Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca
gambar flashdisk | carapedi.id

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Terupdate

Diposting pada

Pernah mengalami flashdisk error atau tidak terbaca oleh komputer? baca nih artikel cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca. Masalah seperti ini memang bukan hal yang aneh. Kadang kita suka menyimpan data penting kita di flashdisk agar mudah dibawa kemana saja dan selalu siap digunakan saat dibutuhkan. Namun, ada resiko lain dibalik semua itu. Yaitu salah satunya flashdisk yang tidak bisa terbaca oleh komputer.

Hal semacam ini jangan sampai terjadi kepada anda. Karena cukup merepotkan jika hal semacam ini terjadi. Kebanyakan orang beranggapan bahwa ketika flashdisk tidak terbaca menandakan flashdisk nya telah rusak. Rata  rata dari mereka langsung membuangnya begitu saja. Padahal ada cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca sebagai solusi permasalahannya.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Oleh komputer

Fenomena flashsdiks tidak terbaca tidak hanya terjadi pada flashdisk yang sudah lama saja. Melainkan flashdisk baru pun bisa saja terjadi. Namun, karena alasan tidak mau repot memperbaiki, banyak orang  tidak mau menggunakannya lagi. Padahal flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer masih bisa diperbaiki.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Dan Faktor penyebabnya

Jika berbicara mengenai faktor penyebab flashdisk yang tidak terbaca, maka perlu peninjauan dari berbagai faktor untuk menjawabnya. Ada beberapa kemungkinan flashdisk tidak terbaca oleh komputer diantaranya:

  •   Port USB atau konektor flashdisk kotor

Kemungkinan yang pertama ketika anda mengalami flashdisk tidak terbaca adalah karena port atau konektor USB anda kotor. Mungkin anda pernah menyimpan flashdisk anda di sembarang tempat sehingga konektor nya terkena debu dan menjadi kotor. Atau bisa jadi flashdisk anda sudah lama digunakan namun, tak pernah sekalipun dibersihkan. USB flashdisk kotor bisa mengganggu koneksi ke komputer menjadi tidak normal atau terganggu. Sehingga data tidak bisa dikirim dan diterima dengan normal oleh komputer.

Salah satu cara sakti memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca adalah dengan mengecek konektor USB anda. Jika flashdisk anda terlihat kotor terutama pada bagian pelat kuning nya segera bersihkan dan coba konekkan kembali ke komputer anda. Sebagai tips untuk membersihkan nya anda bisa menggunakan minyak kayu putih dengan langkah sebagai berikut:

  1. Tuangkan minyak kayu putih sedikit saja pada plat kuning USB flashdisk anda
  2. Bersihkan dengan menggunakan sikat gigi yang lembut
  3. Gosok dengan perlahan sampai kotoran hilang.
  4. Lap dengan tisu sampai kering
  5. Konekkan ke komputer atau laptop anda
  • Pelepasan flashdisk yang tidak melalui prosedur yang benar

ketika anda melepaskan flashdisk yang terpasang di komputer atau di laptop tanpa mengikuti prosedur yang disarankan, maka akan berakibat fatal pada flashdisk yang anda gunakan. Ketika anda hendak mencabut flashdisk dari komputer disarankan anda eject terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

Ada dua cara yang bisa anda gunakan untuk eject flashdisk dari komputer atau dari laptop anda.

  1. Melalui File explorer
    • Klik file exflorer
    • Setelah terbuka anda pilih flashdisk mana yang ingin anda eject
    • Klik kanan pada flashdisk yang ingin di eject
    • Klik eject
    • Selesai
  2. Melalui file icon hiden
    • Klik icon hiden yang berbentuk segitiga seperti gambar berikut

      Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca
      File icon hiden
    • Pilih dan klik kanan flashdisk
    • Pilih dan klik eject
    • Selesai
  • Driver USB yang bermasalah

Faktor ketiga yang memungkinkan flashdisk anda jadi tidak terbaca adalah driver USB nya bermasalah. Kemungkinannya ketika USB kamu terhubung  namun tidak terbaca oleh komputer. Kamu bisa cek USB kamu di bagian device manager. Caranya sebagai berikut:

  1. Menggunakan device manager
    • Pertama kamu pergi ke windows sistem di komputer atau laptop kamu.
    • Pilih control panel
    • Klik device manager.
    • Dibagian device manager anda klik dibagian “scan for hardwere changes“.
    • Jika flashdisk kamu terdeteksi akan muncul dibagian paling bawah. Namun, jika tidak muncul kemungkinan flashdisk kamu telah rusak atau ada hal lain yang menyebabkan flashdisk kamu tidak terbaca. untuk mengetahuinya coba anda lanjutkan pada cara berikutnya
  • Port USB Komputer atau laptop bermasalah

Kemungkinan terakhir yang menyebabkan flashdisk kamu tidak terbaca adalah port USB laptop atau komputer anda yang bermasalah. Coba anda masukan flashdisk anda di laptop atau komputer lain. Jika hasilnya tetap sama tidak terdeteksi berarti permasalahannya ada di flashdisknya. Kemungkinan flashdisk anda sudah rusak secara permanen.

  • Flashdisk abal – abal

Kebanyakan dari mereka yang mengeluh flashdisk nya tak terbaca dikarenakan flashdisk yang mereka beli tidak original. Melainkan barang tiruan atau barang abal-abal. Jaman sekarang banyak sekali flashdisk yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga pasar nya. Namun, dengan kualitas yang jauh dibanding dengan barang original nya.

Jangan lupa baca juga:

  1. Cara memperbaiki touchpad laptop error

Mungkin cara sakti memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca ini akan jadi percuma. Jika anda menggunakan flashdisk dengan kualitas abal – abal. karena se-bagus apapun teorinya jika produknya tidak mendukung akan sulit sekali untuk berhasil. Untuk itu jika anda tidak ingin mengalami flashdisk anda berakibat buruk maka belilah flashdisk di tempat – tempat yang resmi dan bergaransi asli.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca oleh laptop atau komputer. Jika Bermanfaat silahkan like, koment dan syare ke teman-teman anda. Jika ada pertanyaan atau ada masukan anda bisa menghubungi kontak kami  dan dapatkan info ter-update carapedi di facebook. Terimakasih