, jaringan lemot dan sering error. Akhirnya mencoba otak-atik laptop dan akhirnya jeng jreng bagus juga.

Nah biar gak semakin penasaran, langsung aja yuk simak ulasannya berikut ini.

 Cara mempercepat wifi di laptop atau di komputer

Cara mempercepat koneksi wifi sebenarnya sangat mudah, ada banyak sekali cara yang bisa anda gunakan. Mulai mengganti name server DNS hingga mengubah pengaturan QOS. Nah berikut adalah penjelasan selengkapnya.

A. Mengubah DNS server wifi

Teknik ini merupakan cara yang paling dasar untuk mempercepat akses wifi. Cara nya sangat mudah, jika kamu menggunakan windows 7,8 ataupun windows 10 kamu bisa menggunakan cara ini. Caranya seperti ini:

  1. Klik start.
  2. Pilih panel.
  3. Pilih dan klik network & internet connection.
  4. Pilih network connection.
  5. Setelah itu klik kanan pada menu local area connection.
  6. Klik properties.
  7. Klik pada internet protocol.
  8. Klik properties.
  9. Pilih use following DNS server.
  10. Setelah itu, dibagian preferred DNS server coba kamu isikan kode ini “208.67.222.222” (tanpa tanda “).
  11. Sedangkan pada alternate DNS server kamu ganti menggunakan kode ini “208.67.220.220”.
  12. Setelah semua selesai silahkan kamu klik OK.

B. Network riset dan flushing DNS

Flushing DNS merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk riset jaringan komputer yang sedang digunakan untuk menyesuaikan informasi dari perubahan yang terjadi pada sebuah name server dengan menggunakan data informasi yang terupdate. Jika kamu lakukan hal tersebut, maka akan berdampak bagus pada perubahan akses jaringan wifi.

Cara flushing DNS adalah sebagai berikut:

  1. Buka command prompt.
  2. Klik kanan pada command prompt tersebut.
  3. Pilih dan klik run admnistrator.
  4. Setelah itu ketikan iconfig/flushdns.
  5. Tekan tombol enter pada keyboard.
  6. Ketik kembali iconfig/renew.
  7. Tekan enter kembali pada keyboard.
  8. Tutup comand prompt denga klik close.
  9. Silahkan kamu coba akses internet dan jajal wifi kamu.

C. Rubah setting QOS

Cara mempercepat koneksi wifi id ini juga sangat mudah, terutama buat kamu pengguna windows 8 ke atas. Yang mana windows tersebut hanya menyediakan bandwidth 20% untuk untuk kebutuhan update windows dan 80% bandwidth untuk internet yang kamu gunakan. Sehingga satu-satunya cara yang bisa kamu gunakan adalah dengan melakukan setting ulang.

Caranya mudah kok, ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik tombol start.
  2. Klik run.
  3. Ketikan “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip “).
  4. Klik local computer policy.
  5. Klik computer configuration.
  6. Klik administrative templates.
  7. Klik network.
  8. Klik QOS packet scheduler.
  9. Double klik pada limit reservable bandwidth.
  10. Klik enable.
  11. Pada bagian bandwidth limit masukkan 0.
  12. Klik apply.
  13. Setelah itu restart komputer atau lapop kamu.

D. Analisis kekuatan wifi

Untuk meningkatkan kecepatan akses wifi maka kamu harus analisis kekuatan wifi yang digunakan terlebih dahulu. Caranya mudah kok, kamu bisa menggunakan sofware wifi analyzer yang gratis seperti free inssider utility untuk melihat kanal wifi mana yang digunakan paling banyak.

Setelah kamu mengetahuinya, selanjutnya kamu bisa melakukan pengaturan kanal pada router wifi yang kamu gunakan.

E. Cek posisi antena router wifi

Jangan salah, posisi antena bisa mempengaruhi kecepatan akses wifi loh. Posisi normal antena adalah berdiri, jika posisinya tidak berdiri maka kekuatan jaringan wifi pasti berkurang. Nah coba sekarang cek posisi antena router wifi kamu kemana?. Jika posisinya tidak berada pada posisi standar maka segera betulkan dan cek kekuatan wifi nya.

F. Lakukan pengecekan ke penyedia layan

Saat koneksi internet lemot pasti ada sesuatu yang salah baik jaringan di rumah atau ruangan kita maupun dari penyedia layanan nya. Namun jika setelah dilakukan pengecekan pada router dan jaringan di komputer tidak terdapat masalah bisa jadi bermasalah dari penyedia jasa layanan wifi yang kamu gunakan. Segera hubungi kantor terdekat nya.

Biasanya jika ada masalah teknis baik di pihaknya maupun di rumah atau kantor kita, pihak teknisi akan datang memeriksa jaringan.

G. Cek seberapa kuat sinyal wifi

Kecepatan internet sangat bergantung pada kekuatan wifi itu sendiri. Semakin kuat jaringan wifi maka semakin cepat akses nya terhadap internet.

Cara cek kekuatan wifi mudah kok. Kamu bisa menggunakan aplikasi netspot ataupun aplikasi amped.

Kekuatan sinyal wifi yang bagus adalah -60 dbm hingga -50 dbs dan sampai di atasnya. Jika sinyal berada di bawa -70 dbm berarti kekuatan jaringan wifi tersebut memang jelek.

H. Cara mempercepat wifi dengan memilih router yang bagus

Router bisa menjadi salah satu masalah juga yang dapat berpengaruh terhadap kekuatan jaringan wifi. Router yang sudah terlalu lama di gunakan cenderung akan lebih lemot dalam memancarkan jaringannya.

Agar jaringan wifi di rumah kamu tetap bagus dan stabil sebaiknya pastikan bahwa router yang kamu gunakan adalah yang terbaru.

Nah itulah beberapa cara mempercepat wifi id yang bisa anda gunakan untuk mengatasi wifi lemot di rumah. Mudah kan? Silahkan kamu coba sendiri di rumah ya. Terimakasih.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action